From:   rarach [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Tuesday, June 18, 2002 10:59 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        [RantauNet] Lagi, Nama Orang Minang .....

soal nama, urang minang termasuk kelompok yang paling
dinamis.

pada etnis lain, banyak nama yang diberikan karena
'arti' yang terkandung dalam nama tersebut; tapi pada
urang minang semi modern; yang penting adalah
cu-cu-cuapnya alias bunyi-nya.

simaklah nama sanak saudar kita satu klan; berapa
orang yang namanya keluar dari pakem nama-punya-arti?

misalnya emmm, siapa yang nekat ngacung tangan?
nggak berani aku nyebutin contohnya; tapi di rantau
net kayaknya banyak....

tapi, saya rasa itu suatu gejala sosial biasa; sebagai
suku vokalis (bahasa minang sangat kaya bunyi
vokal-nya), pementingan 'bunyi' dari 'arti' dapat
dipahami.  hehe, albert, robert, miko tornanda,
kristo, lakino cino, ...  bunyinya bagus.  artinya...?
 who cares?

belum lagi nama yang dibikin secara gotongroyong;
sepotong dari mamak dan sepotong dari datuk.  suka
nggak match kayak rujak di campur bakwan.  tapi kalo
suka, siapa larang..?

~rarach.

--- "M. Yulharmaen" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Tapi walaupun baitu tatap sajo si Kevin di-imbauno
> si-Ipin atau Silvia
> di-imbau si-Pia. Niaik ingin moderen, tapi ka ba-a
> lah lidah urang awak
> go agak payah dibao moderen :))
>
> salam
> ~yul~

Yahoo! - Official partner of 2002 FIFA World Cup
http://fifaworldcup.yahoo.com