Saya teringat pada saat Saya ketemu dengan Australia Man di kota meDan
pada awal 1999 kemarin. Dia memberi pendapat bahwa Negara Indonesia ini
mengalami kehancuran hanya dengan agama, sedangkan sebelumnya dia tidak
pernah mempunyai alasan seperti itu. Mengapa????Apakah karena bangsa
Indonesia ini masih dangkal pengetahuannya??? Apakah karena masa
pemerintahan pak Harto selalu melakukan pengekangan terhadap orang
beragama???dan masa beliau selalu melakukan penindasan terhadap umat
beragama??? Apakah Bangsa Indonesia belum memahami siapa yang disembah???
    Saya tidak dapat menjawab pertanyaan mengapa itu, karena Saya berpikir
bahwa pada kenyataannya bahwa Saya masih saja menganggap agama Saya adalah
benar dibandingkan dengan agama teman Saya yang berbeda. Mengapa Saya
memperdebatkan si "agama" tersebut? Bukankah TUHAN,  yang Saya dan teman
Saya percaya sebagai pribadi yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang tanpa
memandang dari mana asal Saya dengan teman Saya, jenis kelamin Saya dengan
jenis kelamin teman Saya, warna kulit Saya dengan warna kulit teman Saya,
atau siapa nama Saya dan nama teman Saya....? Apakah TUHAN itu Maha tidak
Adil kepada setiap manusia? Apakah TUHAN itu tidak Maha tahu sehingga TUHAN
hanya memihak kepada umatnya saja?
    Akhirnya Saya menjadi malu dan terdiam di depan orang asing itu,
terlebih kepada TUHAN dan diri Saya sendiri. Mungkin...Saya dan bung Rosadi
maupun bung Efron atau teman2 lainnya dapat memahami arti ini semua. Apakah
TUHAN yang menciptakan manusia dengan keillahian-Nya tidak mau memilih
manusia lain untuk memimpin manusia lain yang berbeda prinsipnya?:-)

Jabat erat
FRAREV SITORUS