Setuju banget dg pendapat Pak Ossy. Diving sebenernya olahraga fun, yg tentu 
tetap ada risikonya. Wong main bola aja ada risikonya kok. Sebaiknya dan 
seharusnya kalau mau diving harus punya license. Punya license pun harus patuh 
dg limitasinya. Yg licensenya cuma Open Water (versi PADI), cuma bisa sampe 
kedalalaman 18 mtr; kalau sdh punya sertifikat Advanced, boleh sampe 30 mtr.

Saat menyelam juga ngga boleh sok2an mau main dalem2an atau "lomba" dikit2an 
pake udara. Juga ga boleh bandel, ikutin apa kata dive masternya. Kita mau fun, 
lihat ikan2 dan terumbu karang, bukan mau cari rekor atau apa lah.

Pokoknya lebih baik ikut aturan. Jadinya menyelam aman dan menyenangkan.

Memang ada discover scuba yg tanpa license, yg saya tau banyak di Tanjung Benoa 
tuh. Sesuai namanya kan cuma pengenalan aja dan paling2 dibawa sampe 4, 7, atau 
maks 10 mtr lah tergantung seberapa pede dan nyamannya si penyelam tanpa 
license di dlm air; dan seberapa nekatnya si dive master yg mendampingi. Nah, 
kalo udh sekali nyoba, nyaman, ketagihan, ya ambil license lah.

Salam,
Mayawati

Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Dandossi Matram <[email protected]>
Date: Sun, 13 Sep 2009 01:06:07 
To: Susan Hariani<[email protected]>
Cc: wenny_kyuuto<[email protected]>; <[email protected]>
Subject: Re: [indobackpacker] Diving di Tulamben butuh lisence gak ya?

Itu dia karena belum pernah ambil lisence jadi tidak tahu bahaya dan resiko
diving yg fatal dan berbahaya ....

Kalau sudah tahu, dijamin tidak akan berani merekomendasikan diving tanpa
pernah mendapat lisence sebelumnya ... Beruntunglah kalau kita pernah diving
tanpa lisence tapi selamat tanpa akibat pasca diving-nya  ....

Kalau saran saya, jangan pernah tergiur diving tanpa lisence .... jangan
pernah percayakan diri dan hidup serta kesehatan kita dikemudian hari pasca
diving kepada orang lain yg menggampangkan diri kita untuk berani diving
tanpa lisence ... dari pada menyesal dikemudian hari ...

Sekedar contoh:
Kalau kita diving dgn kedalaman dan waktu tertentu, DILARANG terbang naik
pesawat dalam waktu tertentu setelah diving terakhir, dengan resiko
kerusakan saraf dan pembuluh darah kalau kita tetap terbang .....

Ossy





------------------------------------

Indonesian Backpacker Community
visit our website at http://www.indobackpacker.com atau bisa juga di 
http://www.backpacker-indonesia.info/


Silakan membuka arsip milis http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/   
untuk melihat bahasan dan informasi yang anda butuhkan.

No SPAMMING or forwarding unrelated messages.
Silakan beriklan sesuai tema backpacking di hari JUMAT. 

Sebelum membalas email, mohon potong bagian yang tidak perlu dan kutip bagian 
yang perlu saja. 

Milis Indobackpacker menerima ATTACHMENT baik gambar ataupun photo, tetapi 
mohon indahkan tentang hak cipta dan ukuran file. 

Cara mengatur keanggotaan di milis ini :

Mengirim email ke grup : [email protected] (moderasi penuh)
Mengirim email kepada para Moderator/Owner: [email protected]
Satu email perhari: [email protected]
No-email/web only: [email protected]
Berhenti dari milist kirim email kosong : 
[email protected]
Bergabung kembali ke milist kirim email kosong : 
[email protected]

Yahoo! Groups Links

<*> To visit your group on the web, go to:
    http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional

<*> To change settings online go to:
    http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/join
    (Yahoo! ID required)

<*> To change settings via email:
    mailto:[email protected] 
    mailto:[email protected]

<*> To unsubscribe from this group, send an email to:
    [email protected]

<*> Your use of Yahoo! Groups is subject to:
    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Kirim email ke