Ass. wr. wb.

Terima kasih yang tidak terhingga buat Pak Bambang, Pak Budisan, Pak Joyo,
Pak Banyu Biru dan rekan2 milis semua atas tanggapan mengenai permasalahan
sewa gedung dan bangunan tersebut, mungkin saya bisa ambil kesimpulan
mudah2an benar, bahwa secara akuntansi (jika kita mengacu ke akuntansi
komersiil) pembayaran sewa dimuka itu adalah masalah yang biasa dan sering
terjadi, namun dalam sistem keuangan negara hal tersebut belum bisa
dilaksanakan karena SAP, PSAP, maupun Buletin Teknis  belum mengatur.

Namun dari wacana diatas, kedepan rekan2 di APK bisa point permasalahan ini
dengan tidak mengurangi prisip-prinsip di dalam pengelolaan keuangan negara
(perbendaharaan) dan ketentuan2 yang berlaku selama ini.

Terima kasih sekali lagi atas respon dan tanggapannya, semoga milis ini bisa
menjadi sarana tukar pikiran dan wacana pendapat yang saling mambangun.
Khusus kepada Pak Bambang, saya sampaikan salam hormat atas pemikiran Bapak
yang gtidak surut mesti sudah memasuki masa purna tugas.

Salam.
Irvan