ada kemungkinan begitu. kompas juga menyatakan yg mengalahkan raja Darmawangsa,
mertua Airlangga adalah Sriwijaya atau raja bawahan Sriwijaya. jadi kekuasaan
Sriwijaya pada abad itu mungkin sudah sampai Jabar/Jateng.

________________________________
 From: Muhammad Razi <mufar...@gmail.com>
To: iagi-net@iagi.or.id
Sent: Sunday, 19 February 2012 1:54 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Kerajaan Sunda - [was: GUNUNG PADANG... Angle of
Repose]

Jadi kerajaan Sunda ini punah setelah munculnya Sriwijaya di abad ke-7 ya?
pasalnya Sriwijaya membangun borobudur di Jawa tengah, tidak di ibu kota
kerajaan (Sumatera), tentunya kerajaan di Jawa barat dan tengah di abad ke -7
semua tunduk ke Sriwijaya

salam
Razi

2012/2/19 R.P.Koesoemadinata <koeso...@melsa.net.id>

>Maaf, saya baru meresponse sekarang. Saya
sebetulnya kurang begitu faham mengenai sejarah Sunda, karena situs-situs yang
diketahui kurang spektakuler seperti di Jawa Tengah dan Jawa Timur, kecuali
Megalith di G. Padang.
>Tetapi penemuan penting dan sangat significant
adalah Candi Batujaya di daerah Krawang, yang merupakan suatu kompleks
percandian dekat sungai Citarum. Candi-candi ini bukan saja merupakan tempat
ibadah Buddha, tetapi juga meliputi pemukiman.
>Suatu thesis doktor mengenai Candi Batujaya ini
dipublikasikan tahun 2010 oleh Penerbit Kiblat Buku Utama di Bandung
bersama Pusat Penelitian Arkeologi Nasiona, Ecole Francaise d'extreme Orient,
 dan dapat dibeli di Gramedia. Thesis doktor dari Dr. Hasan Djafar ini
dipertahankan di UI tahun 2007.
>Candi ini dibangun dengan batubata (bukan batu
andesit seperti Borobudur), dan juga merupakan candi Buddha. Bata terbuat dari
tanah liat dengan camburan jerami, sehingga radiometric dating dapat dilakukan,
yang menghasilkan umur sekitar 500 tahun (abad ke-6) sesudah Masehi, jadi jauh
sebelum Borobudur dsb. Artefact yang banayk diketemukan sangat sesuai dengan
artefact yang diketemukan di bukit Kordon Dago-Pakar, kecuali di
Batujaya tidak diketemukan artefak obsidian (kalau adapun sangat-sangat
jarang). Ini menunjukkan bahwa mungkin sudah ada komunikasi lewat sungai
Citarum
dengan budaya yang terdapat di Cekungan Bandung.
>Complex Candi ini sedang direstorasikan oleh Pusat
Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional (Dinas Purbakala?), dan paling
tidak 2 sudah selesai.
>Yang menarik adalah bahwa candi ini menunjukkan
bahwa peradaban di Jawa Barat telah mendahului yang berada di Jawa
Tengah/Timur,
serta juga menunjukkan bahwa agama Buddha telah mendahului agama Hindu sampai
di
Jawa.
>Jadi Candi Batujaya itu dibangun semasa Kerajaan
Tarumanagara yang dimulai abad ke-6 dan dan berlanjut sampai ke Abad ke 10
waktumana Tarumanagara di serang oleh Kerajaan Sriwijaya.
>Dengan demikian Kerajaan Sunda seperti yang di
Pajajaran dan yang di Galuh, itu adalah tergolong 'recent', bahkan
Pajajaran masih ada mejelang datangnya orang Portugis, sedangkan yang berperang
dengan Majapahit di medan 'bubat' adalah kerajaan Galuh. Buku sejaran tentang
Sunda yang sekarang ini kebanyakan mengenai yang masih 'recent' ini.
Candi-candi
di Jawa Barat seperti di Cangkuang (Garut) dan yang dekat Bandung belum jelas
hubungannnya.RPK

  belum jadi pengetahuan di kepalaku, apalagi faham.
  bantu?

    merdeka.
    Majalengka dan atau wilwatikta).

Kirim email ke