Assalamualaikum WW.
Pak Abrar dan dunsanak kasadonyo.

Terima kasih atas penjelasannya tentang Yayasan Imam
Bonjol dan kegiatannya.

Insyaallah, saya akan berusaha mencari jalan apa yang
bisa kita sumbangkan untuk daerah, khususnya dalam
memanfaatkan jalur Australia dan Jepang. Selain
masalah pendidikan dan ekonomi, kalau boleh saya juga
ingin bantu di masalah strategi pendanaan dan IT
strategy.
Soal pendidikan saya ingin sekalu kampung kita punya
sekolah unggulan (iri saya melihat kampungnya Luhut
Panjaitan yang punya SMA Plus tercanggih dan terbaik
di Indonesia, padahal berada ditengah desa), dan
dengan e-learning, banyak yang bisa dilakukan asal
masyarakat di kampung "sadar, mau dan merasa perlu".
Memang ambo punya rencana untuk membuat universitas
Australi, tapi masih untuk Indonesia Timur, karena
infrastrukturnya sudah disiapkan untuk distance
learning (e-learning).Insyaallah akhir tahun ini jadi.
Kalau Sumbar mau, kita bisa duduk sama-sama untuk
susun strategi.

Insyaallah, bulan Oktober tahun ini saya berkesempatan
ke Padang/Bukittinggi untuk memberi pelatihan bagi
anggota DPRD dan Pemda se Sumbar tentang Perencanaan
Keuangan. Lega juga rasanya, setelah membantu hampir
200 kabupaten di Indonesia timur dan Barat, akhirnya
"kampung awak" kebagian juga. Masalah kebagian atau
tidak tergantung Depkeu dan Seknek, karena peserta
harus disediakan uang untuk penginapan dan biaya
harian. Sementara training sendiri selama 10 hari di
lakukan konsultan Australia dan Indonesia dengan biaya
dari Australia.

Saya ingin sekali mencari informasi tentang daerah
miskin di Sumbar, khususnya para Bupati yang mau
mengakui daerahnya miskin dan kena busung lapar.
Saya bisa prioritaskan untuk "kampung awak" selain
Indonesia Timur yang sekarang merupakan proyek kantor
saya untuk pengentasan kemiskinan. Kata 'proyek'
disini berarti "pekerjaan dan terkadang kerja bakti"
bukan "proyek" istilah di Indonesia untuk "bagi-bagi
uang"...:)

Mudah-mudahan 'rang kampuang' khususnya pejabat pemda
mau mengakui bahwa nggak usah malu-malu mengakui kalau
daerahnya miskin, minus, dan terbuka untuk dibantu.
Ambo soal komunikasi jo urang kampuang diakui agak
tabatas, alun bisa petatah petitih.

Salam,
Hanafi