On Mon, 5 Apr 2004 07:02:44 -0700 (PDT) noor syarifuddin (NS) wrote:

> sayangnya peribahasa itu eksis cuman di negara kita he  he  he  he
> jadi kita selalu berusaha menyesuaikan diri, di lain pihak mereka
> selalu berkelakuan seperti di negeri mereka......karena mereka gak
> punya peribahasa semacam itu he  he  he  he  ........

Mestinya sih tidak ... masalahnya bukan disitu melainkan keberanian
menegur atau mempertanyakan sesuatu yg nyeleneh dilingkungan mereka
sendiri. Pendatang blm tentu tahu etika yg berlaku shg perlu diberitahu,
jangan pakai adat jawa yg konyol "mbok yo mestine ngerti dewe" mrkkan
bukan paranormal :-)

Saat mereka ada disini dan melakukan yg tidak sesuai dg budaya disini
lalu kita menegur (dg baik-2x) mereka tentu mau mengerti.

Mereka sangat sensitive soal privasi, shg kita perlu "membungkus"
kata-2x kita tentang "privasi" pasti akan lbh mudah dimengerti mereka
karena prinsipnya mereka tidak mau melanggar privasi orang lain spt
halnya mrk tidak mau privasi mereka dilanggar. Saya pernah "marahin"
orang Belanda di telpon sampai lbh dari 1 jam krn tindakannya yg tdk
berkenan dihati saya, dan dia accepted akhirnya malah berteman baik.

--
syafril
-------