Dear pak Ossy, mbak Susan, Mbak Karina, Mbak Maya & Mas Adolf..

thx atas masukannya.
hehehe.. pemula soalny. :D

@ Mbak Karina, Discovery scuba sihh..
instrukturnya jg bilang mending di nusa dua aj kl blm ada license..

Cheers,

Wenny

--- In [email protected], "R A I" <rober...@...> wrote:
>
> Dear all...
> 
> Setahu saya ada program yang bisa berikan kesempatna diving tanpa licence. 
> Legal dan sah. Namanya Discovery Scuba....Barangkali pernah dengar. Biasanya 
> dive operator di Bali punya layanan seperti itu... Cuma harganya lumayan 
> mahal...Sekali turun bisa sekitar 500 rb all in. Walau demikian tetap ada 
> prosedur....Misalnya sebelum turun di berikan pengarahan singkat mengenai 
> prosedur dive yang aman 'n comfort. Lalu ada ketentuan misalnya selama 
> penyelamanan harus di dampingi minimal level Dive Master yang sudah 
> pengalaman dan punya kualifikasi. tidak boleh lebih dari 10 meter dan 
> maksimal 30 menit. Tergantung kondisi yang mau discovery...Meski sudah ada 
> breafing singkat saat turun ybs panik atau tidak enjoy, demi savety maka 
> penyelaman tidak bisa diteruskan dan harus dihentikan. Spotnya pun tidak bisa 
> sembarangan. Pilihan spot biasanya memang diperuntukan untuk yang sedang 
> belajar atau pemula....
> 
> Yang tidak di-ijin-kan dan sangat berbahaya kalau belum pernah nyelam, lalu 
> nekad nyelam un-prosedur, serta tidak di dampingi "dive master" yang 
> kaulified. Pun hanya di dampingi oleh seorang diver yang sertifikat-nya belum 
> Dive Master, sudah dianggap un-prosedur. Kalau penyelaman un-prosedur namun 
> tetap di lakukan...ya silahkan saja terima risiko. Bukan men-dramatisir 
> ya...risiko menyangkut nyawa lho....
> 
> Idealnya penyelaman tanpa licence jangan dilakukan di laut tapi di kolam 
> dulu...Di Jakarta banyak dive operator yang memberikan kesempatan discovery 
> di kolam... Sudah pasti ada biayanya. Meskipun discovery hanya di kolam tidak 
> boleh dianggap remeh. Tetap harus ada breafing, pengarahan, dan di dampingi 
> oleh yang Dive Master Legal. Maksud-nya legal, DM tersebut punya sertifikat 
> yang dikeluarkan lembaga/organisasi yang kualified seperti PADI, NAUI, 
> POSSI/CMAS, SSI dan lain-lain. Calon penyelamn bisa dan punya hak menanyakan 
> sertifikat yang akan mendampingi penyelam sebelum discovery. Kalau ragu 
> dengan sertifikasi DM tersebut, lebih baik jangan ambil risiko. Batalkan 
> penyelaman atau cari DM lain yang lebih kualified....
> 
> Di Jakarta, harga untuk program discovery atau penyelaman tanpa licence di 
> kolam, variatif...Ada yang 250 rb, 100 rb, atau free kalau ybs rencana ingin 
> terus ambil licence... 
> 
> Itu sedikit tambahan yang semoga bisa memberikan pencerahan.....
> 
> Salam
> Adolf
> 
>  
>   ----- Original Message ----- 
>   From: Susan Hariani 
>   To: Dandossi Matram 
>   Cc: wenny_kyuuto ; [email protected] 
>   Sent: Sunday, September 13, 2009 9:31 PM
>   Subject: RE: [indobackpacker] Diving di Tulamben butuh lisence gak ya?
> 
> 
>     hmm..
>   soal itu sih dikasi tau koq sama instruktur..
>   mrk akan tanya dulu...kapan pulang?
>   dan apa naik pswt?
>   krn tubuh kita kadar nitrogennya masih tinggi..
>   jd musti di redakan dulu...
> 
>   selama ini sih instruktur yg aku tau smua uda pgalaman..
>   jd ga mgkn lah hal2 penting mcm itu ga dikasih tau..
> 
>   tp yah kembali ke masing2 pribadi deh..sreg nya gmn ^^
>   klo aku mmg org nya rada nekad..
>   dan mmg sblm brkt ksana aku uda byk search dulu soal diving..
>   jd uda mayan tau byk ^^
>   cm mmg blm kesampean ambil license krn biaya cukup mahal n waktunya ga ada 
> 
>   Best Regards,
> 
>   Susan Hariani
>


Kirim email ke