indak bisa stop dohhh.  soalnya ambo mancaliak islam itu sebagai
suatu rahmat; bukan warisan arab atau semit.

model iko yang menjadikan makan korma sebagai sunah; sedangkan kolak
pisang indak doh (ketika berbuka puasa).  padahal temawinya adalah:
makanan yang manis.

yang ambo caliak, karena ingin back to basic; banyak (alun ba-etong,
jadi jangan tanya statistik-nya dulu) yang grusa-grusu kembali ke
kebudayaan arab abad ke 7-8.

partai keadilan, misalnya; sebuah partai yang baik; tapi tidak
mendapatkan suara yang lebih besar karena gagal menterjemahkan islam
sebagai sebuah universalisme.  baju tawqa-lah, ahwan-lah, uhti-lah
dll.  padahal, mustinya itu baju guntiang-cino, angku, uni  kalau di
sumbar.  dan di daerah lain mungkin namanya baju koko, mbak jo
kangmas.

uni evi, sorri yahh; saya tidak bisa stop di situ.  rem-nya kurang
pakem.

lagian, sejarah dan budaya adalah proses; bukan snapshot sebuah film.
if only jerman stop before normandy, the world will be different.

~rarach.

--- In [EMAIL PROTECTED], "Evi Indrawanto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

>   assalamualaikum,
>
>   Rach, untuk memahami diskurs seputar nama2 yang Arabosentris
dianggap sebagai nama yang Islami atau mengapa sorban setingkat lebih
tinggi dari kopiah, kamu harus masuk kedalam pemahaman bahwa sebagian
orang Islam menganggap peradaban ini berawal dari turunnya wahyu
kepada Nabi Muhammad.Jadi batasi daya jelajah ilmu sejarah kamu ke
tahun turunnya wahyu untuk pertama kali. Stop! Berhenti disana.
Jangan tengok ke belakang karena dibelakang ada jaman jahiliyya.
Kalau sudah begitu persoalan lebih mudah. Bahkan kamu tidak akan
bertemu dengan Umar bin Khatab yang tetap Umar bin Khatab baik
dijaman jahiliyya maupun sesudah memeluk Islam. Atau Siti Chadijah,
atau Aminah binti Wahb atau Abdul Mutthalib yang tetap menyandang
nama-nama Arab jahiliyya  mereka setelah masuk Islam. Ohya tolong
juga tambahkan Abu Lahab. Bahkan persfektifmu akan jauh lebih tajam
jika kamu juga mengabaikan fakta orang-orang Arab bergama Yahudi dan
Kristen yang tetap memakai nama-nama warisan leluhur mereka.