> Klo untuk production, umumnya semua udah dipaket ke dalam jar, jadi ga
> akan bermasalah dengan classpath, soalnya tinggal execute file jarnya
> kan.

Production di mana nih? Aplikasi server apa aplikasi desktop? kalau
aplikasi desktop biasanya bikin file bat atau file sh untuk execute
main class. Atau bikin installer pake izpack.org.

Biasanya saya jarang pake jar yang executable, karena kadang2 kita
perlu setting vm parameter seperti Xmx, lebih fleksible kalau
menggunakan file bat atau file sh.

Sedangkan deploy di server sih ga perlu jar executable, biasanya file
war atau ear yang dideploy ke application server.

--

regards