Setuju banget dg pendapat Pak Ossy. Diving sebenernya olahraga fun, yg tentu tetap ada risikonya. Wong main bola aja ada risikonya kok. Sebaiknya dan seharusnya kalau mau diving harus punya license. Punya license pun harus patuh dg limitasinya. Yg licensenya cuma Open Water (versi PADI), cuma bisa sampe kedalalaman 18 mtr; kalau sdh punya sertifikat Advanced, boleh sampe 30 mtr.
Saat menyelam juga ngga boleh sok2an mau main dalem2an atau "lomba" dikit2an pake udara. Juga ga boleh bandel, ikutin apa kata dive masternya. Kita mau fun, lihat ikan2 dan terumbu karang, bukan mau cari rekor atau apa lah. Pokoknya lebih baik ikut aturan. Jadinya menyelam aman dan menyenangkan. Memang ada discover scuba yg tanpa license, yg saya tau banyak di Tanjung Benoa tuh. Sesuai namanya kan cuma pengenalan aja dan paling2 dibawa sampe 4, 7, atau maks 10 mtr lah tergantung seberapa pede dan nyamannya si penyelam tanpa license di dlm air; dan seberapa nekatnya si dive master yg mendampingi. Nah, kalo udh sekali nyoba, nyaman, ketagihan, ya ambil license lah. Salam, Mayawati Sent from my BlackBerry� powered by Sinyal Kuat INDOSAT -----Original Message----- From: Dandossi Matram <[email protected]> Date: Sun, 13 Sep 2009 01:06:07 To: Susan Hariani<[email protected]> Cc: wenny_kyuuto<[email protected]>; <[email protected]> Subject: Re: [indobackpacker] Diving di Tulamben butuh lisence gak ya? Itu dia karena belum pernah ambil lisence jadi tidak tahu bahaya dan resiko diving yg fatal dan berbahaya .... Kalau sudah tahu, dijamin tidak akan berani merekomendasikan diving tanpa pernah mendapat lisence sebelumnya ... Beruntunglah kalau kita pernah diving tanpa lisence tapi selamat tanpa akibat pasca diving-nya .... Kalau saran saya, jangan pernah tergiur diving tanpa lisence .... jangan pernah percayakan diri dan hidup serta kesehatan kita dikemudian hari pasca diving kepada orang lain yg menggampangkan diri kita untuk berani diving tanpa lisence ... dari pada menyesal dikemudian hari ... Sekedar contoh: Kalau kita diving dgn kedalaman dan waktu tertentu, DILARANG terbang naik pesawat dalam waktu tertentu setelah diving terakhir, dengan resiko kerusakan saraf dan pembuluh darah kalau kita tetap terbang ..... Ossy ------------------------------------ Indonesian Backpacker Community visit our website at http://www.indobackpacker.com atau bisa juga di http://www.backpacker-indonesia.info/ Silakan membuka arsip milis http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/ untuk melihat bahasan dan informasi yang anda butuhkan. No SPAMMING or forwarding unrelated messages. Silakan beriklan sesuai tema backpacking di hari JUMAT. Sebelum membalas email, mohon potong bagian yang tidak perlu dan kutip bagian yang perlu saja. Milis Indobackpacker menerima ATTACHMENT baik gambar ataupun photo, tetapi mohon indahkan tentang hak cipta dan ukuran file. Cara mengatur keanggotaan di milis ini : Mengirim email ke grup : [email protected] (moderasi penuh) Mengirim email kepada para Moderator/Owner: [email protected] Satu email perhari: [email protected] No-email/web only: [email protected] Berhenti dari milist kirim email kosong : [email protected] Bergabung kembali ke milist kirim email kosong : [email protected] Yahoo! Groups Links <*> To visit your group on the web, go to: http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/ <*> Your email settings: Individual Email | Traditional <*> To change settings online go to: http://groups.yahoo.com/group/indobackpacker/join (Yahoo! ID required) <*> To change settings via email: mailto:[email protected] mailto:[email protected] <*> To unsubscribe from this group, send an email to: [email protected] <*> Your use of Yahoo! Groups is subject to: http://docs.yahoo.com/info/terms/
