Dear pak Ossy, mbak Susan, Mbak Karina, Mbak Maya & Mas Adolf.. thx atas masukannya. hehehe.. pemula soalny. :D
@ Mbak Karina, Discovery scuba sihh.. instrukturnya jg bilang mending di nusa dua aj kl blm ada license.. Cheers, Wenny --- In [email protected], "R A I" <rober...@...> wrote: > > Dear all... > > Setahu saya ada program yang bisa berikan kesempatna diving tanpa licence. > Legal dan sah. Namanya Discovery Scuba....Barangkali pernah dengar. Biasanya > dive operator di Bali punya layanan seperti itu... Cuma harganya lumayan > mahal...Sekali turun bisa sekitar 500 rb all in. Walau demikian tetap ada > prosedur....Misalnya sebelum turun di berikan pengarahan singkat mengenai > prosedur dive yang aman 'n comfort. Lalu ada ketentuan misalnya selama > penyelamanan harus di dampingi minimal level Dive Master yang sudah > pengalaman dan punya kualifikasi. tidak boleh lebih dari 10 meter dan > maksimal 30 menit. Tergantung kondisi yang mau discovery...Meski sudah ada > breafing singkat saat turun ybs panik atau tidak enjoy, demi savety maka > penyelaman tidak bisa diteruskan dan harus dihentikan. Spotnya pun tidak bisa > sembarangan. Pilihan spot biasanya memang diperuntukan untuk yang sedang > belajar atau pemula.... > > Yang tidak di-ijin-kan dan sangat berbahaya kalau belum pernah nyelam, lalu > nekad nyelam un-prosedur, serta tidak di dampingi "dive master" yang > kaulified. Pun hanya di dampingi oleh seorang diver yang sertifikat-nya belum > Dive Master, sudah dianggap un-prosedur. Kalau penyelaman un-prosedur namun > tetap di lakukan...ya silahkan saja terima risiko. Bukan men-dramatisir > ya...risiko menyangkut nyawa lho.... > > Idealnya penyelaman tanpa licence jangan dilakukan di laut tapi di kolam > dulu...Di Jakarta banyak dive operator yang memberikan kesempatan discovery > di kolam... Sudah pasti ada biayanya. Meskipun discovery hanya di kolam tidak > boleh dianggap remeh. Tetap harus ada breafing, pengarahan, dan di dampingi > oleh yang Dive Master Legal. Maksud-nya legal, DM tersebut punya sertifikat > yang dikeluarkan lembaga/organisasi yang kualified seperti PADI, NAUI, > POSSI/CMAS, SSI dan lain-lain. Calon penyelamn bisa dan punya hak menanyakan > sertifikat yang akan mendampingi penyelam sebelum discovery. Kalau ragu > dengan sertifikasi DM tersebut, lebih baik jangan ambil risiko. Batalkan > penyelaman atau cari DM lain yang lebih kualified.... > > Di Jakarta, harga untuk program discovery atau penyelaman tanpa licence di > kolam, variatif...Ada yang 250 rb, 100 rb, atau free kalau ybs rencana ingin > terus ambil licence... > > Itu sedikit tambahan yang semoga bisa memberikan pencerahan..... > > Salam > Adolf > > > ----- Original Message ----- > From: Susan Hariani > To: Dandossi Matram > Cc: wenny_kyuuto ; [email protected] > Sent: Sunday, September 13, 2009 9:31 PM > Subject: RE: [indobackpacker] Diving di Tulamben butuh lisence gak ya? > > > hmm.. > soal itu sih dikasi tau koq sama instruktur.. > mrk akan tanya dulu...kapan pulang? > dan apa naik pswt? > krn tubuh kita kadar nitrogennya masih tinggi.. > jd musti di redakan dulu... > > selama ini sih instruktur yg aku tau smua uda pgalaman.. > jd ga mgkn lah hal2 penting mcm itu ga dikasih tau.. > > tp yah kembali ke masing2 pribadi deh..sreg nya gmn ^^ > klo aku mmg org nya rada nekad.. > dan mmg sblm brkt ksana aku uda byk search dulu soal diving.. > jd uda mayan tau byk ^^ > cm mmg blm kesampean ambil license krn biaya cukup mahal n waktunya ga ada > > Best Regards, > > Susan Hariani >
