> SS:
> Pondasinya aja udah ngawur apalagi dalem-dalemnya.

Donny:>>
Yang ngawur tuh siapa? Anda nulis nggak mikir!

> Dalam prinsip verifikasi manapun, validitas hasil verifikasi
> tidak bergantung pada si subjek, tapi bergantung fakta yang
> dibisa ditampilkan yang bisa diuji secara *intersubjektif*.

Donny:>>
Jadi, menurut Pak Susilo, dalam verifikasi TIDAK terlibat unsur PERCAYA?
Hahahahahahaha.....

Gini aja deh. Berapa lebar rumah Pak Susilo? Bisa diverifikasi? Untuk
memverifikasinya, pasti Pak Susilo butuh meteran. Tapi coba saya tanya:
apakah Pak Susilo tahu ketepatan dari meteran yang Bapak pakai? Nggak 'kan?
Anda mempercayai perusahaan yang membuat meteran itu!

Udah ah, ngawur kok diterus-terusin sih.

> Gini deh, anda kan maunya membawa-bawa wibawa ilmu sejarah
> dan menganggap saya terlalu "teoritis".  Biar singkat, kalau
> kebangkitan Yesus memang bisa "diverifikasi" dalam disiplin
> ilmu sejarah, tolong tunjukkan hasil kajian dari  jurnal
> peer-review  mainstream yang sudah "memverifikasi"
> kebangkitan Yesus. Tolong jangan kasih sumber evangelikal
> atau nama-nama tokoh2 evangelikal karena kita bicara sejarah
> dari sudut ilmu sejarah secara akademis.
>
> Yang saya minta :
> (1) nama journalnya (ingat, peer-reviewed journal lho!)
> [...]
Donny:>>
Nah, ini namanya kebablasan. Sepanjang saya bahas sejarah, baru kali ini
saya ketemu orang yang nantangin untuk menunjukkan verifikasi atas
kebangkitan Kristus dalam sebuah jurnal. Dan sudah begitu, pake embel-embel
nggak boleh sumber evangelikal lagi! Memangnya orang evangelical itu begitu
rendahnya, sehingga kajiannya nggak akademin dan nggak boleh dibahas yah?

Kalau begitu, saya nggak perlu nulis apa-apa lagi, soalnya saya orang
evangelical juga -- menurut Anda nggak akademis, bukan?. Siapa pun yang saya
sebut, tentu sudah kena black list duluan oleh prasangka Pak Susilo yang
membabi buta ini.

Nah, kalau mau bahas soal verifikasi, ayok dilanjutkan. Tapi kalau
ngawur-ngawuran, aku ogah, nggak punya waktu ngeladenin yang kayak gini.
Maaf ya, bukan bermaksud merendahkan atau menyinggung.

Salam kasih,
Donny