> MJ:
> adat apa yang anda maksud? adat jaman purbakala? saya memang tidak
> tertarik mempelajari adat/budaya jaman sudah lalu. saya leibh
> tertarik sama masa kini atau yang akan datang.
> saya lebih suka ke Paris kalo mau lihat mode daripada bongkar
> kuburan ngorek2 tengkorak untuk diliat model bajunya untuk ditiru.
> hehehe.... niru kok dari kuburan... ngeri banget,

Bu Martha,

Ini adalah Forum Sejarah Dan Budaya Tionghua, tentu saja hal-hal dari
jaman dulu sangat relevan dibahas. Jadi kalau tidak tertarik dengan
hal-hal itu saya kira ini sedikit tidak sesuai dengan semangat yang
diusung forum ini. Memang budaya jaman dulu itu sudah ketinggalan
jaman, namanya juga jaman dulu. Akan tetapi, dari budaya jaman dulu
itu kita bisa mengembangkan budaya yang baru yang lebih baik dengan
tidak serta-merta mencap semua yang kuno itu tidak baik.

Bu Martha mungkin mengusung semangat feminimisme modern. Untuk bu
Martha ketahui, wanita-wanita Tionghua jaman dulu memiliki peranan
yang tidak kalah pentingnya dari pria. Contohnya sudah saya posting
dalam 2 artikel mengenai wanita tionghua Qin Liangyu dan Liang Hongyu.
Keduanya adalah tokoh sejarah yang nyata adanya, bukan mitos. Sejarah
tionghua juga mencatat bangkit dan runtuhnya pemerintahan juga tidak
lepas dari peranan penting wanita, seperti di jaman Shang dan Zhou, di
jaman Han, di jaman San Guo, di jaman Tang dan seterusnya.

Jangan lupa pula posisi wanita yang direndahkan adalah pola umum yang
terjadi di bumi ini pada masa lalu bahkan jaman sekarang dan yang
paling penting, pola itu tidak hanya berlaku eksklusif dalam budaya
tionghua. Kalau di budaya tionghua ada yang namanya pengikatan kaki,
di budaya barat juga ada yang namanya pemakaian korset yang juga menyiksa.

Jadi marilah menempatkan diri secara objektif dalam menilai sejarah
dan budaya, jangan memakai kacamata yang sempit.

Hormat saya,

Yongde