2010/3/9 Nataniel Mangiwa <nataniel.mang...@gmail.com>:
> Pak Nyoto..terimakasih untuk pencerahannya. Ternyata 14ft interval mulai
> dari 9284, 9285, 9286, 9287, 9288, 9289, 9290, 9291, 9292, 9293, 9294, 9295,
> 9296 dan 9297ft itu batuannya hanya 'imajinatif' toh. Ngapain ngeributin itu
> Kujung atau bukan Kujung..lalu yakin itu masih VS..ternyata semua keyakinan
> tsb hanya bermodalkan imajinasi..bukan data yah. Atau mungkin kalau sudah
> 'senior/experienced banget' boleh yah yakin terhadap imajinasi? Menurut
> saya, tidak ada 1 manusia pun yang tahu formasi di TD apa jika tidak ada
> cutting/logging.

Gimana dapet cutting ? kalau ada cuttingnya saya malah curiga itu
cutting palsu !
Lah sesuai cerita Pak Bambang Istadi yang mendapati adanya gejala loss
pada saat drilling. Jadi cutting terakhir ya bablas wes-ewes masuk ke
formasi ikut-ikutan dengan lumpur pemborannya. Kalau toh ada sisanya
pasti sudah ga akurat lagi sumbernya.
Davies mengatakan Kick sedangnya Pak BI mengatakan loss. Konon menurut
drilling engineer, setiap loss sering diikuti gain. Dan kalau gain ini
tidak terkontrol menyebabkan kick (semburan balik).

Nah perlu diselidiki apakah sumur mengalami kick atau tidak.
Btw, apa sih definisi "well kick" ?

rdp

ketua umum: LAMBOK HUTASOIT, lam...@gc.itb.ac.id
sekjen: MOHAMMAD SYAIFUL, mohammadsyai...@gmail.com
* 2 sekretariat (Jkt & Bdg), 5 departemen, banyak biro...