wah ribet banget ya... Yang jelas aku kalau menggunakan speedy nggak masalah tuch. Tergantung servernya berada di indonesia atau di luar. Kalau server di indonesia pastikan kecepatannya diatas 128 Kbps untuk keluar negeri. Kalau server di luar negeri pastikan kecepatan kita yang diatas 128 Kbps. kalau aku sich pake collocation, jadi untuk smtpnya bisa di kirim lewat ispnya secara langsung. dan untuk ambil emailnya bisa di fetchmail menggunakan qmail (full donlot ada di qmailtoaster, atau qmailrocks full banget documentnya MAN) aku belajar hanya seminggu saja, itu juga dach lama.
Trouble yang pernah aku alami menggunakan qmail untuk fetchmail meskipun menggunakan line dedicated. Aku menggunakan keluarga Redhat. #Mailqueue #email tidak bisa kirim, stack di tempat. #email bisa kirim tapi user penerima tidak bisa, biasanya queuenya di smtp local maupun collocation, sekali kirim 10 MB (**_**), dibatasin hingga 20 MB (Beuuh) pantesan stack, dirubah emailnya dikirim hingga 2 mb dimarahin sama user setempat. Bisa di SP 1(mendingan cari aman, masih anak baru nich). Balikin ke mode normal. #User luar kirim tetapi tidak diterima oleh user kantor, "dianggap spam" itu sich bisa di atur di whitelist dan blacklistnya, gampang. Tinggal ketik vi /etc/mail/spamassassin/local.cf #Dan yang paling gampang semua perubahan yang kita lakukan baik disengaja maupun yang tidak sengaja (ngutak ngatik server) menggunakan ssh atau main main doang lebih baik dicatat. #yang lebih gampang lagi suruh suruh orang dari luar untuk benerin trouble kita, :) Kalau client kita sering email menggunakan email namakita sendiri misalnya [email protected] dikirim ke [email protected] tetapi subjectnya berbeda hal yang pertama harus dilakukan cari spyware yang free, jangan pernah reply email spam, jangan asal submit, jangan cari gara gara sama orang supaya tidak didaftarkan email kita ke spammer. dan autowhitelist serta autoblacklistnya di aktifkan dan bisa juga secara manual. Best regards Lindu Cipta Pranayama sorry kalau kebanyakan kirim nya. > -----Original Message----- > From: [email protected] > Sent: Tue, 16 Jun 2009 16:58:34 +0700 > To: [email protected] > Subject: Re: [*openSUSE-ID*] tanya email > > 2009/6/16 Dwi Budiarto <[email protected]> > >> pakai smtp relay yang gratisan apa yang bayar mas? >> >> bisa di share yang gratisan tapi terpercaya? > > > Saya relay pakai smtp domain saya sendiri yang ada di ISP. > > > -- > Best Regards, > > Masim "Vavai" Sugianto > /************************************************************/ > Blog (ID) : http://www.vavai.com/blog > Blog (EN) : http://www.vavai.net > Community : http://www.opensuse.or.id > Commercial : http://toko.vavai.biz > /************************************************************/ > _______________________________________________ > milis mailing list > [email protected] > http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org _______________________________________________ milis mailing list [email protected] http://lists.opensuse-id.org/listinfo.cgi/milis-opensuse-id.org
