>Atau kalau mau membalikkan kembali kepada contoh yang ada juga
>di paper tersebut adalah, didaerah sekitar Lusi banyak Mud Volcano, tetapi
>kenapa hanya MV Lusi saja yang erupted. Kejadiaan yang lokal dan spesifik,
>dalam kasus ini yaitu di well BJP-1 tidak harus sama dengan kejadian2 di
>sekitarnya.

Natan,

Sepanjang Watukosek Fault dari Penanggungan sampai 50 km ke arah TL banyak
mudvolcano : yang lahir 2006 - Lusi, mudvolcano tua yang saat ini ada di stage
4 atau 5 (collapsed structures) - Porong, Kalanganyar, Pulungan, Gununganyar.
Sesar Watukosek juga mungkin menyebrang sampai Bangkalan Madura, di situ di
kelurusannya dengan Gununganyar ada beberapa mud volcano : Socah, Gunungsening,
Gunungbugag.

Semua mudvolcano tua tersebut telah mengerupsikan lumpurnya. Kapan ? Bisa dicek
di dokumen2 sejarah (kadang2 tertulis sebagai kronik sejarah, misalnya di
Pararaton yang mencatat letusan Gununganyar pada sekitar abad ke-12,  yang juga
mencatat letusan Denanyar dan Redianyar di wilayah Canggu, Jombang ex
Majapahit; timing letusan dan collapse-nya juga bisa dicek di penampang seismik.

Saat Watukosek Fault tereaktivasi, yang critical di bawah permukaan hanyalah
subsurface Lusi. Dynamic stress change sebesar 0,005 - 0,01 MPa energi gempa
yang dipropagasi dari gempa Yogya ke wilayah ini cukup untuk membuat pressure
release critical mass di bawah Lusi melalui fracturing. Ingat bahwa kedalaman
fokus gempa di Yogya 10 km, begitu juga propagasinya secara lateral memenuhi
kolom dari permukaan (yang terukur skala MMI 2-3) sampai kedalaman 10 km di
bawah Lusi. Fracturing ini berasal dari bawah yang naik ke atas dan sangat
mungkin sebuah fissure masuk ke BJP-1 yang lalu diindikasi partial lalu total
loss.

Saya justru menggunakan analogi Natan tentang sebatang korek gas yang
menyebabkan kebakaran kampung untuk hal yang sama yang sering dikritik orang
bahwa gempa Yogya terlalu jauh dan terlalu kecil untuk melahirkan Lusi di
Sidoarjo (kritik ini mestinya telah gugur oleh paper Mori dan Kano, 2009). Apa
yang kecil di bawah telah menyebabkan yang besar di atas -persis seperti
adagium Chaos theory (butterfly effect).

Mengapa gunung2lumpur tua tak meletus lagi - jawaban sederhana saja :
pressure-nya telah release ratusan, ribuan atau sekitar 1 juta tahun yang lalu.
Susah sekali membangkitkan pressure yang telah released, tak ada materi lagi
buat diletuskannya. Meskipun demikian, saat Lusi awal menyembur, gununglumpur
tua Kalanganyar, Pulungan dan Gununganyar meleleh lagi mengeluarkan seeps
lumpur dan gas bubble, mudah dipahami sebab Watukosek Fault di bawahnya
bergoyang.

Barangkali suatu waktu kita perlu melakukan fieldtrip mudvolcanoes Kendeng Deep
dan fokuskan di Watukosek Fault, bahwa memahami Lusi harus holistik, tak bisa
hanya mengarahkan mata ke BJP-1. Kita tak bisa menafikan data geologi regional
di sini. Tentu saja pengeboran BJP-1 pada saat yang bersamaan wajar sekali
dicurigai; tetapi mari kita melakukan analisis secara holistik, lihat ke
sekelilingnya, lihat ke waktu2 peristiwa geologi (cq gempa Yogya) yang secara
temporal berhubungan sangat erat dengan semua fenomena dinamika fluida baik di
BJP-1, Lusi, Carat, sumur2 penduduk, gunung2lumpur tua, dsb.

Butterfly effect : "kepak sayap kupu-kupu di Brazil telah menyebabkan badai di
Texas"  (Edward Lorenz, Chaos Theory, 1961)

salam,
Awang