Re: [iagi-net-l] Hari Geologi Nasional

2002-08-29 Terurut Topik wahyu budi
Menurut hemat saya, untuk HAri Geologi NAsional, sebaiknya dipilih tanggal 16 Mei 1929 saat Museum Geologi Indonesia pertama kali dibuka. WBS --- Andang Bachtiar [EMAIL PROTECTED] wrote: Saya mendapat kabar dari Setdirjen GSDM bahwa: untuk mengapresiasi profesi geologi dan peranan geologist

RE: [iagi-net-l] Masalah air antara Malaysia vs Singapura = masla lah pasir laut antara RI vs Singapura

2002-10-20 Terurut Topik wahyu budi
Rasanya semua kegerahan (kegeraman,?) itu dapat diterima dan semuanya bermuara pada kegerahan karena sikap pengambil keputusan yang tidak memuaskan dalam menangani masalah tersebut. Ada satu hal penting yang tersirat bagi yang kegerahan itu. Kegerahan itu menyiratkan masih adanya rasa

Re: [iagi-net-l] INDONESIA DISERANG

2002-11-02 Terurut Topik wahyu budi
Terima kasih atas terusan pandangan ini. Saya juga setuju dengan pandangan tersebut dan memberi pencerahan. Salam, wbs --- Andang Bachtiar [EMAIL PROTECTED] wrote: Saya ambilkan tulisan ini dari milis lain, karena saya melihat sudut pandang yang berbeda dari yang selama ini saya baca

[iagi-net-l] Urusan tidak ekonomis? ditanggung pemerintah

2002-11-08 Terurut Topik wahyu budi
Untuk berbagai urusan yang tidak ekonomis, memang seharusnyalah menjadi tanggung jawab pemerintah. Saya pikir, itulah salah satu guna adanya pemerintah yang mengumpulkan pajak, dan mengelola sumberdaya alam milik bersama. WBS --- Andri [EMAIL PROTECTED] wrote: Justru yang menjadi kendala

Re: [iagi-net-l] Re: need hlp/referensi

2002-11-08 Terurut Topik wahyu budi
Kalau saya tidak salah, perpustakaan ITB Bandung memiliki koleksi-koleksi tersebut. Selain itu bisa juga dicoba untuk mencari ke perpustakaan LIPI di Cisitu, Bandung. Beberapa dari koleksi yang dixcari itu pernah saya dapatkan dari kedua perpustakaan itu. Saran saya, untuk mempermudah mencarinya,

Re: [iagi-net-l] Upst -- Urusan tidak ekonomis? ditanggung pemerintah

2002-11-08 Terurut Topik wahyu budi
: wahyu budi [EMAIL PROTECTED] Untuk berbagai urusan yang tidak ekonomis, memang seharusnyalah menjadi tanggung jawab pemerintah. Saya pikir, itulah salah satu guna adanya pemerintah yang mengumpulkan pajak, dan mengelola sumberdaya alam milik bersama. WBS --- Andri [EMAIL

Re: [iagi-net-l] G. Papandayan aktif lagi ?----Apa yang selanjutnya akan terjadi?

2002-11-17 Terurut Topik wahyu budi
bila dibandingkan dengan jumlah gunungnya. Minim dan kurang cangihnya peralat-alatan yang kita miliki. Ini juga tercermin jelas dari sedikitnya hasil-2 penelitian/paper geologi yang berkaitan dengan kegunungapian. Salam, Ben Sapiie - Original Message - From: wahyu budi

Re: [iagi-net-l] Pengawas aktifitas G. Papandayan / efek otonomi?

2002-11-25 Terurut Topik wahyu budi
Kekurangan Sembako bagi para pengungsi dan petugas pemantau dan lainnya itu mungkin efek dari otonomi daerah. Undang-undang otonomi daerah seingat saya tidak mengatur masalah bencana. Sehingga jiga terjadi bencana siapa yang harus bertanggung jawab? Kalau sudah dinyatakan sebagai bencana

Re: [iagi-net-l] RE: Longsor dan banjir

2002-11-25 Terurut Topik wahyu budi
Sekedar info: Berikut ini kutipan dari Suara Merdeka Semarang. - Tanah di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, retak. Garis retakan memanjang, menembus dinding rumah milik Sumarlan dan Parlan, sehingga mengakibatkan rumah tersebut rusak. Tanah yang retak di desa

[iagi-net-l] Bencana nasional dan daerah

2002-11-25 Terurut Topik wahyu budi
bencana nasional dan bencana daerah itu apa ya? -Original Message- From: wahyu budi [mailto:[EMAIL PROTECTED]] Sent: Monday, November 25, 2002 5:09 PM To: [EMAIL PROTECTED] Subject: Re: [iagi-net-l] Pengawas aktifitas G. Papandayan / efek otonomi? Kekurangan Sembako bagi

Re: [iagi-net-l] memposisikan iagi, geologi dalam kehidupan sehari-hari

2003-01-29 Terurut Topik wahyu budi
Saya setuju dengan pendapat Mas Andang bahwa IAGI bukan organisasi bisnis. Selain kepada anggotanya, tentu ada sumbangan IAGI bagi masyarakat atau terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan. Tetapi hendaknya kegiatan yang berkaitan dengan masyarakat diarahkan kepada peningkatan kesadaran masyarakat

Re: [iagi-net-l] memposisikan iagi, bisnis IAGI

2003-01-30 Terurut Topik wahyu budi
berguna bagi masyarakat. Kalau hanya mengandalkan iuran dan sumbangan kelihatannya agak sulit. Witan - Original Message - From: wahyu budi [EMAIL PROTECTED] To: [EMAIL PROTECTED] Sent: Wednesday, January 29, 2003 8:11 PM Subject: Re: [iagi-net-l] memposisikan iagi, geologi dalam

Re: [iagi-net-l] kid-tainment, geologi dalam bahasa anak-anak

2003-02-07 Terurut Topik wahyu budi
Saya sendiri belum melihat artikel dalam majalah Bobo tersebut, tetapi rasanya kita jangan terlalu cepat mengatakan penulisnya bukan dari geologi. Ada kemungkinan, penulisnya orang geologi atau tahu geologi, tetapi memang demikian itulah bahasa yang dapat dipahami untuk anak-anak yang

Re: [iagi-net-l] Mengutip dokumen on-line

2003-03-13 Terurut Topik wahyu budi
Rasanya cara mensitir dokumen on-line yang disarankan dalam makalah tersebut tidak berlaku umum (baca: tidak benar). Yang berlaku umum rasanya seperti berikut ini: Lambert B. (2003). Micropaleontological investigations in the modern Mahakam delta, East Kalimantan (Indonesia).

[iagi-net-l] Awas Virus!!!!

2003-03-31 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Saya mendapat info tentang adanya virus baru yang nampaknya sangat berbahaya. Berhati-hatilah. Penjelasan lebih lanjut seperti di bawah ini. Salam WBS Message: 7 Date: Mon, 31 Mar 2003 11:25:10 +0800 From: Nuriman, Harry (kem) [EMAIL PROTECTED] Subject: WARNING:

Re: [iagi-net-l] Launching website JCJ-2003

2003-06-04 Terurut Topik wahyu budi
Dear Organizing Comm. Bagaimana kabarnya dengan abstrak-abstrak yang telah dikirimkan melalui e-mail reguler sebelum ada kebijakan baru ini? WBS --- Abdul Mutalib Masdar [EMAIL PROTECTED] wrote: Kepada Yth. Seluruh Anggota HAGI/IAGI dan seluruh Geoscienties dimana pun berada, Untuk

Re: [iagi-net-l] Benarkan Perut Monas Menyimpan Cadangan Minyak Bumi?

2003-06-16 Terurut Topik wahyu budi
Saya rasa kabar ini hanya isapan jempol, seperti halnya kabar tentang harta karun di situs purbakala di Bogor tempo hari. Masih ingat kan? Salam, WBS --- Sena Reksalegora [EMAIL PROTECTED] wrote: WACANA (Pikiran Rakyat Cyber Media, 16 Juni 2003) Benarkan Perut Monas Menyimpan Cadangan

Re: [iagi-net-l] Diskusi Tebatas !!

2003-07-08 Terurut Topik wahyu budi
Maunya sih, ikut. Tetapi waktu yang tidak ada. Saya dan banyak teman lainnya tentu senang mengetahui hasil diskusi itu. Salam, WBS --- IAGI Pusat [EMAIL PROTECTED] wrote: IAGI Netters, PP IAGI akan mengadakan Diskusi Tebatas Menggugat Keberadaan Celah Timor dan Gugusan Pulau Pasir

Re: [iagi-net-l] berita sakit

2003-07-18 Terurut Topik wahyu budi
Kami turut berharap Pak Taka diberi kekuatan oleh Yang Maha Kuasa dan dapat sehat kembali. WBS --- M.Untung [EMAIL PROTECTED] wrote: Hari ini, menurut berita yang saya terima dari Pak Budiharto, anggota IAGI senior, bapak FRED TAKA sedang mengalami koma di Rumah Sakit CAROLIUS, Jakarta.

RE: [iagi-net-l] Deepwater Source rock - akhirnya (Bahasa campur aduk !!!)

2003-07-18 Terurut Topik wahyu budi
Bahasa yang campur aduk itu menunjukkan Bahasa Indonesia perlu diperkaya, dan juga menunjukkan kita memerlukan Ensiklopedi. WBS --- Istadi, Bambang P [EMAIL PROTECTED] wrote: Note: Maaf bahasanya campur aduk, tapi istilah2 teknis kalau diIndonesiakan malah saya-nya yang binggung. wass.

Re: [iagi-net-l] Evolusi === Sudut pandang lain yoooook.

2003-08-27 Terurut Topik wahyu budi
Di bumi ini ada 100 lebih unsur kimia, mulai dari unsur mayor, minor, sampai trace element. Ada yang logam, non-logam, dan radioaktif. Sekarang, kalau benda-benda, makhluk-makhluk atau apapun yang ada di bumi ini (juga alam semesta?) ini 'diuraikan', maka, hasilnya tidak akan lari dari

[iagi-net-l] Evolusi === Memahami cara kerja Tuhan (1), contoh dari alam.

2003-09-03 Terurut Topik wahyu budi
Mari kita perhatikan sebutir biji yang bernas. Bagaimana butiran biji itu kemudian mulai retak di tanah, kemudian mulai tumbuh. Ambil sebuah contoh biji asam jawa. Kalau ada waktu (sambilan), coba ikuti pertumbuhannya. Biji itu tumbuh dan berkembang menurut suatu urutan waktu dan kadar yang

[iagi-net-l] Evolusi === Memahami cara kerja Tuhan (1), manusia dan evolusi karyanya.

2003-09-03 Terurut Topik wahyu budi
Kita mulai pembicaraan dari manusia (yang belum mengetahui teknologi seperti sekarang ini) dan bumi tempat tinggalnya. Dalam pikiran saya, semula manusia hanya tahu membawa sesuatu dengan kedua tangannya atau menyeretnya tanpa alat bantu. Selanjutnya, membawa sesuatu dengan alat bantu, seperti

Re: [iagi-net-l] Pertambangan ....., melihat hubungan spasial

2003-09-03 Terurut Topik wahyu budi
Sekarang ini sedang musim kemarau, dan di banyak bagian Indonesia sedang mengalami kekeringan. Mungkin ini saatnya untuk mengajukan bukti tentang kaitan kerusakan hutan, kegiatan pertambangan dan kekeringan. Yang perlu dilakukan pada tahap awal hanya memetakan daerah hutan lindung, daerah

RE: [iagi-net-l] Renungan IAGI Lingkungan; keseimbangan

2003-09-11 Terurut Topik wahyu budi
Sebenarnya, yang diperlukan adalah menjaga keseimbangan antara pemanfaatan sumberdaya alam dan menjaga kondisi lingkungan agar tetap dapat melayani kebutuhan manusia (bukan dilestarikan). Kita semua tentu tahu bahwa alam itu menjalani suatu proses. Lahir dan kemudian Mati. Perhatikan manusia,

Re: [iagi-net-l] List of accepted papers for JCJ 2003, format penulisan makalah?

2003-09-13 Terurut Topik wahyu budi
tanggal 31 Oktober 2003, sementara itu dalam web site disebutkan tanggal 30 September 2003. Mana yang harus diikuti? Salam, Wahyu Budi Setyawan --- Allo, Paulus T [EMAIL PROTECTED] wrote: daftar paper yg diterima utk JCJ 2003 bisa dilihat di: http://jcj2003.iagi.or.id/list.php daftar ini akan

Re: [iagi-net-l] 85% Delta Mahakam Rusak

2003-09-24 Terurut Topik wahyu budi
1980an untuk Delta Cimanuk di Jawa Barat (Pak Ade bisa konfirmasi ?) atau juga LON (Pak Wahyu Budi bisa konfirmasi ?) dan juga daerah muara Citanduy-Nusa Kambangan. Harusnya, mengingat pentingnya Delta Mahakam sebagai laboratorium alam untuk geologi, studi semacam itu penting. Juga, apakah erosi

Re: [iagi-net-l] 85% Delta Mahakam Rusak, Teluk Jakarta

2003-09-25 Terurut Topik wahyu budi
(hanya beberapa KM). Karena itu, untuk kasus di kepulauan Seribu, mungkin ada sumber sedimen yang lain. Mungkin saja dari Citarum. Salam, WBS --- [EMAIL PROTECTED] wrote: Pak Wahyu Budi dan rekan2 lainnya, Kalau kerusakan delta Mahakam bisa dideteksi lewat citra satelit, tentunya hal yang

Re: [iagi-net-l] Tujuan Reklamasi?

2003-10-17 Terurut Topik wahyu budi
. Salam, WBS --- R.P.Koesoemadinata [EMAIL PROTECTED] wrote: Pantai rusak karena erosi? Bukankah erosi itu process alam? Bagaimana alam merusak diri sendiri? - Original Message - From: wahyu budi [EMAIL PROTECTED] To: [EMAIL PROTECTED] Sent: Wednesday, October 15, 2003 6:44 PM

Bls: [iagi-net-l] Deformasi Merapi

2010-11-04 Terurut Topik wahyu budi
Intensitas erupsi Merapi terus meningkat, dan saya yakin telah ada tambahan magma ke dapur magma dangkal. Dengan kecenderungan intensitas erupsi yang terus meningkat, dan keasaman magma yang telah bertambah, yang saya khawatirkan adalah kelanjutan skenario erupsi Merapi sekarang. Akankah erupsi

[iagi-net-l] Nilai Majalah Ilmiah dan Saran untuk MGI [iagi-net-l] Re: Poster vs Oral Presentation

2008-04-25 Terurut Topik wahyu budi
Memang benar, bagi kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan litbang-litbang yang ada di berbagai departemen tulisan yang dipublikasikan dalam jurnal / majalah ilmiah itu memiliki nilai yang berbeda, tergantung pada jurnalnya. Hirarkinya saya kira sebagai berikut (dari yang paling

Re: [iagi-net-l] Nilai Majalah Ilmiah dan Saran untuk MGI [iagi-net-l] Re: Poster vs Oral Presentation

2008-04-25 Terurut Topik wahyu budi
sejak awal tahun 2008. Beberapa calon penulis potensial berencana berkontribusi, tetapi tak kunjung datang artikelnya. salam, awang wahyu budi [EMAIL PROTECTED] wrote: Memang benar, bagi kalangan perguruan tinggi, lembaga penelitian dan litbang-litbang yang ada di berbagai departemen

Re: [iagi-net-l] Nilai Majalah Ilmiah dan Saran untuk MGI [iagi-net-l] Re: Poster vs Oral Presentation

2008-04-26 Terurut Topik wahyu budi
, tetapi proceedings PIT IAGI dan IPA ada tim peer review-nya (a.l. saya sering diminta sebagai peer review di kedua proceedings itu). Sistem penilaian mestinya telah berubah, seperti kita juga harus menghargai poster sama dengan oral presentation. salam, awang wahyu budi [EMAIL PROTECTED

Re: [iagi-net-l] Banyak Jurnal Tak Ada Penulis---was: Re: Nilai Majalah Ilmiah...

2008-04-28 Terurut Topik wahyu budi
Menarik juga dialog tentang jurnal ini. Saya pernah berusaha mempelajari bagaimana agar sebuah jurnal dapat terbit dan bertahan. Hal itu saya lakukan dengan berkunjung ke Fakultas Biologi Universitas Atmajaya Yogyakarta. Berikut ini apa yang dapat saya tangkap dari dialog kami dengan pengelola

Re: [iagi-net-l] Sedimentasi Segara Anakan, Cilacap

2008-05-07 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Untuk melengkapi informasi. Tentang sejarah pembentukan dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan Segara Anakan telah saya bahas secara singkat dalam makalah yang saya presentasikan pada saat PIT IAGI ke-31 di Surabaya pada tahun 2002. Salam, WBS --- On Wed, 5/7/08, [EMAIL

Re: [iagi-net-l] Dua Tahun Semburan LUSI (29 Mei 2006-29 Mei 2008)

2008-05-29 Terurut Topik wahyu budi
Lho, kok semoga pendek umurmu? Rasanya lebih tepat semoga panjang umurmu LUSI. Maksudnya panjang umur LUSI dalam ingatan manusia, khususnya bangsa Indonesia. LUSI semoga selalau diingat bagaimana suatu kelalaian berubah menjadi sesuatu yang luar biasa. Semoga selalu pula dingat bagaimana

[iagi-net-l] Hanya prasangka tak beralasan? - Re: [iagi-net-l] IAGI: Mary Sears Memata-matai

2007-02-04 Terurut Topik wahyu budi
Dear All netter. Saya tidak akan memberikan konfirmasi, melainkan sedikit ulasan tentang kemungkinan kegiatan mematai-matai yang diprasangkakan itu. Ada hal yang perlu dicatat bahwa: 1. Kapal itu kapal oseanografi dan bekerja untuk mendeteksi suatu objek di dasar laut. Teknologi yang

[iagi-net-l] Informasi Rig di perairan eretan Indramayu

2007-04-11 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Untuk keperluan penelitian oseanografi (gelombang) di perairan Eretan, Indramayu, saya perlu melakukan mooring. Saya lihat di perairan pesisir Eretan ada sebuah Rig, dan bermaksud untuk mempergunakan rig itu untuk menambatkan Tide Gauge. Adakah diantara rekan-rekan yang mengetahui

Re: [iagi-net-l] Ironi pembangunan PLTN Muria

2007-08-14 Terurut Topik wahyu budi
Ironi pembangunan PLTN Muria ini ternyata menambah daftar ironi yang terjadi di Indonesia. Seperti kita ketahui, dahulu Malaysia meminta bantuan Indonesia untuk meningkatkan pendidikan di negara itu. Sekarang, kondisi kualitas pendidikan kita telah tertinggal dari Malaysia. --- Ironi itu

[iagi-net-l] Sukses Mitigasi Bencana GA: Pelajaran dari Filipina dan Meksiko

2006-04-20 Terurut Topik wahyu budi
Sukses atau gagalnya upaya mitigasi bencana gunungapi diukur dari ada atau tidaknya korban jiwa karena erupsi gunungapi. Persoalan inilah yang sekarang sedang kita hadapi seiring dengan aktifitas gunung Merapi di Jawa Tengah saat ini. Ada 2 contoh kasus sukses mitigasi bencana gunungapi, yaitu

[iagi-net-l] Menunggu kabar baik dari Gunung Merapi

2006-04-22 Terurut Topik wahyu budi
Persiapan pemerintah pusat dan daerah dan berbagai pihak untuk menghadapi kemungkinan erupsi Gunung Merapi telah dilakukan. Pengungsian sejumlah ribuan penduduk dari beberapa desa yang berada dalam zona bahaya telah dilakukan. Dan, 4 skenario evakuasi telah pula disiapkan (Kompas online, Sabtu, 22

[iagi-net-l] Mengendalikan Memanfaatkan alam

2006-04-24 Terurut Topik wahyu budi
Alam memang tidak dapat ditaklukkan, tetapi dalam batas-batas tertentu dapat dimanfaatkan atau dikendalikan untuk kepentingan manusia. Pengembangan prinsip pengendalian dan pemanfaatan inilah yang membuat kita dapat mendapai kemajuan treknologi dan dapat hidup dengan lebih baik. Contoh sederhana:

Re: [iagi-net-l] Tonga quacke and (No) tsunami

2006-05-08 Terurut Topik wahyu budi
Saya juga bersyukur bahwa tidak terjadi tsunami dengan gempa tersebut. Malam itu saya mendapat info peringatan dini dari beberapa stasiun pemantau di kawasan Pasifik sampai 6 kali yang terus mengabarkan perkembangannya sampai tengah malam. Sayangnya, situs BMG tidak ikut mengabarkannya, pada hal,

Re: [iagi-net-l] RE: REDI Merapi: pasang surut

2006-05-09 Terurut Topik wahyu budi
--- Maryanto (Maryant) [EMAIL PROTECTED] wrote: Bagaimana sih siklus tertinggi muka laut harian ? Jam berapa tertinggi-terrendah ? Siklus tahunan ? Ada yang bisa kasih tahu ? Pak Maryanto, posisi tinggi muka laut sangat ditentukan oleh tataletak Bumi, Bulan, dan Matahari. Tinggi muka

[iagi-net-l] Dance of Giant Continents

2006-05-10 Terurut Topik wahyu budi
Tentang Supercontinent bisa dicari dengan google, dengan kata kunci antara lain: Ur continent, Ur Rodinia, Dance Giant Continent, scotese paleomap. Secara ringkas, perkembangan superkontinen sebagai berikut: 3 Ga Supercontinent Ur 1,2 Ga Supercontinent Rodinia 830 Ma (Rodinia terbagi menjadi)

[iagi-net-l] Arah Debu Merapi: angin di yogya

2006-05-18 Terurut Topik wahyu budi
Sekarang bulan Mei. Di Jawa, saat ini berlangsung musim peralihan dari Musim Barat (des - maret) ke musim timur (juni - sep). Pada saat ini di selatan Pulau Jawa (di Samudera Hindia) bertiup angin dengan arah umum dari selatan-tenggara, dan angin tersebut melemah di Pulau Jawa. Dengan kondisi

[iagi-net-l] Perubahan karakter mongso

2006-05-20 Terurut Topik wahyu budi
Mas Maryanto, tentang el Nino dan la Nina saya belum bisa bicara banyak, tetapi saya pernah membaca (lupa di mana) bahwa sejak beberapa dekade yang lalu terdapat kecenderungan bahwa intensitas angin topan makin meningkat. Saya kira ada suatu kondisi atmosfer yang mempengaruhi fenomena angin topan

[iagi-net-l] Problem Waktu dan Proses Geologi Yang Abstrak

2006-05-30 Terurut Topik wahyu budi
Berkaitan dengan penjelasan atau sosialisasi tentang bencana geologi kepada masyarakat, pengalaman yang saya alami mengajarkan bahwa ada masalah yang sangat sulit dipahami oleh masyarakat umum tentang Waktu Geologi dan Proses Geologi. Keduanya sangat abstrak, dan sulit dipahami. Kedua hal tersebut

Re: [iagi-net-l] JAWABAN: Gerakan lempeng di selatan Yogya penyebab gempa.

2006-06-01 Terurut Topik wahyu budi
--- Rovicky Dwi Putrohari [EMAIL PROTECTED] wrote: APA YANG MENYEBABKAN GEMPA YOGJA-JATENG 27 MEI 2006 KEMARIN? •KEGIATAN GUNUNG MERAPI (Komisi Tektonik PP-IAGI) •GERAKAN LEMPENG BUMI DI LAUT SELATAN YOGJA (BMG) •GERAKAN PATAHAN LAPISAN BUMI YANG MEMANJANG DARI BANTUL SAMPAI KLATEN

Re: [iagi-net-l] EARTHQUAKE STORM ?! (was RE: [iagi-net-l] Gempa 5.5 SR Menggoyang Menado)

2006-06-06 Terurut Topik wahyu budi
Kalau Earthquake Strom dikaitkan dengan terjadinya serangkaian gempa di suatu kawasan yang dipicu oleh gempa di kawasan lain di dekatnya, dan semuanya terjadi di suatu lempeng yang sama, maka fenomena gempa yang sekarang terjadi di Indonesia mungkin berbeda. Dengan teori tektonik lempeng,

RE: [iagi-net-l] mata air panas di gedung arsip nasional Jakarta

2006-06-09 Terurut Topik wahyu budi
Benar, lebih baik lagi kalau sebelum memberikan komentar, kita periksa dahulu kondisi sebenarnya di lokasi mata air. Saya punya pengalaman dengan kejadian seperti ini. Ketika itu di Ambon, di rawa-rawa sagu di dalam Kampus Universitas Pattimura, tahun 1993 (?). Saya diberitahu bahwa ada mata air

[iagi-net-l]Banjar Panji Mud-Extrusion: Objek wisata

2006-06-13 Terurut Topik wahyu budi
Semburan lumpur Banjar Panji ini mengingatkan pada Bledug Kuwu di sebelah timur Purwodadi. Melihat perkembangannya saat ini, rasanya tidak untuk menghentikan semburan lumpur itu. Biaya yang telah dialokasinya untuk menghentikan semburan atau membersihkan lumpur, sebaiknya dipergunakan untuk

Re: [iagi-net-l]Banjar Panji Mud-Extrusion: Objek wisata

2006-06-14 Terurut Topik wahyu budi
struktur permukaan Banjar Panji collaps, mau tak mau ia bisa jadi rawa. salam, awang wahyu budi [EMAIL PROTECTED] wrote: Semburan lumpur Banjar Panji ini mengingatkan pada Bledug Kuwu di sebelah timur Purwodadi. Melihat perkembangannya saat ini, rasanya tidak untuk menghentikan

Re: [iagi-net-l] Menyambut liburan sekolah (Re: [iagi-net-l]Banjar Panji Mud-Extrusion: Objek wisata)

2006-06-14 Terurut Topik wahyu budi
Pak Amir, kalau ingin melihat Merapi yang aman dan jelas bisa dilakukan dari lintasan Blabak - Ketep - Selo - Cepogo - Boyolali. Pada lintasan ini daerah Ketep terlewati, dan kalau mau bisa berbelok untuk mampir sebentar (berbelok masuk kira-kira 1 km dari jalur itu). Kalau berangkat dari Yogya,

[iagi-net-l] IAGI terbatas (: Re: [iagi-net-l] PIT IAGI 2006 : Apakah perlu ditunda/dibatalkan ?)

2006-06-30 Terurut Topik wahyu budi
IAGI tidak mungkin dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan semua anggotanya. Banyak hal yang menyebabkannya. Secara alamiah, anggota-anggota yang aktif terlibat dalam berbagai kegiatan IAGI akan terseleksi dengan sendirinya. Banyak hal yang menyebabkannya, antara lain waktu / kesempatan, biaya,

[iagi-net-l] Menyedihkan - Fwd: [ISOI_net] Beberapa berita evaluasi kejadian tsunami di Pangandaran

2006-07-19 Terurut Topik wahyu budi
Berikut ini kutipan dari email tetangga. Apa yang salah dengan kita?, sehinga kita sedemikian tidak berdaya dan lambat. Sangat menyedihkan. Salam WBS --- Eny Buchary [EMAIL PROTECTED] wrote: To: Eny Anggraini Buchary [EMAIL PROTECTED] From: Eny Buchary [EMAIL PROTECTED] Date: Wed, 19 Jul

[iagi-net-l] Salah kutip? Re: [iagi-net-l] Jawa Barat Selatan Aman dari Tsunami

2006-07-20 Terurut Topik wahyu budi
Itu hanya berita di surat kabar. Setelah saya cermati, saya tidak mengerti bagaimana mereka sampai pada kesimpulan bahwa gelombang sampai ke pantai hanya satu meter tingginya. Apakah para ahli itu salah melakukan analisa, atau media yang salah mengutip dan terlalu bombastis. Perhatikan kutipan

Re: [iagi-net-l] Kita masih diberi waktu menyelamatkan diri dari Tsunami !

2006-07-21 Terurut Topik wahyu budi
Tadi malam sudah saya baca di news stick transtv bahwa BMG akan bekerja sama dengan para operator tlp seluler untuk penyebaran berita gempa via sms. Ini suatu kemajuan. salam, wbs --- Rovicky Dwi Putrohari [EMAIL PROTECTED] wrote: Menit-menit mendebarkan saat tsunami tanggal 17 July 2006 di

[iagi-net-l] Bila Lumpur di buang ke sungai / laut - was Re: [iagi-net-l] BERIKUT ARTIKEL TENTANG KERUGIAN AKIBAT LUMPUR PANAS:

2006-08-15 Terurut Topik wahyu budi
Ide untuk membuang lumpur porong ke laut mulai memuncak. Ada pihak yang setuju dan ada pihak yang tidak setuju. Secara geologis, pembuangan lumpur tersebut ke sungai atau laut tidak menjadi masalah, karena itu hanya sedimen biasa. Tetapi kita perlu melihat hal lain, yaitu penduduk atau masyarakat

Re: [iagi-net-l] Bila Lumpur di buang ke sungai / laut - was Re: [iagi-net-l] BERIKUT ARTIKEL TENTANG KERUGIAN AKIBAT LUMPUR PANAS:

2006-08-15 Terurut Topik wahyu budi
- wahyu budi wrote: Ide untuk membuang lumpur porong ke laut mulai memuncak. Ada pihak yang setuju dan ada pihak yang tidak setuju. Secara geologis, pembuangan lumpur tersebut ke sungai atau laut tidak menjadi masalah, karena itu hanya sedimen biasa. Tetapi kita perlu melihat hal lain, yaitu

Re: [iagi-net-l] Bila Lumpur di buang ke sungai / laut - was Re: [iagi-net-l] BERIKUT ARTIKEL TENTANG KERUGIAN AKIBAT LUMPUR PANAS:

2006-08-15 Terurut Topik wahyu budi
ini ? Secara natural tentunya ada supply - demand, kalau dibawah terambil harus ada yg menggantikan, lah kalau dibuang ke laut trus apakah membiarkan terbentuk cekungan karena nantinya terbentuk crater (collapse) ? rdp On 8/15/06, wahyu budi [EMAIL PROTECTED] wrote: Ya. Tulisan saya

[iagi-net-l] Membuang lumpur ke Laut: Pilihan terbaik dari yang buruk

2006-08-28 Terurut Topik wahyu budi
Adalah ide yang menarik dari Rovicky, mengalirkan lumpur ke laut dan mengharapkannya menjadi delta (buatan). Hal itu memang mungkin terjadi, karena banyak contoh yang demikian. Selain Ujung Pangkah, delta baru Ciujung-Cidurian di Serang, Banten juga demikian halnya. Mungkin persoalannya adalah

Re: [iagi-net-l] Siapa yang harus Ganti ?????

2006-08-28 Terurut Topik wahyu budi
Bisa ngak ya, kalau kasus LUSI ini disebandingkan dengan bencana lainnya, seperti kebakaran hutan, banjir bandang, atau kekeringan. Pada Kebakaran Hutan, pemerintah (pusat atau daerah)langsung turun tangan mengatasinya tanpa berusaha menimpakan biaya kerugian pada siapa pun. Diketahui titik-titik

[iagi-net-l] Realistis menghadapi lumpur Sidoarjo

2006-08-30 Terurut Topik wahyu budi
Persoalan banjir lumpur panas Sidoarjo dari hari ke hari semakin kritis dengan ancaman bahaya yang makin terus meningkat pula. Sementara semburan lumpur masih terus berlangsung, dan kita tidak tahu kapan akan berakhir, musim hujan makin mendekat. Semburan lumpur panas yang tanpa henti menyebabkan

[iagi-net-l] Menimbang perlakuan terhadap Lumpur Sidoarjo

2006-09-02 Terurut Topik wahyu budi
Di tengah-tengah ketidak-pastian kapan semburan Lumpur Sidoarjo akan berhenti, dan kepastian datangnya musim hujan yang semakin mendekat, dan Pemerintah yang belum mengambil keputusan, muncul dua kubu pendapat: (1) yang menginginkan lumpur tetap di darat, dan (2) yang menginginkan lumpur dialirkan

[iagi-net-l] Tercemar Industri? RE: [iagi-net-l] Lusi, Sampel yang ada Hg tersebut dari desa Siring

2006-09-03 Terurut Topik wahyu budi
Ya, mengingat ada beberapa pabrik yang sekarang tergenang lumpur, sangat mungkin Hg berasal dari salah satu kegiatan industri yang ada. Yang selama ini terlupakan adalah kemungkinan bahan-bahan pencemar yang tersimpan di pabrik-pabrik yang tergenang lumpur. Kita perlu mencari informasi pabrik apa

[iagi-net-l] Mengapa kita tidak duduk bersama?

2006-09-05 Terurut Topik wahyu budi
Sampai hari ini, agaknya pihak-pihak yang saling berbeda pendapat tentang apa yang harus dilakukan terhadap Lumpur Sidoarjo masih terus saling bersilang pendapat. Sementara Pemerintah masih tetap tampak ragu dan belum mengambil keputusan, dan penduduk mulai hilang kepercayaannya terhadap

[iagi-net-l] Lumpur jadi batubata?

2006-09-07 Terurut Topik wahyu budi
Kalau kemudian ternyata benar mereka sanggup membuat batubata dengan kecepatan yang dapat mengimbangi keluarnya lumpur, lalu: 1. berapa banyak batubata yang akan dihasilkan? 2. siapa yang akan memakai? 3. kalau dipakai untuk daerah yang jauh, biaya angguknya tinggi, harga bata jadi tinggi,

[iagi-net-l] Lumpur Sidoarjo, persoalan volume yang sangat besar

2006-09-07 Terurut Topik wahyu budi
Memang benar, secara substansial, lumpur bukan polutan. Bila tidak mengandung material yang beracun dan berbahaya, lumpur tidak berbahaya. Yang menjadi persoalan adalah, volume lumpur yang sangat besar dan kita juga tidak tahu sampai kapan akan bertambah terus volumenya itu. Bila lumpur dalam

[iagi-net-l] Ringkasan - Technical Report dari UN-OCHA

2006-09-14 Terurut Topik wahyu budi
Pada tanggal 20 Juni 2006, Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) mengajukan permintaan bantuan teknis untuk mengidentifikasi dampak lingkungan dari “aliran lumpur” kepada United Nation Office of Humanitarian Affair (OCHA). Environmental Emergencies Section OCHA dengan bekerjasama dengan Field

Re: [iagi-net-l] Geothermal BPJ

2006-09-23 Terurut Topik wahyu budi
Pak Yatno, Secara sederhana, apakah kita bisa mengharapkan bahwa indikator untuk geothermal low T adalah kandungan karbonat yang tinggi di dalam air panasnya, dan untuk geothermal high T kandungan silikanya yang tinggi? Kemudian, tentu tidak sulit untuk membedakan antara fluida hidrothermal dan

[iagi-net-l] Mud Volcano Sidoarjo: kita hanya bicara

2006-09-25 Terurut Topik wahyu budi
Minggu yang lalu kita mendengar kabar bahwa tanggul lumpur jebol. Malam ini juga terulang kembali tanggul jebol, di Siring. Belum musim hujan saja tanggul jebol, bagaimana bila di musim hujan? Katanya, upaya menyelesaikan masalah lumpur tersebut dengan mementingkan keselamatan warga. Tapi, upaya

[iagi-net-l] Mud Volcano Sidoarjo: status bahaya

2006-09-26 Terurut Topik wahyu budi
Detik.com tanggal 22 September 2006 memberitakan bahwa Menteri ESDM menyatakan status bahaya lumpur Sidoarjo masih Darurat. Sementara itu Komisi VI DPR-RI menghendaki status dinaikkan menjadi Bahaya. Sampai sekarang, penentuan status bahaya belum jelas siapa yang memiliki otoritas menetapkan

Re: [iagi-net-l] Komentar lain ttg seminar IAGI ttg Lusi

2006-09-29 Terurut Topik wahyu budi
Saya waktu itu ikut hadir di arena diskusi. Yang tertangkap oleh saya, ada 3 kemungkinan penyebab semburan LUSI: 1. Mud Volcano: 2. Geothermal: 3. Underground Blowout: Ke-3 kemungkinan itu mempunyai bukti-bukti pendukungnya, dan tidak ada yang mengklaim yang paling benar. Bapak Rudi Rubiandini,

Re: [iagi-net-l] Komentar lain ttg seminar IAGI ttg Lusi

2006-10-03 Terurut Topik wahyu budi
) praktek pengeboran Lapindo. Kalau gak berhasil .berarti kemungkinan dianggap sebagai bencana alam makin besar. Dengan segala konsekuensi hukum dan ekonomi nya. Embuh lah Lumpur sudah keruh...eeh makin banyak yang memperkeruh Oki wahyu budi [EMAIL PROTECTED

[iagi-net-l] Hotmudflow, terus saja-Re: [iagi-net-l] Media Center Lusi di Setiabudi Bldg

2006-11-09 Terurut Topik wahyu budi
Rovicky, apabila memelihara hotmudflow.wordpress ngak menjadi beban, sebaiknya tetaplah jalan terus, karena masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Salam Wahyu --- Rovicky Dwi Putrohari [EMAIL PROTECTED] wrote: Itulah yang saya cari Pak Syaiful. Kalau ada digital file apalagi dalam

Re: [iagi-net-l] Saya keliru?-website Media Center-Re: [iagi-net-l] Media Center Lusi di Setiabudi Bldg

2006-11-09 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Pada website yang saya tuliskan alamatnya itu, tidak menyebutkan adanya alamat Setiabudi Bld. Jl HR Rasuna Said,Apakah saya keliru? Website tersebut dikelola Yayasan Air Putih, beralamat di Nariba Plaza jl. mampang Raya, Mampang Prapatan. Salam, WBS --- wahyu budi [EMAIL PROTECTED

[iagi-net-l] Kaldera Lumpur Sidoarjo semakin nyata

2006-11-22 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Pagi dini hari ini diberitakan oleh Detik.com bahwa amblesan sedalam 5 meter telah menyebabkab terjadinya ledakan pipa gas Pertamina Porong. Ini menegaskan bahwa pementukan Kaldera Lumpur Sidoarjo semakin nyata secara visual. Ini berarti pula tuntutan pemindahan infrastruktur semakin

[iagi-net-l] LUSI: maaf, tidak ada dana Pemerintah!

2006-11-29 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Meskipun bencana lumpur di Sodiarjo dari hari ke hari makin banyak menimbulkan kerugian, tetapi Pemerintah masih berkeras pada pendiriannya: TIDAK ADA DANA PEMERINTAH UNTUK BENCANA ITU. Pada tahun anggaran 2006 dan 2007 nanti pun Pemerintah memang sengaja tidak mencadangkan dana

[iagi-net-l] Terlalu peka? Re: [iagi-net-l] Klarifikasi Rudi Rubiandini

2006-12-14 Terurut Topik wahyu budi
Sebaiknya kita jangan cepat marah, atau tersinggung. Berikut ini kutipan bagian yang dirasakan menyakitkan. Mari kita simak dengan interpretasi yang lain. Oleh karena itu, bencana alam ataupun tidak sangat ditentukan oleh selesainya relief well. Dan setelah itu baru dievaluasi oleh para

Re: [iagi-net-l] Lagi lagi energi, saatnya bangun

2005-08-18 Terurut Topik wahyu budi
Nampaknya kita terbuai dengan kekayaan. Seingat saya, sejak kecil (SD) kita telah dibuai dengan cerita bahwa Indonesia adalah kaya dengan sumberdaya alam. Akibatnya adalah, meskipun hidup di abad 21, sikap kita masih sebagai pengumpul, seperti dahulu ketika bercocok-tanam belum dikenal. Kita

Re: [iagi-net-l] Sumatera Tsunami Chapter...In Japan

2005-05-23 Terurut Topik wahyu budi
--- Fajar Lubis [EMAIL PROTECTED] wrote: Kebetulan hari ini saya menghadiri `Japan Earth and Planetary Science Joint Meeting 2005` ini seperti PIT-nya IAGI kita, hanya bedanya cakupannya lebih luas yaitu untuk seluruh ahli ilmu kebumian (Geologi, Geofisika, Geodesi, Meteorologi, Oceanografi

Re: [iagi-net-l] TATA RUANG BERBASIS GEOLOGI

2005-06-08 Terurut Topik wahyu budi
Ada dua tanggapan / usul: 1. Di dalam alinea pembuka / pertama perlu ditegaskan pengertian Tata Ruang Berbasis Geologi. Mungkin bisa ditambahkan kalimat berikut: Tata Ruang Bersasis Geologi adalah tata ruang yang dibuat berdasarkan pada data-data geologi ...dst. 2. Sebaiknya diberikan satu

Re: [iagi-net-l] online books

2005-06-09 Terurut Topik wahyu budi
Terima kasih untuk informasinya. Sangat bermanfaat, dan memang butuh kesabaran untuk dapat membacanya. Tapi, lumayan, daripada tidak ada. Salam, WBS --- Paulus Tangke Allo [EMAIL PROTECTED] wrote: buat rekan2 yg ingin baca2 textbookscr online bisa lihat di: http://print.google.com

Re: [iagi-net-l] online books

2005-06-09 Terurut Topik wahyu budi
Dear All, Untuk mendapatkan buku-buku gratis, silahkan masuk ke webnya National Academic Press di bawah ini: http://www.nap.edu/catalog/9812.html Setelah login, saya tidak dapat mundur lagi ke halaman muka yang menunjukkan informasi gratis bagi pembaca dari Indonesia. Jadi, silahkan dicoba

[iagi-net-l] Kita mendapat dua kata baru

2005-06-10 Terurut Topik wahyu budi
Nampaknya kita mendapat dua istilah baru. PERTAAMA. membuyat - oleh RPD diartikan politisasi. Contoh pemakaian: 1. Peristiwa itu telah membuyat. - Artinya: peristiwa itu telah mengalami politisasi. 2. Masalah ini jangan dibuyatkan. - Artinya: masalah ini jangan dipolitisasi. Jadi, kata buyat

[iagi-net-l] Kita mendapat dua kata baru

2005-06-10 Terurut Topik wahyu budi
Nampaknya kita mendapat dua istilah baru. PERTAAMA. membuyat - oleh RPD diartikan politisasi. Contoh pemakaian: 1. Peristiwa itu telah membuyat. - Artinya: peristiwa itu telah mengalami politisasi. 2. Masalah ini jangan dibuyatkan. - Artinya: masalah ini jangan dipolitisasi. Jadi, kata buyat

[iagi-net-l] NPA 1348 Re: Bls: [iagi-net-l] Laporan Penghitungan Suara Pemilu IAGI 2011

2011-10-05 Terurut Topik wahyu budi
Benar, NPA Rovicky 1348 (04-00-715-1348).Nomor itu antara lain tercatat dalam Daftar Iuran Anggota IAGI per 30 April 2003 yang dicantumkan di dalam Berita IAGI edisi no. 09.38/Mei 2003. Salam,Wahyu NPA 2300 --- Pada Kam, 6/10/11, Rovicky Dwi Putrohari rovi...@gmail.com menulis: Dari: Rovicky

Bls: [iagi-net-l] [Fwd: Re: [Anggota] Piramida Garut, Tim Beberkan Temuan]

2012-01-07 Terurut Topik wahyu budi
Apa yang dikatakan sebagai temuan Piramida Garut itu berkaitan dengan fenomena geologi.Oleh karena itu, seyogyanyalah di dalam tim itu ada ahli geologi yang terlibat di dalamnya.Apabila tidak ada ahli geologi di dalam tim itu, maka sangat besar kemungkinannya terjadi kekeliruan interpretasi.

[iagi-net-l] Penerbit IAGI Bls: Re: [iagi-net-l] Re: Maaf, Kecewa: Prosiding PIT IAGI tanpa ISBN

2012-10-04 Terurut Topik wahyu budi
Kalau bpk noor syarifudin pernah mengurus ISBN d perpustakaan nasional, maka IAGI telah tercatat sbg penerbit. Sbg tanda anggota tentu oleh pihak perpus nas kepada IAGI diberikartu anggota. Gunanya kartu itu adalah untuk mengurus isbn buku lain yg diterbitkan oleh IAGI. Dgn kartu itu pula

[iagi-net-l] Penerbit IAGI Bls: Re: [iagi-net-l] Re: Maaf, Kecewa: Prosiding PIT IAGI tanpa ISBN

2012-10-04 Terurut Topik wahyu budi
Kalau bpk noor syarifudin pernah mengurus ISBN d perpustakaan nasional, maka IAGI telah tercatat sbg penerbit. Sbg tanda anggota tentu oleh pihak perpus nas kepada IAGI diberikartu anggota. Gunanya kartu itu adalah untuk mengurus isbn buku lain yg diterbitkan oleh IAGI. Dgn kartu itu pula

Re: [iagi-net] Tes email dari sekretariat

2020-11-11 Terurut Topik wahyu budi - wahyubudisetya...@yahoo.com
ok. Pada Kamis, 12 November 2020 05.30.01 WIB, Abdul Bari menulis: Baik, terimakasih.Salam,AB Pada tanggal Rab, 11 Nov 2020 pukul 10.36 Sekretariat IAGI menulis: tgl 11/11/2020 jam 10:34am Iuran tahunan Rp.250.000,- (profesional) dan Rp.100.000,- (mahasiswa) Pembayaran