sethiadi wrote:
>  surjo >>

> Sethiadi:
> Yang disebut satu meter itu apa Mr Eternal Sun? Seingat saya dahulu pakai
> standard dari platina yang disimpan di-Sevres, Perancis. Belakangan pakai
> gelombang cahaya dengan frekwensi tertentu dan jumlah panjang frekwensi
> tertentu (saya lupa berapa frekwensi dan panjang gelombang dari berapa
> frekwensi).

surjo >>
jadi betul khan kalau mau percaya 1 meter atau bukan harus dibandingkan
dengan standart nya , bukan ke persh pembuatnya seperti yang ditulis
donny dibawah ini ;

------------------------
Gini aja deh. Berapa lebar rumah Pak Susilo? Bisa diverifikasi? Untuk
memverifikasinya, pasti Pak Susilo butuh meteran. Tapi coba saya tanya:
apakah Pak Susilo tahu ketepatan dari meteran yang Bapak pakai? Nggak
'kan?  Anda mempercayai perusahaan yang membuat meteran itu!
------------------------

jadi kalau mau tahu ketepatannya BUKAN percaya kepada persh pembuatnya
tetapi harus ke metrologi untuk diuji.

sethiadi :
Apakah Anda pernah lihat platina standard itu? Apa Anda pernah
ukur satu meter dengan frekwensi itu? Belum pernah bukan? Tetapi Anda
percaya bukan?

surjo >>
hehehe... bukan itu masalahnya ; setiap uji kalibrasi ada prosedurnya ,
seperti yang bapak tulis diatas. prosedurnya itu namanya NORM , NORM itu
sendiri bisa diverifikasi, tanpa harus ke perancis, jadi saya percaya.
untuk menguji 1 meter , bapak tidak perlu ke paris ke kantor metrologi
juga bisa , toh prosedurnya sama , itu maksudnya. jadi jangan keburu
nafsu menjawabnya pak hehe...

sethiadi >>
> Memang betul, kalau Anda tidak percaya Anda yakin bisa verifikasi ini.
> Tetapi sampai sekarang Anda belum pernah verifikasi bukan?

surjo >>
hehehe.. sok tahu kata siapa saya belum pernah memverifikasi , wong itu
kerjaan saya dulu di jakarta koq

sethiadi >>
Anda hanya
> PERCAYAorang yang pernah verifikasi ini bukan? Dalam kehidupan sehari-hari
> kita memang berdasarkan pilihan kita banyak sekali pada PERCAYA, termasuk
> dalam teknik (applied science).

surjo >>
hehe.. saya sih ngak pernah percaya sama orang yang memverifikasi tetapi
pada methode dan prosedurnya, pak

surjo