From: Istadi, Bambang P [EMAIL PROTECTED]
Date: Fri, 27 Dec 2002 11:20:16 -0600
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [iagi-net-l] Indonesia struggling to find new oil.

Cak Yayang, terima kasih input dan komentarnya.  Yang saya maksud "masih
kabur" sebenarnya perbandingan dengan negara2 dunia ketiga produsen minyak
lainnya, peran yang diberikan pemerintah Indonesia untuk kita
berpartisipasi aktif masih setengah hati. Kita bisa lihat negara2 lain
seperti Malaysia, Venezuela, Nigeria, Mexico, Iran maupun Saudi.

Pengembalian daerah KPS yang kontraknya sudah mature semacam CPP saja
merupakan preseden, prosesnya berkepanjangan dan gontok2an sendiri, dan
sempat diperpajang sebelum keputusan akhirnya diambil.  Selain CPP, mana
lagi yang tidak diperpanjang ??  Apakah tidak mungkin lapangan2 yang sudah
berproduksi semacam ini dikelola oleh bangsa sendiri ?  Kalau industri
migas dianggap high risk, bukankan lapangan2 ini sudah menjadi low risk ?

Memang ada beberapa TAC yang diberikan pada para "pemain" nasional, tapi
bukankan ini malah high risk, karena dari sisi ke-ekonomian sangat marginal
? malah diperlukan secondary dan tertiary recovery yang high cost, karena
lapangan2 tersebut sudah tinggal ampas2 nya saja, ... dan yang manis2 sudah
disedot habis,... he he he

Dari sisi lain, seberapa besar reinvestasi pendapatan migas kita ? berapa
besar alokasi APBN untuk industri migas/Pertamina ? bukankah selama ini
hanya jadi sapi perahnya pemerintah/penguasa dan partai politik ? sapinya
perlu makan juga khan.  Seberapa banyak basin2 yang belum berproduksi tadi
punya seismic data ? bukankan basin2 tersebut milik kita cq. Pertamina ?
Berapa banyak rekan2 IAGI yang melakukan regional reconnaissance, seismic
survey, surface geochemistry, analisa citra Landsat, gravity dll pada
basin2 belum berproduksi tersebut demi, untuk, atas nama dan dibiayai oleh
pemerintah ?  Saya yakin rekan Awang dan rekan2 IAGI lainnya punya konsep2
untuk menjawab tantangan2 masa depan dari basin2 belum berproduksi
tersebut, kalau saja peran dan empowerment tersebut diberikan.

Cak Noor, aku salut sama Exspan.  Data produksi minyak yang saya punya dan
ngga upto date, menunjukan mereka diposisi 4 setelah Caltex, Maxus dan TFE.
Masih diatas BP, Unocal, Vico maupun Conoco dan Pertamina, padahal ngga
punya expat (ini setahu saya, dan kakeknya Aris dan Shinta sudah pindah ke
KL).  Nah, siapa yang akan nyusul jadi Exspan2 lainnya ? Saya yakin mas
Djoko atau Cak Noor sanggup mengelola daerah ex-Vico atau ex-Total
umpamanya.

Perhitungan ekonomi rekan saya menunjukkan berusaha migas di Indonesia
NPV-nya kecil sekali !!  Namun bisa jadi sangat menguntungkan karena cost
recovery. Ada beberapa faktor yang menyebabkan nilai NPV ini kecil, namun
bisa berbalik sangat besar jika beberapa faktor terpenuhi.  Nah kalau sudah
begini siapa yang jadi sapi perahnya siapa,...
Yang jelas saya dukung himbauan pak Ketum "Sudah saatnya kita jadi majikan.
(Paling tidak: bermental majikan)"

wass.w.w.

Bambang Istadi
ConocoPhillips Inc.