Pada Rabu, 16 Januari 2013, menulis:

> Uni Evy dan Dunsanak palanta RN
>
> Ya saya termasuk kawan Uni Evy jugakan di dunia Maya :-)

> Seperti kata Akmal apa aplikasi dari Pak MN jika Pak MN memang melakukan
> sebuah gerakan (aksi) paling tidak ada contoh "gugatan atau pandangan
> beliau" dia yang menjadi pemicu bagi masyarakat lain semisal beliau membuat
> koperasi kerakyatan, mengandal apa yang ada bangsa ini tabu memakai produk
> yang diciptakan oleh sistim kapitalis dan lain sebagainya seperti
> dicontohkan oleh tokoh intelektual Bangladesh (Bank Rakyat itu) saya lupa
> namanya ?

> [...]
--------

ANB: Namanya Prof. Muhammad Yunus, kanda Jepe, pendiri Grameen Bank, dan
Nobelis Perdamaian 2006. Waktu saya masih di TEMPO, saya pernah
mewawancarai beliau. Orang yang sederhana, banyak bergurau, dan memakai
pakaian khas Bangladesh seperti gamis Arab itu kemana-mana.

Prof Yunus memang luar biasa. Lahir dari keluarga berada, dan sudah nyaman
hidup di Barat, tapi memutuskan pulang kampung dan membenahi ekonomi rakyat
lewat gebrakan mikro kredit dalam bentuk pinjaman uang untuk beli payung
sampai pulsa telpon, agar semua benda yang sebelumnya akrab dengan
masyarakat tapi tak punya nilai ekonomis, bahkan konsumtif, menjadi aset
produksi.

Lebih dari itu, Prof Yunus membalikkan stereotipe negatif nasabah kecil
yang sebelumnya dikaitkan dengan kredit macet (non-performing loan tinggi)
yang membuat bank-bank konvensional ogah membantu mereka, justru menjadi
kesan positif karena NPL di segmen ini justru amat sangat rendah. Mereka
disiplin mengembalikan pinjaman mikro kredit sesuai jatuh tempo.

Ini yang sebelumnya pernah saya sebutkan dalam posting juga tentang
Organisasi Minang sebagai pressure group. Kalau Prof Yunus diundang ke
Minang, atas dasar persahabatan sesama komunitas Muslim Asia, dan cara
kerja Grameen diduplikasi, sangat mungkin perbaikan di level ekonomi rakyat
ini akan berkembang signifikan.

Wassalam,

ANB
Cibubur