From: Harry Kusna <harryku...@yahoo.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Mon, March 8, 2010 11:48:04 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Uneg-uneg..LUSI

Rekan2 IAGI ysh.,

Saya kira di tahun 2010 ini sebagian data LAPINDO sudah akan menjadi data
terbuka, sehingga bisa diakses oleh publik.
Saya tidak tahu apakah hal yang terpikir tsb masih berlaku atau tidak, karena
hal ini berdasarkan MDM (Manajemen Data MIGAS) 1997 yaitu:
1.  Data yang didapat dari kegiatan explorasi dan/atau exploitasi bila data
tsb.:
     a. Basic Data, maka data tsb akan dapat dibuka 4 thn setelah penyerahannya.
         Basic data adalah data dasar yang didapat langsung dari kegiatan
explorasi exploitasi sebagai hasil survey geologi geofisik,
         aktifitas pengeboran dan produksi.  Sebagi contoh, misalnya raw data
hasil survey seismic
     b. Processed data, maka data tsb akan dapat dibuka 6 tahun setelah
penyerahannya
         Processed data ini adalah basic data yang sudah diproses, misalnya,
SEGY seismic tape
     c. Interpretive data, maka data tsb akan dapat dibuka 8 tahun setelah
penyerahannya
         Interpretive data adalah hasil nterpretasi dari processed data,
misalnya hasil interpretasi seismik data diatas.
2.  Berdasarkan uraian di atas, jika dan hanya jika pengertiannya betul seperti
yang ditulis di atas, maka
     data LAPINDO yang basic, seperti misalnya drilling report, sudah akan
menjadi terbuka di tahun 2010 ini,
     karena sumur BJP-1 di bor tahun 2006.
Hanya walaupun data tsb sudah menjadi terbuka, tidak berarti LAPINDO boleh
menyebarkannya ke siapa saja tanpa seijin MIGAS, karena yang berhak menjual
data terbuka hanyalah instansi yang ditunjuk oleh MIGAS untuk tugas tsb., yaitu
PATRA NUSA DATA kalau dulu.

Jadi kalau sedikit bersabar, maka gak lama lagi, data2 tsb akan menjadi data
terbuka, dapat diakses oleh publik, tanpa harus melalui ribet2 birokrasi.

Wassalam,
HK