From: Hilfan Khairy [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, May 14, 2007 12:22 AM
To: fogri@iagi.or.id
Subject: [fogri] Tanya masalah inversi

Dear all,

Keterbatasan akal saya menemukan permasalahan inversi seperti di bawah, mohon
pencerahan dari rekan-rekan:

1. Dalam mendapatkan estimasi parameter model melalui iteratif seperti CG,
perlu diturunkan matrik Kernel untuk menghitung besarnya langkah alpha.
Bagaimana mendapatkan matrik ini apabila persamaan yang akan di inversi bukan
linear dan bukan penjumlahan ? apakah bisa didekati dengan matrik Jacobi?.
Dengan kata lain sangat susah untuk menjabarkan persamaan dalam bentuk matrik
d = G.m

Contoh persamaan : R =  ((Km-Kd)/Km)^2*(1/((Vp^2-Vs^2) -Kd)) dan ingin
diestimasi Kd, Vp dan Vs.

2. Untuk memecahkan inversi melalui iteratif perlu diketahui matrik kernel A.
Apabila saya melakukan linerasisasi dahulu melalui penguraian deret Taylor
lantas persolan berubah menjadi memecahkan harga delta model (delta m) dengan
matrik Kernel berubah menjadi matrik Jacobi. Bolehkah setelah itu saya
gunakan CG untuk memecahkan persoalan inversi?

3. Adakah cara lain untuk memecahkan inversi non-linear selain linearisasi
melalui deret Taylor?

Terima kasih bantuannya.

Hilfan Khairy

It's here! Your new message!
Get new email alerts
<http://us.rd.yahoo.com/evt=49938/*http:/tools.search.yahoo.com/toolbar/featu
res/mail/>  with the free Yahoo! Toolbar.

Kirim email ke