Saya tidak tahu maksud anda saya skeptis tentang ormas, kata mana yg anda
maksudkan? Saya tidak menyangkal ada beberapa persamaan pandangan dgn Chan
terutama berkaitan dgn integrasi vs. asimilasi, baperki, tionghoa vs. cina.
Sepanjang yg saya tahu sampai sekarangpun tokoh2 Papua Merdeka tidak bisa masuk
ke US, tidak tahu nantinya, saya harapkan dimasa mendatang bisa masuk sehingga
masyarakat US bisa melihat dari berbagai perspektif dan dukungan bukan hanya
beberapa senat dan house.
Tulah hanyalah sekedar istilah yg saya pakai, pada kenyataannya Komando Mandala
melakukan genocide pada waktu Trikora, sama sekali bukan sikap pembebasan yg
memandang masyarakat Papua sebagai saudara tetapi sikap imperialis merampas
menguasai dan bantai habis musuh. Indonesia berhasil merampas Irian Barat
terutama karena bantuan logistik dari US berupa peralatan tempur pesawat
pengebom kapal selam KRI Irian itu juga didapat dari US. Dus Indonesia memang
berhasil mengusir penjajah Belanda dan memulai penjajahan model baru.
Berkaitan dgn "tulah" sebagai panglima Komando Mandala Soeharto berhasil
menanamkan pengaruh dan membangun pengikut2 dikalangan TNI dan juga menjalin
hubungan baik dgn US, pengalaman melakukan genocide di Papua itulah yg kemudian
dipraktekan kembali dalam membasmi G30S-PKI dengan kuku2 yg mencengkeram TNI
dan support US sang jendral Soeharto berhasil menyingkirkan bung Karno.

    On Wednesday, April 4, 2018, 9:53:28 AM PDT, Tatiana Lukman