> Ikutan nanya Pak Nur, apakah perubahan proximate
> analysis & vitrinite
> reflectance seperti yang dimaksud dalam papaer tsb
> signifikan,
> maksudnya andaikan max vitrnite ref. -nya rata2 0.50
> (sub-bituminous)

Studi tsb. kebetulan dilakukan untuk mengetahui efek
thrust fault pada peringkat batubara secara vertikal
pada single seam. Saya lihat memang ada kenaikan
reflektansi vitrinit rata2 dari sekitar 0.9 menjadi
1.05 dan ini berbanding lurus dengan apa yang disebut
sebagai index deformasi yang diukur secara fisik pada
sampel (ply).

Tentang Hilt`s law yang menyebutkan bahwa rank
batubara akan meningkat (volatile matter menurun)
seiring dengan penambahan kedalaman, barangkali masih
relevan untuk kondisi geologi yang normal. Tapi untuk
kondisi batubara yang kena thrust fault justru bisa
menunjukkan gejala yang sebaliknya.

Baik, saya akan segera kirimkan 2 artikel tsb. ke
beberapa rekan yang berminat.

Salam,

Nur H.

Food fight? Enjoy some healthy debate