Lanjutan nimbrung.

Ada perbedaan yang mendasar dalam memandang masalah spt dlm kalimat
bung Jonathan: "yg saya lihat dari berbagai sudut seperti etnisitas,
bahasa, budaya, dlsb orang2 Papua tidak sama dgn Indonesia."(e-mail
Jonath.: 2 Apr 2018 20:48:26 +0000 (UTC)

Pertanyaannya: Etnisitas, bahasa, budaya Indonesia itu bagaimana
wujudnya kalau mengikuti pendapat bung itu?

Saya kira bung sudah tahu kalau Indonesia terbentuk bukan dengan alasan
etnis. Oleh karena itu apa bung tidak mau membenarkan kenyataan bahwa
Nasion Indonesia ini terdiri dari berbagai macam suku-suku bangsa
maupun etnis yang berbeda-beda, namun satu jua - Bhineka Tunggal Ika?

Perkembangan sejarah kelahiran Amerika Serikat dan Indonesia sangat
berbeda dan boleh dikatangan bertentangan. Amerika Serikat didirikan
dengan penghancuran etnis-etnis yang bermukim diwilayah kelahirannya.

Negara Amerika Serikat dibentuk oleh kaum agresor, kaum penakluk yang
mewakili klas-klas penguasa asal Eropa melalui perang pemusnahan secara
kejam dan brutal tanpa peri kemanusiaan terhadap penghuni setempat yang
terdiri dari berbagai etnis terutama suku bangsa Indian yang bermukim di
wilayah-wilayah di benua Amerika Tengah. Makin membesarnya kebrutalan
perang agresi inilah yang nantinya membentuk luas geografi Amerika
Serikat dan karakter penguasa negaranya. Sampai sekarang proses yang
membentuk karakter kekuasaan imperialisme di Amerika Serikat ini belum
juga selesai hingga masih selalu terjadi kekejaman dalam bentuk
ras-diskriminasi dan semangat menduduki wilayah mana saja di seluruh
dunia ini untuk memenuhi kepentingan perekonomian klas-klas penguasa
mereka. Juga sampai di Irian-Barat, a.l. dalam bentuk penghisapan Firma
Freeport.

Sebaliknya wilayah geografi Indonesia terbentuk sebagai hasil
kebersamaan nasib dan solidaritet antara berbagai etnis yang bermukim
di wilayah Hindia-Belanda dalam proses perlawanan mereka melawan
penindasan kolonialisme Belanda. Sampai sekarang proses penyatuannya
yang dalam sejarahnya pernah mencapai puncak keberhasilannya pada 28
Oktober 1928 dan Proklamasi 17 Agustu 1945 juga belum selesai, apalagi
sempurna.

Kalau mau mengupas sejarah, katakanlah juga sejarah kelahiran masyarakat
di Indonesia tidak bisa lain orang mesti mengupas sejarah perjuangan
klas dalam berbagai macam periode sejarah dan bentuknya.

Semua masyarakat berklas, awalnya juga merupakan masyarakat tanpa klas
yang lazimnya disebut orang sebagai masyarakat ur-komunisme, juga
termasuk yang bermukim di Indonesia sekarang. Sebelum Belanda melakukan
penjajahan, di wilayah Nusantara itu sudah ada negara sebagai lembaga
kekuasaan; sebagian besar dalam bentuk kekuasaan negara-negara kerajaan
- sistim masyarakatnya terutama feodalisme, belum kapitalistis karena
kaum borjuasinya masih belum lahir.

Belanda, melalui VOC yang di Jawa dinamai orang kumpeni, mulai
melancarkan perang kolonial terhadap kekuasaan kerajaan yang tidak mau
memenuhi kepentingan ekonomi kolonialismenya, kemudian ditundukkan atau
melakukan perang penaklukan dan setelah terjadi kolaborasi antara
penguasa feodal atas wilayah kerajaan, lalu melakukan sistim ekonomi
kapitalisme sebagai pelaksana pengembangan masyarakat kapitalismenya di
Eropa ke tingkat imperialisme dunia. Jadi bukan karena membuat
sertifikat seperti argumentasi sepélé bung itu.

Kalau bung mau memperdalam ilmu sejarah perjuangan rakyat melawan
imperialisme, itu akan menyadarkan seseorang betapa pengorbanan yang
sudah mereka relakan termasuk menjadi faktor sangat penting dalam
perkembangan sejarah kebangkitan nasion baru seperti yang terjadi di
Indonesia. Bung menyebut Bung Karno dalam hubungan dng masalah etnis.
Apa bung tidak tahu, bahwa untuk melaksanakan pembangunan nasion
building ini Bung Karno mengambil sikap teguh dan sangat kokoh:
mempertahankan prinsip hidupnya sebagai penyambung lidah rakyat sampai
titik darah penghabisan. Menolak keinginan kacung imperialis Suharto
untuk bertekuk lutut pada tuntutan imperialis! Bung tidak sampai kesitu
mengartikan sejarah perkembangan Nasion Indonesia?

Kembali ke soal argumentasi bung ttg sertifikat yang itu kalau dlm
sistim admininstrasi negara setara dengan akta-kelahiran saja. Yang
memperkenalkan dan membuat sistim sertifikasi tanah adalah penguasa
kolonial Belanda. Itu dimulai dengan legitimasi berdirinya berbagai
macam plantase, pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan,
berbagai macam instansi yang mengurus kepentingan penjajahan di segala
bidang kegiatan masyarakat dulu dsb. Yang semacam ini sekarang
dipraktekkan oleh kaum neo-liberalisme dengan istilah land-grabing
terutama di Afrika.

Sedangkan penguasa Indonesia sekarang ini sekedar melanjutkan sistim
dan semangat kolonial Belanda untuk memnperlancar pengabdiannya pada
kaum investor saja. Karena itu pertanyaan yang patut diajukan lebih
dulu kalau ada orang menggunakan istilah tanah negara, harus juga
jelas; itu tanah hasil pengkaplingan yang diciptakan oleh kekuasaan
kolonial Belanda atau tanah garapan yang dihasilkan sepenuhnya oleh
tenaga kerja kaum tani atau buruh-tani di wilayah geografi Indonesia
dalam rangka memenuhi kepentingan dan kebutuhan rakyat Indonesia
setelah Negara Republik Indonesia diproklamasikan.

Salam
Lusi.-

          • Re: [GE... Tatiana Lukman jetaimemuc...@yahoo.com [GELORA45]
          • Re: [GE... 'Lusi D.' lus...@rantar.de [GELORA45]