> rating

Rating rider tidak terlalu pengaruh kok, jarang driver yang takut melihat
rating penumpang yang rendah.

Lagipula dari pengalaman saya, driver memberi rating dengan
subjektivitasnya masing-masing yang kebanyakan berdasarkan tips. Rating
(rider) saya jelek karena selalu pakai cc nyaris nggak pernah keluarin duit
untuk tips. Palingan kalau ke mall aja pas turun saya kasih cash untuk
bayar parkir 5-10 ribu (cuma dikit kan sisanya :D)

Selain masalah tips, ngga 1-2x saya lihat driver ngasih saya bintang 1-3
karena sepertinya mereka nggak ngerti. Sepanjang perjalanan padahal
ngobrol-ngobrol bahagia, pas nyampe dia end trip trus kasih bintang 1 -_-

> cancellation fee

Sepengetahuan saya cancel tidak pengaruh ke rating rider (driver cuma bisa
ngasih rating untuk trip yang benar-benar dilakukan, kalau dicancel tidak
bisa kasih rating). Kalaupun pengaruh, dari pengalaman saya tidak masalah
rating (rider) jelek, tetep dapet driver kok.

Lalu seperti disebut di atas, fee cuma dibebankan kalau kita meng-cancel
lebih dari 5 menit. Inipun di sebagian besar kasus masih tetap bisa minta
direfund, klik-klik aja di menu-nya, terutama kalau alasan kita kuat,
"driver did not move for more than 5 minutes", "driver headed to the wrong
directions", etc.

> sedikit saran

Kalau manggil Uber coba diusahakan titik penjemputannya 100% akurat.
Sebetulnya (IMHO) Uber paling bagus aplikasi dan SOP nya, tidak perlu
telpon2an, kecuali kalau misalnya penjemputan di gedung dengan banyak lobby
dan susah dapat GPS lock.

Untuk driver juga sebetulnya cukup samperin ke titik penjemputan lalu
tunggu 5 menit, kalau penumpang tidak naik mereka bisa men-cancel (ya,
mereka yang meng-cancel) dan tetap dapat cancellation fee.