On 22/02/18 14:20, Albertus Aji wrote:
> Kalau pake Thunderbird gimana pak? Karena kami disini pake Thunderbird semua.

Kalau Thunderbird bisa digunakan message headernya, karena tidak di potong
(truncate/stripe) oleh emai client.
Tetapi kalau user pakai POP3 akan repot melihatnya karena harus didatangi ke
usernya satu persatu, kecuali user itu bisa/mau melakukan "forward as
attachment"; akan lebih cepat check melalui mail archive.
Jika mereka pakai IMAP maka semua message ada di server sehingga bisa diperiksa
langsung ke user mailbox via queue and stat manager.

Mobile Device mailer yang tidak truncate message header seingat saya hanya K9,
K10 (Kaiten) dan derivativenya saja.

> Ini ada lagi yg bounce katanya user unknown padahal usernya masih ada.

>   [774063] --> MAIL From:<ihsanotavaila...@gmail.com> SIZE=4261
>   [774063] <-- 250 2.1.0 Sender OK
>   [774063] --> RCPT To:<ihsan_fi...@araksa.com>
>   [774063] <-- 550 5.1.1 Recipient unknown <ihsan_fi...@araksa.com>

Ini karena sender <ihsanotavaila...@gmail.com> masuk dalam blacklist contact
recipient <ihsan_fi...@araksa.com>, bisa sengaja atau tidak.

Blacklist/Whitelist Contact hanya bisa diakses melalui Webmail.
Kalau Global Administrator ingin bantu periksa maka di share dulu
blacklist/whitelist contact user itu ke Global/Domain Administrator.

- aktifkan dulu private sharing

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/17.5/index.html?public-shared-folders.htm

[x] Enable shared folders

- share blacklist/whitelist contact user itu ke Global/Domain Administrator

http://mdaemon.dutaint.co.id/mdaemon/17.5/index.html?ae_shared_folders.htm

beri hak FULL ke global/domain administrator.

- Lalu Administrator melakukan subscribe ke blacklist/whitelist contact user
dari webmail.
Lakukan penghapusan jika perlu.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 18.0-64 Beta A, SP 5.5-64

Learning without thought is labor lost; thought without learning is perilous.
        --- Confucius (551 BC - 479 BC), The Confucian Analects