Dear all... Setahu saya ada program yang bisa berikan kesempatna diving tanpa licence. Legal dan sah. Namanya Discovery Scuba....Barangkali pernah dengar. Biasanya dive operator di Bali punya layanan seperti itu... Cuma harganya lumayan mahal...Sekali turun bisa sekitar 500 rb all in. Walau demikian tetap ada prosedur....Misalnya sebelum turun di berikan pengarahan singkat mengenai prosedur dive yang aman 'n comfort. Lalu ada ketentuan misalnya selama penyelamanan harus di dampingi minimal level Dive Master yang sudah pengalaman dan punya kualifikasi. tidak boleh lebih dari 10 meter dan maksimal 30 menit. Tergantung kondisi yang mau discovery...Meski sudah ada breafing singkat saat turun ybs panik atau tidak enjoy, demi savety maka penyelaman tidak bisa diteruskan dan harus dihentikan. Spotnya pun tidak bisa sembarangan. Pilihan spot biasanya memang diperuntukan untuk yang sedang belajar atau pemula....
Yang tidak di-ijin-kan dan sangat berbahaya kalau belum pernah nyelam, lalu nekad nyelam un-prosedur, serta tidak di dampingi "dive master" yang kaulified. Pun hanya di dampingi oleh seorang diver yang sertifikat-nya belum Dive Master, sudah dianggap un-prosedur. Kalau penyelaman un-prosedur namun tetap di lakukan...ya silahkan saja terima risiko. Bukan men-dramatisir ya...risiko menyangkut nyawa lho.... Idealnya penyelaman tanpa licence jangan dilakukan di laut tapi di kolam dulu...Di Jakarta banyak dive operator yang memberikan kesempatan discovery di kolam... Sudah pasti ada biayanya. Meskipun discovery hanya di kolam tidak boleh dianggap remeh. Tetap harus ada breafing, pengarahan, dan di dampingi oleh yang Dive Master Legal. Maksud-nya legal, DM tersebut punya sertifikat yang dikeluarkan lembaga/organisasi yang kualified seperti PADI, NAUI, POSSI/CMAS, SSI dan lain-lain. Calon penyelamn bisa dan punya hak menanyakan sertifikat yang akan mendampingi penyelam sebelum discovery. Kalau ragu dengan sertifikasi DM tersebut, lebih baik jangan ambil risiko. Batalkan penyelaman atau cari DM lain yang lebih kualified.... Di Jakarta, harga untuk program discovery atau penyelaman tanpa licence di kolam, variatif...Ada yang 250 rb, 100 rb, atau free kalau ybs rencana ingin terus ambil licence... Itu sedikit tambahan yang semoga bisa memberikan pencerahan..... Salam Adolf ----- Original Message ----- From: Susan Hariani To: Dandossi Matram Cc: wenny_kyuuto ; [email protected] Sent: Sunday, September 13, 2009 9:31 PM Subject: RE: [indobackpacker] Diving di Tulamben butuh lisence gak ya? hmm.. soal itu sih dikasi tau koq sama instruktur.. mrk akan tanya dulu...kapan pulang? dan apa naik pswt? krn tubuh kita kadar nitrogennya masih tinggi.. jd musti di redakan dulu... selama ini sih instruktur yg aku tau smua uda pgalaman.. jd ga mgkn lah hal2 penting mcm itu ga dikasih tau.. tp yah kembali ke masing2 pribadi deh..sreg nya gmn ^^ klo aku mmg org nya rada nekad.. dan mmg sblm brkt ksana aku uda byk search dulu soal diving.. jd uda mayan tau byk ^^ cm mmg blm kesampean ambil license krn biaya cukup mahal n waktunya ga ada Best Regards, Susan Hariani
