Sebenarnya pak, dinegara manapun, ada peraturan yang mengharuskan kendaraan
yang masih dipakai dijalanan itu harus dalam keadaan sempurna, ataupun
onderdil-onderdilnya berfungsi dengan baik. Soalnya itu bukan untuk keuntungan
bagi kendaraan lain-nya, namun bagi keselamatan diri kita sendiri.
Jadi setiap minggu jika bapak ada waktu, sempatkanlah mengecek fungsi-fungsi
dari alat-alat kendaraan anda, dari lampu rem, lampu mundur, sampai klakson dan
rem-nya, semua bekerja dengan baik atau tidak. Jadi keselamatan anda dijalan
terjamin.

Di negara tetangga saja, setiap tahun kita harus menjalankan test kendaraan
ataupun yang dinamakan MOT, jika ada fungsi kendaraan yang gagal, maka bengkel
tersebut akan mengatakan bahwa perbaiki dahulu, misalnya, lampu mundur anda,
maka MOT akan lulus, ataupun fungsi kendaraan lainnya yang tidak berjalan
dengan baik. Badan yang ditunjuk untuk mengecek MOT tidaklah bengkel yang
KORUP. Jadi kita tidak perlu takut bahwa kita akan dibohongi. Namun jika itu di
Indonesia, saya percaya akan ada "permainan uang" atau "setan korupsi".

IMHO, jaga fungsi-fungsi kendaraan anda dengan baik, maka anda akan selalu
selamat diperjalanan. Jika lampu rem atau lampu mundur, mobil saya mati, maka
dengan segera saya menggantinya.
Dan janganlah mengganti warna lampu mundur ataupun lampu rem anda dengan
warna-warna yang sudah distandard-kan oleh International, yaitu merah dan
putih. Karena di Indonesia ada yang menggantinya dengan warna biru dan kuning.
Teman saya yang orang asing mengatakan, di Indonesia ini maka dikatakan,
"BERSAMA KITA BISA", karena kesalahan apapun yang dibuat, tidak ada sangsinya.
Soalnya jika warna lampu rem kita berbeda, di Inggris, misalnya, kita akan
ditangkap polisi. Karena sudah menyalahi peraturan.

Selamat menjalankan tugas dan hati-hati dijalan,
Yuli