Nakan Ronald;

Terima kasih atas saran. Insya Allah saya selalu terbuka terhadap saran,
tidak terkecuali dari yang muda-muda, langsung atau tidak langsung, sindiran
atau bukan :). Kritik yang tidak bisa, bukan tidak mau, saya terima tentu
saja-jika ada-kritik-kritik "underground" :).

Hanya sedikit yang saya sayangkan, dari  semua saran/kritik disampaikan
hampir tidak ada yang menyentuh substansi dari tulisan saya atau tentang
validitas data yang saya gunakan.

PS. terima kasih kepada Mak Ngah yang menjelaskan bagaimana cara murid-murid
SGA di Payakumbuh di tahun limapuluhan, serta  Ajo Sur yang sudah melewakan
foto mempelai Minang bersama ayah bundanya yang menggambarkan bagaimana
perempuan muda/setengah baya tempo dulu berbusana

Sangenek :)

Wassalam, HDB-SBK (L, 69) 2.4

Re: Bls: [R@ntau-Net] (OOT) Jilbab
Mon Aug 6, 2012 11:41 pm (PDT) . Posted by:
"ronaldppu...@gmail.com"

Mamanda Darwin,

Ambo kutipkan pernyataan mamak : " Isteri saya berjilbab, dan itu membuat
saya bahagia."

Ambo yakin itu kalua dari hati nurani, murni. Jadi cukuiklah itu sabagai
panjawek persoalan buka-tutup aurat iko, bahwa secara nurani, tdk ada yg tdk
senang melihat wanita berpakaian tertutup, bahkan para wanita itu sendiri
menyadari akan hal itu.

Sudah Ada ayat yg tersurat, sudah Ada pula yg tersirat melalui praktek
sholat. Apalagi alasan yg dibuat ?

Lihatlah fenomena di barat sana, ketika kaum wanitanya menemukan Islam,
mereka langsung menutup tubuh mereka, disini ? masih berkelit dgn segudang
alasan.

Bagi ambo yg awam, iko hanyo pakaro mudah. Tutuik aurat sesuai dgn perintah
Allah melalui ayat tersurat Dan tersirat, atau sebaliknya. Tidak perlu
dihubung-hubungkan dgn masalah budaya Arab, perilaku buruk sebagian dari
wanita berjilbab (heran juga, kok yg berperilaku buruknya yg diangkat,
padahal Ada ribuan yg berperilaku mulia), atau masalah kebebasan sekalipun
(krn faktanya, para wanita Muslim di prancis kenapa tdk diberi hak utk
memilih pula ?)

Tapi, apalah awak ini.. (maaf Mak, pinjam istilah :-)