Assalamua'laikum ww...

Ambo ikut lagi nimbrung perihal nama...seperti saya
katakan..namo ambo adalah Ronaldo Pilliang...kiniko
ambo maraso biaso2 sajo dengan nama yang saya sandang,
tidak seperti waktu dulu masih sekolah Smp atau sma
bahkan waktu kuliah dulu...wakatu itu sangat berat
bagi ambo mamakai nama ini..;(...

Dan ini saya ceritakan pengalaman saya waktu bertemu
dengan seorang mahasiswa Iraq (bukan karena ria..atau
apapun namanya..cuma karena berhubungan dengan masalah
"nama")..waktu kita kenalan saya sebutkan nama saya
Ronaldo Pilliang...dan nama dia adalah Mahmood
Sakur...setelah itu dia menanyakan dari mana saya dan
apa agama saya...tentu saya jawab dari Indonesia dan
saya beragama Islam...Lho..kenapa namamu Ronald?
...saya jawab itu bukan kesalahan saya...mungkin orang
tua melihat itu nama yang indah, heheh. Terus kita
sholat (saya menjalankan ibadah sholat Alhamdullih  5
x sehari/semalam plus sunah ...dan berusaha berbuat
baik sebanyak banyaknya.. Ingat..nama saya adalah
Ronaldo)..dan Kita mengaji bareng...dia menanyakan
apakah saya bisa mengaji (membaca al quran?)..saya
jawab..tentu saja saya bisa karena saya belajar
mengaji waktu kecil di surau....setelah saya baca
beberapa bacaan...dia terkesima (pede nih)..karena
lafal dan irama cara saya mengaji persis seperti orang
yang bisa berbahasa arab, padahal saya tidak bisa
berbahasa arab sedikitpun..(insya allah suatu saat
saya akan pelajari)...Terus dia menanyakan lagi,
kenapa nama saya seperti orang portugis?, bukan
bernama barbau islam...?

Jadi saya cukup merasa terganggu juga dengan
pertanyaan berulang2 (dan akhirnya dia kasih saya nama
Thaha...hehe jadi nama saya banyak sekarang)......lalu
saya jawab...toh banyak yang bernama Islami/arab tidak
melakukan sholat dan tidak berpuasa. Dan namapun tidak
menentukan apakah orang itu saleh atau orangnya
beriman, atau ibadahnya diterima oleh Allah SWT..
banyak yang namanya memakai nama "Mohammad" melakukan
korupsi yang besar...menyengsarakan
rakyat..dll..dll....

Jadi menurut ambo..namo tidak menentukan apakah orang
itu shaleh atau tidak dengan arti kata apakah dia baik
atau tidak dan itu tergantung pribadi seseorang....dan
mungkin Insya Allah kalau suatu saat saya
menikah..saya tentu akan memberi nama yang baik bagi
anak dan keturunan saya nanti sesuai dengan kebudayaan
urang minang, dan saya tidak akan mengulangi
pengalaman yang "tidak mengenakan bagi anak keturunan
ambo, Insya Allah...

cuma sekian dari ambo
wassalam..

RP

--- Muhammad Hanif <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Assalamu'alaikum ww
>
> Ma'af ambo sato saketek soal Namo Urang Minang,
> manuruik ambo marilah awak
> kambalian ka Alquran jo Hadits, dan alangkah eloknyo
> kalau namo2 tu
> mengandung nilai2 Islami  sebab Namo Anak tu
> marupoan Do'a dari Urang Tuo ka
> anaknyo dan juo marupoan langkah awal pembentukan
> kepribadian si anak,
> apakah dia kelak akan berkepribadian Islami atau
> sebaliknyo, jadi ndak
> paralu lo awak ikut2an mamberi namo anak awak ko jo
> namo nan nyato2 indak
> [...]
Yahoo! - Official partner of 2002 FIFA World Cup
http://fifaworldcup.yahoo.com