> [...]
> thread, dan bukan native thread (planning di ruby 2). Cari di
> wikipedia untuk penjelasan beda antara keduanya. Hal ini membuat
> aplikasi GUI (desktop) dengan background thread tidak mungkin
> diimplementasikan di ruby, dan beberapa kasus lainnya yg membutuhkan
> implementasi thread yg 'sesungguhnya'.
>
> 2. VM. Setahu saya ruby masih fully interpreted, beda dengan java ato
> .net yang pake vm. Pengaruhnya adalah program ruby 'cenderung' lebih
> lambat. Tapi dengan kemampuan komputer jaman sekarang, sebenarnya hal
> ini tidak begitu terasa, kecuali jika load-nya memang besar sekali.

Untuk #1 dan #2,  akan terjawab saat Rubinius sudah siap menggantikan Ruby
MRI. http://www.infoq.com/news/2007/09/rubinius-roundup

Saya sempat liat-liat Rubinius ini. Nggak kalah dengan .NET CLR dan JVM.
Malah, di sisi GC-nya bisa lebih baik.

1-2 tahun kedepan, saya ainul yakin, Rubinius + Mongrels + Rails bisa
dibilang J2EE stack killer. Dalam arti se-killer-killernya :)

3. Spek. c# ada ECMA, java ada JLS dan JDK API, C/C++ ada ANSI. ruby
> ?? saat ini spesifikasi ruby (syntax, behaviour, dll) adalah
> implementasi ruby yang asli dari matz.

Ada enaknya ada  juga nggak enaknya.
Enaknya memang implementasi Ruby bisa seragam.

Nggak enaknya, ECMA ataupun spesifikasi bisa jadi sarana vendor lock-in.

Ini yang saya suka dari Ruby: nggak ada campur tangan big company (tentu,
beberapa thread di Javalobby melihat ini malah sebagai kelemahan).
Kalau nggak ada campur tangan big company, artinya "spesifikasi" Ruby dapat
dipastikan lahir dari kebutuhan-kebutuhan rill/praktis di lapangan.

Great frameworks are extracted, not invented. Saya percaya pada filosofi
ini.

4. IDE. Saat ini kualitas IDE untuk ruby masih jauh daripada .net,
> apalagi java. Tapi dengan bermunculannya IDE ruby yg dibuat dengan
> java ato .net, mungkin kondisi ini agak berubah, tapi karena ruby
> adalah bahasa yg sangat dinamis, jadi agak sulit untuk bisa
> mendapatkan informasi secara lengkap mengenai struktur sebuah program
> ruby secara statis.

Netbeans 6.0?
Atau lebih baik lagi, IntelliJ IDEA + RubyDev Plugin itu nggak cukup?

Btw, VS.NET itu sucks big time. I have my own reasons :d

Kalo kelebihan ruby...
> ruby is beautiful, and powerfull too :D
>
> be honest, don't deceive people. there is no silverbullet
> tools/language that can fit to every computational problem

Yes.
But nowadays the werewolves is often not the problem itself, merely the
tools itself.
How many countless hours you've spent wrestle with layers after layers,
frameworks after frameworks, XML configs hell, all boilerplate
codes...............  but not the problem itself?

Ruby is not silverbullet. But hell no, I have enough with my werewolves.

~warm regards

--
http://andryshuzain.com