RE: [iagi-net-l] Tool Combination-mohon saran

2004-08-25 Terurut Topik mohammad . syaiful
wah, tampaknya saya ternyata sudah sangat ketinggalan, baru tahu ada pcl, selain kabel, utk akuisisi data pasca 'drilling'. jadi itu tentunya bukan 'wireline logging' ya, tapi 'pipe conveyed logging'? cerita dikit dong( mas shof, mas ferdi, mas tony), apa keuntungan pipa dibandingkan kabel yg umum

[iagi-net-l] RE: [PP-IAGI] PIT IAGI 2004: kasetnya dapat dibeli?

2004-08-12 Terurut Topik mohammad . syaiful
betul, silakan ditindak-lanjuti dg teman2 di bandung. eh, saya kira tadi di milis lho. mungkin lihat respon teman2 di milis lebih baik, kalau didukung, panitia akan lebih mudah dan mau utk mengadakan acara 'layar tancep' ini. salam, syaiful

[iagi-net-l] kasetnya dapat dibeli?: Stegodon van Sumedang nya Pak Zaim

2004-08-11 Terurut Topik mohammad . syaiful
utk orang2 yg tidak sempat melihat acara pada waktu disiarkan metro-tv, apakah dapat pinjam/beli kaset/tape/film-nya? mungkin tidak hanya acara stegodon tsb, tetapi juga acara2 sebelumnya (citatah) dan yg akan datang? mungkin iagi yg lebih afdol menanyakan hal ini ke metro-tv, baru kita sbg anggo

Re: [iagi-net-l] Hiu Danau Rombebai

2004-08-10 Terurut Topik mohammad . syaiful
mas rovicky, si pesut mahakam itu, yg biasanya mangkal di danau semayang; sekitar 1995-an sering terlihat di aliran hilir, sangat dekat dengan delta mahakam masa kini, alias hanya 'sejengkal' dari lautan bebas atau selat makassar. kalau di daerah kepulauan tarakan, di sungai sembakung (sungai bes

Re: [iagi-net-l] Obrolan Serius Santai Sore IAGI (OSSS-IAGI)

2004-06-27 Terurut Topik mohammad . syaiful
Dengan sangat menyesal terpaksa diumumkan bahwa 30 kursi utk acara ini telah 'terjual' habis. Bahkan ada beberapa mendapatkan kursi di ruang tunggu. Utk teman2 yg telah mendaftar, sampai jumpa Kamis petang nanti. Utk teman2 yg tertarik tetapi belum sempat mendaftar, mohon maaf sebesar2nya ya. Mem

Re: [iagi-net-l] LIKA LIKU BEKERJA DI MALAYSIA DAN BRUNEI

2004-06-27 Terurut Topik mohammad . syaiful
frank ini memang bangun kesiangan kok. nggak tahu ya akan ada acara 'obrolan serius santai sambil selonjor seenaknya sendiri serta sumbang saran sama seman-seman senasib sih'...?

[iagi-net-l] Obrolan Serius Santai Sore IAGI (OSSS-IAGI)

2004-06-20 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) bekerja-sama dengan Rovicky&Syaiful Entertainment bermaksud menyelenggarakan: Obrolan Serius Santai Sore IAGI Bekerja di LN (Malaysia dan Brunei): Peluang dan Tantangan untuk GGE (Geologi-Geofisika-Engineer) di EP Minyak-Gas Bumi KAPAN? Hari Kamis sore, tangga

Re: [iagi-net-l] Pengembangan Wilayah Sulawesi Berbasis Geologi

2004-06-20 Terurut Topik mohammad . syaiful
maaf, hanya mau komentar soal jalur ka di jawa. tampaknya tidak betul kalau seronok cuma jkt-bdg. jalur jkt ke kota2 lainnya, smg, solo, ygy, sby, juga sangat seronok. lihat saja bagaimana para calon penumpang masih sering kesulitan utk mendapatkan karcis, tidak hanya pas lebaran saja. yg pekerja

Re: [iagi-net-l] My --> More PSCs likely for ultra-deep oil search

2004-06-14 Terurut Topik mohammad . syaiful
Wah, maaf, maunya tadi imil japri... [EMAIL PROTECTED]

Re: [iagi-net-l] My --> More PSCs likely for ultra-deep oil search

2004-06-14 Terurut Topik mohammad . syaiful
Vick, Kamis-Jum'at 1-2 Juli, kamu gentayangannya mau dimana? "Rovicky Dwi

Re: [iagi-net-l] RE: Gunung Bromo Meletus

2004-06-14 Terurut Topik mohammad . syaiful
Lha, tentunya bukan tugas dari pekerja volkanologi yg mesti 'ndodok' di samping kandang kambing! Saya kira, itu dapat dilakukan siapa saja yg tinggal di sekitar gunung-api; warga yg memang sehari-hari dekat dg kandang kambing atau sapinya, yg kerja di kebun dan memang setiap hari melihat semut, se

Re: [iagi-net-l] Antwort: [iagi-net-l] Gunung Bromo Meletus

2004-06-13 Terurut Topik mohammad . syaiful
merapi jadi nostalgia dong, 1987 serombongan mhs, menaiki puncak garuda, bawa payung, kemeja, dan dasi (asal tahu aja, kemeja dan dasi adalah barang langka waktu itu, he..he..) setelah menikmati mentari terbit dan foto2, dan mulai turun dengan target segera sarapan pagi di kaliurang, lha terny

Re: [iagi-net-l] Serttifikasi Geologi Teknik

2004-06-10 Terurut Topik mohammad . syaiful
kalau di itb, dulu (entah sekarang masih sama atau tidak), jurusan tambang perencanaan berbeda dg tambang eksplorasi (beda lagi dg jurusan ketiga: tambang metalurgi). artinya, 'kan ilmunya juga berbeda. kalau tambang eksplorasi, memang mirip dg geologi; hanya saja teman2 di tambang eksplorasi bia

RE: [iagi-net-l] Serttifikasi Geologi Teknik

2004-06-10 Terurut Topik mohammad . syaiful
tampaknya rekan2 kita di pt akan lebih mendudukkan kuliah 'soil' ini lebih spesifik, sbg pilihan saja. bukan kuliah pokok utk semua mahasiswa. saya setuju dg hal ini. sama dg sebagian matakuliah pilihan lainnya, berapa persen sih yg tertarik? salam, syaiful

Re: [iagi-net-l] Serttifikasi Geologi Teknik

2004-06-09 Terurut Topik mohammad . syaiful
Memang berbeda, tapi pada dasarnya dan punya dasar yg sama. Itu menurut orang2 tambang lho. Kalau pengalaman saya yg pernah 'kerja' di lingkungan tambang (batubara, terbuka maupun bawah-tanah), yg banyak berkiprah soal keteknikan seperti yg dikemukakan pak Daru, justru teman2 dari tambang, khususn

Re: [iagi-net-l] Antwort: [iagi-net-l] Gunung Bromo Meletus

2004-06-09 Terurut Topik mohammad . syaiful
itu namanya memang nasib, cak noor, nasib baik mestinya. kalo nasib buruk, ya ingat waktu papandayan beberapa tahun lalu, ada 4 volcanologist (2 indo, 2 bule), kok ya sangat berani utk main2 di bibir kawah, terus pas semburan lava dkk keluar, nah! apa jasad mereka masih diketemukan ya... salam pu

Re: [iagi-net-l] Antwort: [iagi-net-l] Gunung Bromo Meletus

2004-06-09 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bukan begitu, mas Prasidha Saya yakin, pasti si panitia bisa dan mampu baca data, apalagi cuma sekedar seismograf. Tapi yg saya khawatir, jangan2 di pos pengamatan, si alat seismograf tsb kehabisan kertas Jadi ya nggak ada data getaran yg tercetak, seperti pernah saya lihat di pos pengamat

Re: [iagi-net-l] Gunung Bromo Meletus

2004-06-08 Terurut Topik mohammad . syaiful
Mas Teguh yg di negeri orang, Soal juru-kunci gunung-api di tanah-air, setahu saya, selalu ada penunggunya. Demikian juga dg alat pemantaunya. Ini menurut cerita 4 teman se-angkatan saya yg bekerja di Dirjen (?) Vulkanologi Bandung. Hanya sayangnya, teman2 saya sedang belajar di Perancis, Jepang,

Re: [iagi-net-l] Geologi untuk Geografi

2004-04-19 Terurut Topik mohammad . syaiful
Tampaknya perlu berhati-hati, saya kira kita mendukung IAGI untuk aktif memasyarakatkan geologi agar masyarakat awam tidak terlalu asing dengan ilmu kita (secara umum). Sosialisasi geologi BUKAN berarti mengajak orang untuk menjadi geolog (kalau ternyata ada yg memang ingin menjadi geolog, itu soa

Re: [iagi-net-l] Met Ultah IAGI .. :p

2004-04-11 Terurut Topik mohammad . syaiful
Tidak sepi-lah. Kemarin, hari Minggu, saya menemani pak Daru (kabid pertambangan) dan mas Ijul (staf sekretariat) utk ikut memberikan presentasi ttg geologi di IPB pada acara 'scientific karst exploration'. Sehari sebelumnya, pak Hanang (ketua komisi karst dan pegawai P3G Bandung), juga memberikan

Re: [iagi-net-l] ayyooo...sekolah...was: RE: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houston

2004-03-17 Terurut Topik mohammad . syaiful
Semuanya betul, pak. Kalau saya sih, maunya mempersiapkan anak2 utk menjadi anak yg sholeh, artinya ya pinter di dunia ini dg berjalan di jalan-Nya. Sepakat, sekolah dan rumah memang dua2nya harus punya bobot yg sama utk mendukung keinginan tsb. Salam, m.s. juga

RE: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houst on

2004-03-17 Terurut Topik mohammad . syaiful
anaknya orang2 jakarta kalo nggak salah jam 5 (wah, memang lebih pagi daripada aku berangkat ngantor yg 5:30) Bambang Murti

RE: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houst on

2004-03-17 Terurut Topik mohammad . syaiful
om Suro, silakan saja berkunjung ke sekolahnya dan lihat program belajar secara lengkap apa yg diperlukan itu, semuanya tercakup di sana; termasuk soal 'kuper' tsb (utk contoh saja, setiap minggu atau 2 minggu, ada acara belajar bersama di sekolah 'kampung' di desa2 atau kampung2 dekat Madania). n

RE: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houst on

2004-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bener sih, Qi, aku belum tahu jawabannya. Yg jelas, kalau masih demen di Bogor, ya di SBI Madania hingga kelas 7-9 (setara smtp) dan 10-12 (setara smta). Kalau nggak salah, putra (atau putri) pak Sumardiman sekarang sudah kelas 7. Salam, Syaiful

RE: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houston

2004-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Wah, bukan promosi lho, pak Allo, SBI Madania di Telaga Kahuripan Bogor (dekat Parung). Salam, Syaiful "Allo, Paulus T"

Re: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houston

2004-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Vik, kalau anakku, yg terakhir saja pas kelas 3, diajak jalan2 ke PDAM utk melihat kantor dan penyaringan air utk kota Bogor. Waktu yg setengah hari, kata anak2, kok ya lumayan cepat. Utk lain waktu, lain tempat lagi yg dikunjungi. Jadi di ngIndo juga ada lho yg sekolahnya ngajak main terus, he..h

RE: [iagi-net-l] Profesor termuda Nelson Tansu - pengalaman Houst on

2004-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
mBang, dipindah aja ke sekolah anakku, paling2 cuma bawa hamster, kucing, kambing, atau binatang peliharaan lain utk diuyel-uyel di kelasnya. Cukup banyak lho, anak2 kita di sana (mohon ijin utk menyebutkan nama pak Sukmandaru, pak Sumardiman, pak Amireno, pak Syamsu Alam, pak Alit Ngakan, dsb).

Re: [iagi-net-l] Meninggal Dunia

2004-03-15 Terurut Topik mohammad . syaiful
Kami dari Eni menyampaikan turut berbela-sungkawa. Semoga almarhum diterima amal baiknya selama hidupnya dan diampuni dosanya oleh Yang Maha Hidup. Semoga rekan Anditya Ibrahim sekeluarga tabah menghadapi kepulangan ayahandanya ke haribaan Allah. Salam, Syaiful (Iwan, Bahal, Teten, Ferry, Deddy,

[iagi-net-l] terimakasih atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan

2004-03-10 Terurut Topik mohammad . syaiful
Kepada rekan2 di mana pun berada, termasuk para staf di PP-IAGI dan IPA, yang tidak bisa saya sebutkan namanya satu-persatu, yang telah mengirimkan pesannya baik melalui jalur-jalur umum maupun jalur pribadi, Terimakasih atas segala perhatian dan bantuan yang telah disampaikan atas kepulangan aya

RE: [iagi-net-l] COAL BED METHANE

2004-03-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Utk mengambil batubara buat penggunaan biasa (non-CBM), terutama utk tambang terbuka, tentunya kedalaman adalah salah satu kendalanya. Hanya sekian puluh (atau 100-150 m paling dalam?) bisa dibikin tambangnya. Utk lapisan batubara yg lebih dalam, tentunya susah utk ditambang. Ini yg lebih suka ut

Re: [iagi-net-l] Unocal Sees Success with Gehem-2 Well Offshore Indonesia

2004-03-02 Terurut Topik mohammad . syaiful
Perlu menunggu beberapa bulan utk mengiyakan bahwa hanya gas yg mendominasi 'G' group tsb. "Andang

[iagi-net-l] Re: Ceramah Geologi Dasar (di Bogor)

2004-02-27 Terurut Topik mohammad . syaiful
Rekan2 iagi-netter (terutama yg tinggal di Bogor), Mungkin ada yg bisa ikut meramaikan acara bersama pak Fajar (Komisi GTL - IAGI) seperti imilnya di bawah? Salam, Syaiful - Forwarded by Mohammad Syaiful/ID00038/ENI-LASMO-INDONESIA/ENI/IT on 02/27/04 03:01 PM

Re: [iagi-net-l] Edited - LRP & NMR

2004-01-14 Terurut Topik mohammad . syaiful
Kang Allo, serendah apa pun, kalau akuisisi datanya benar, biasanya selalu ada perbedaan antara LRP dan 'no pay zone'-nya (NPZ?). Dari pengalaman di suatu daerah, selalu akan ditemukan ambang batas utk mengetahui LRP dan NPZ tsb. Contoh utk suatu daerah di Indonesia, ambang batasnya bisa hanya 3 o

RE: [iagi-net-l] salam dan SALAM ; di dan dy

2004-01-07 Terurut Topik mohammad . syaiful
Nah, bisa dilihat contoh yang (maaf) salah untuk menggunakan 'di' sbg awalan, tapi dipraktekkan seperti kata depan saja. Saya pun juga pernah japri menghubungi pak Maryanto, bahwa persentasi itu berbeda dengan presentasi (atau prosentasi). Waktu itu tidak ada respon. Pak Maryanto, yang benar kata

Re: [iagi-net-l] salam dan SALAM ; di dan dy

2004-01-07 Terurut Topik mohammad . syaiful
Utk kasus di sbg kata depan atau awalan dari kata kerja, memang banyak orang termasuk para geologiawan tidak menguasai masalah bahasa kita ini. Mungkin karena terlalu rajin belajar bahasa asing dan agak menelantarkan alias tidak peduli terhadap tata-cara berbahasa Indonesia yang baik dan benar. K

Re: [iagi-net-l] IAGI-HAGI gelar joint convention Jakarta 2003 - EVALUASI

2003-12-17 Terurut Topik mohammad . syaiful
Acaranya sudah terlaksana. Panitia sedang mempersiapkan laporan, yg secara formal akan disampaikan kepada IAGI maupun HAGI. Utk itu, secara internal panitia saat ini langsung membuat evaluasi. Imil ini bertujuan utk mengundang masukan dari rekan2 di mana saja berada, terutama yg sempat berkunjung

RE: [iagi-net-l] Is geology a profession ?

2003-11-06 Terurut Topik mohammad . syaiful
Yaaa, ini sih juga sudah dibahas bertahun-tahun yang lalu... Ukat Sukanta

RE: RE: [iagi-net-l] Is geology a profession ?

2003-11-05 Terurut Topik mohammad . syaiful
Shofi, aku bisa bantu 'kan? he..he.. Mosok mesti pakai 'harga' sih? Kalo IAGI yg ngajak kamu jalan2 ke PT, piye? "Thoha, Shofiyuddin"

Re: RE: [iagi-net-l] Is geology a profession ?

2003-11-05 Terurut Topik mohammad . syaiful
Vick, kalo 'geologist' ya jelas 'human being' bukan 'science'. Nah, kalo 'geology' baru itu 'science and art'... "Rovicky Dwi

RE: [iagi-net-l] Fw: Sponsorship Program

2003-10-30 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bener mas Shofi, memang hanya salah kirim ke milis iagi-net. Mohon dimaklumi ya. Hallo semuanya ... Sori berat aku gak ngerti maksudnya, mudah mudahan hanya salah kirim saja. Salam Shofiyuddin ConocoPhillips - Exploration Ph: 62-21-5241583 Fax: 62-21-5242502

Re: [iagi-net-l] Asal muasal THR

2003-10-30 Terurut Topik mohammad . syaiful
Maat, kang Allo, sudah nggak nunggu, malah sudah habis, hi..hi.. sambil nunggu, hitung2 dari sekarang boleh dongg Mengapa THR menjadi hak karyawan? Asumsi Gaji per-bulan : Rp. 2 Juta Maka Gaji per-minggu : Rp.500 Ribu. (Sebulan ada 4 Minggu, sehingga 2 Juta dibagi 4 = 500 ribu) Dalam se

Re: [iagi-net-l] mimpi yang perlu dipertimbangkan

2003-10-29 Terurut Topik mohammad . syaiful
Wah, jadi ingin tanya nih, semoga pak Untung yang sudah lama malang-melintang di IAGI dan malah ikut mendirikan HAGI, mau berbagi cerita. Siapa tahu cerita beliau ada kaitannya dengan pemikiran hasil nggloso di masjid sekarang ini. Ini pertanyaannya pak, bagaimana sejarahnya sehingga waktu itu ad

[iagi-net-l] dari Elly (yg nggak bisa 'menembus batas' - batasnya milis iagi)

2003-10-20 Terurut Topik mohammad . syaiful
Forwarded by Elly Guritno/ID00026/ENI-LASMO-INDONESIA/ENI/IT on 10/20/03 01:04 PM - Dear rekan IAGI net, sorry baru sekarang nongol di mail-list ini karena saya tergolong yang pemalu..he..he... Terima kasih atas appresiasinya di IPA conference yang lalu. Sebetulnya, paper tersebut adal

[iagi-net-l] Re: Second Flyer/Booklet JCJ 2003

2003-10-06 Terurut Topik mohammad . syaiful
dkk. Semoga membantu. Salam, Mohammad Syaiful Eni Indonesia Kuningan Plaza - South Tower, 9th Floor Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C 11-14 Jakarta 12940, Indonesia Phone: 62-21-30003200 xt.2920 Fax: 62-21-30003230 Email: [EMAIL PROTE

[iagi-net-l] Earth Science Week

2003-10-05 Terurut Topik mohammad . syaiful
Akhir minggu lalu, baru dapat AAPG Explorer yg edisi Agustus 2003. Pada halaman 12, ada artikel yg menarik tentang sosialisasi geologi untuk anak2 SD (di Amerika). Ini mirip yg telah dilakukan pula oleh pak Awang dan teman2 lain di tanah-air. Yg juga menarik perhatian saya, ada info bahwa ada aca

RE: FW: [iagi-net-l] Re: korelasi geodinamik

2003-09-30 Terurut Topik mohammad . syaiful
Hanya ingin koreksi sedikit, sebab cukup banyak yg melakukan kesalahan ini. Presentasi beda dg persentasi atau prosentase. Yg dimaksud di bawah tentunya adalah persentasi (atau prosentase) yg dilambangkan '%'.

Re: [iagi-net-l] Sosialisasi Geologi di SD

2003-09-22 Terurut Topik mohammad . syaiful
Buat pak Daru, mohon maaf pinjaman conto2 batuan belum sempat dikembalikan. Akhir minggu lalu saya keluyuran ke Ujung Kulon, lewat Cibaliung. Salam, Syaiful

Re: [iagi-net-l] Sosialisasi Geologi di SD

2003-09-22 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ini juga tambahan info. Tampaknya para geolog di Bogor perlu ngumpul, utk antara lain ngomong sosialisasi semacam ini. Kalau pak Awang di RP, maka istri saya sebelumnya pada Rabu, 17 September 2003, mengenalkan geologi (batuan/mineral dan gunungapi) kepada 6 kelas (6 kali 24 anak) yg masih duduk

[iagi-net-l] FORHIMAGI ke-7

2003-09-01 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ada yg tahu acara Forhimagi ke-7? Mungkin banyak yg tidak tahu kalau sedang dilaksanakan mulai hari ini hingga 6 September nanti di Medan. Salam, Syaiful - To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED] Visit IAGI Website: http://ia

Re: [iagi-net-l] Pertambangan di hutan lindung harus diminimalisir

2003-08-29 Terurut Topik mohammad . syaiful
Pak Budi, memangnya ada tambak tertutup, seperti halnya tambang? Kalau kolam-renang sih, ada... "Budi

Re: [iagi-net-l] Pertambangan di hutan lindung harus diminimalisir

2003-08-29 Terurut Topik mohammad . syaiful
Tampaknya perlu 'pelurusan' juga. Karena MI dapat info dari sumber pak Agus Guntoro yg orang geologi juga, mungkin perlu ngomong/klarifikasi ke pak Agus dulu. Kalau berita tsb memang sesuai dg apa yg dipikirkan pak Agus, mesti diskusi dulu dong dg doi. Ketika IAGI (dg ketua bidang pertambangan pak

RE: [iagi-net-l] Spleteran

2003-08-19 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ya, yg penting sekarang adalah bagaimana caranya utk menghilangkan imil2 yg tidak diinginkan itu. Saya sebenarnya sudah berminggu2 dan beberapa bulan sudah mengalami hal tsb. Sudah saya coba utk membuangnya langsung menggunakan alat di Lotus Note (pakai 'rule'); ternyata alat ini berfungsi baik ut

Re: [iagi-net-l] Petir di Bogor

2003-08-19 Terurut Topik mohammad . syaiful
Saya juga ingin tahu alasannya sih. Dan, hanya ingin menambah data/fakta saja. Memang benar apa kata pak Awang, hujan besar diiringi petir selalu terjadi di jalur Cibinong-Bogor. Tidak hanya itu, angin yg kencang (akan terasa sekali kalau kita mengemudi sendiri) juga terjadi di jalur ini (mulai p

Re: [iagi-net-l] Procceding PIT 31 IAGI di Surabaya

2003-08-18 Terurut Topik mohammad . syaiful
Mas Benz, Bagi teman2 yg dulu sudah membayarnya pas PIT di Surabaya, dan masih sabar utk menunggu tanpa minta kembali uangnya, apakah masih akan dikirimi prosiding ('proceedings') tsb? Salam, Mohammad Syaiful Eni Indonesia Kuningan Plaza - South Tower, 9th Floor Jl. H.R. Rasuna Said

Re: [iagi-net-l] Tanya soal satuan gas

2003-08-14 Terurut Topik Mohammad Syaiful
OK, mas Shofi, terimakasih atas infonya. Data dari berbagai sumur yg juga dioperasikan oleh kumpeni2 berbeda itu mungkin kebetulan memakai satuan2 yg beda pula, sebagaimana saya sampaikan sebelumnya. Selamat berakhir pekan, Syaiful - Original Message - From: "Shofiyuddin Thoha" <[EMAIL

Re: [iagi-net-l] Fwd: [PP-IAGI] IAGI For Kids

2003-08-14 Terurut Topik Mohammad Syaiful
Lho, saya jadi kurang jelas, apakah pak Hanang Samodra sudah berganti nama jadi Nanang Samodra dan menjabat sbg Sekda Nusra? Pak Adi atau pak Daru mungkin bisa konfirmasi? Salam, Syaiful - Original Message - From: <[EMAIL PROTECTED]> Date: Tue, 5 Aug 2003 13:23:05 +0700 (WIT) To: <[EMAIL

RE: [iagi-net-l] Deepwater Play Tanpa Feeder Delta: Mungkinkah?

2003-08-14 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bang Jos, apakah yg West Coast Africa bukan kiriman dr Nigel Delta? Salam, Syaiful - To unsubscribe, e-mail: [EMAIL PROTECTED] Visit IAGI Website: http://iagi.or.id IAGI-net Archive 1: http://www.mail-archive.com/iagi-net%40iag

RE: [iagi-net-l] Deepwater Play Tanpa Feeder Delta: Mungkinkah?

2003-08-10 Terurut Topik Mohammad Syaiful
Iye bang Jos, maksudku juga itu. Salah ketik antara 'r' dan 'l' aja, mbok ya antar kawan dimaklumi, he..he.. Kembali ke 'sumber sedimen', nah bukankah si Niger Delta ini yg bikin pasokan utk di tempat yg lebih dlm (baik ke arah SW maupun yg melebar ke agak selatan atau barat)? Yg utk California

RE: [iagi-net-l] Deepwater Play Tanpa Feeder Delta: Mungkinkah?

2003-08-08 Terurut Topik Mohammad Syaiful
Wah, mbak Parvita itu pinter lho ttg laut dalam, meskipun katanya nggak tahu, he..he.. Kalau shelf-nya cukup lebar atau sempit, sumber sedimennya dekat atau agak jauh di darat (fluvial; memang logikanya tidak perlu ada delta, ya yg penting sumber sedimen itu apa pun bentuknya). Tampaknya inilah

[iagi-net-l] Tanya soal satuan gas

2003-08-07 Terurut Topik mohammad . syaiful
Rekan2 yg tercinta, Data mudlog (mud-gas) dari setiap serpis kumpeni seringkali berbeda. Utk satuan gas, ada yg satuannya pakai ppm, % (persentase), atau U (dg variasi Unit_50 dsb). Nah, setahu saya dari % utk konversi ke ppm ya tinggal dikalikan dg angka 1 (sepuluh ribu) saja. Yg ingin saya

Re: [iagi-net-l] Re: [fogri] Introducing PGSC

2003-08-06 Terurut Topik Mohammad Syaiful
Kang Rovicky, Saya kira pertanyaan kawan2 itu wajar saja. Bukan bermaksud, pakai istilah akan, membenturkan bayi dg orang dewasa. Sama dg FOGRI, dan FOSI, 'kan juga organisasi (kalau mau disebutkan demikian) yg nirlaba. Pertanyaan saya sebelumnya (yg belum mendapatkan respon), tentu saja utk me

Re: [iagi-net-l] Fwd: [PP-IAGI] IAGI For Kids

2003-08-04 Terurut Topik Mohammad Syaiful
Itu 2 varietas yg berbeda, satunya sekda, yg lainnya tukang batu yg hobinya menelusuri gua dan geowisata. - Original Message - From: <[EMAIL PROTECTED]> Date: Tue, 5 Aug 2003 08:28:12 +0700 (WIT) To: <[EMAIL PROTECTED]> Subject: Re: [iagi-net-l] Fwd: [PP-IAGI] IAGI For Kids > Lebih tepa

Re: [iagi-net-l] Introducing PGSC

2003-08-03 Terurut Topik mohammad . syaiful
Selamat buat kelahiran PGSC! Selamat buat pak Sigit yg makin ngetop! Saya ingin tahu, darimana pembiayaan 'kegiatan'nya? Mungkin kalau sudah ada 'proyek', dana bisa diambil dari sana. Namun utk dana awal, bagaimana? Apakah sekarang sudah ada 'proyek'nya? Selanjutnya, kalau bisa mengerjakan proye

RE: [iagi-net-l] Pulau Miang Besar

2003-07-23 Terurut Topik mohammad . syaiful
sa ini? Apakah hidrokarbonnya berupa gas, minyak, atau migas bumi dua2nya ada? Terima kasih kalau ada yg mau berbagi pengetahuan ttg si Miang Besar ini. Salam, Mohammad Syaiful Eni Indonesia Kuningan Plaza - South Tower, 9th Floor Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C 11-14 Jakarta 12940, Indonesia Phon

[iagi-net-l] Pulau Miang Besar

2003-07-22 Terurut Topik mohammad . syaiful
mengelolanya? Apakah sudah ada pemboran seperti yg biasa kita lakukan dewasa ini? Apakah hidrokarbonnya berupa gas, minyak, atau migas bumi dua2nya ada? Terima kasih kalau ada yg mau berbagi pengetahuan ttg si Miang Besar ini. Salam, Mohammad Syaiful Eni Indonesia Kuningan Plaza - South Tower, 9th

Re: [iagi-net-l] Oleh-oleh PP-IAGI & Pengda IAGI Jatim dari Bromo

2003-07-22 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bravo utk IAGI! Utk permintaan ibu Wati, mungkin mesti diberikan porsi tersendiri/khusus. Secara umum, karena materi ini diperuntukkan kepada salah satu komponen masyarakat awam, ya tentunya materinya akan berkesan 'mendasar' bagi anggota IAGI dan para geolog lainnya.

Re: [iagi-net-l] Medco Siap Ambil Alih Ladang Migas ConocoPhillips

2003-07-13 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ladang yg mana sih? Natuna Sea? "Rovicky Dwi Putrohari

Re: [iagi-net-l] Fluvial channel (incised) fill vsfluvialdistributarychannel

2003-06-26 Terurut Topik mohammad . syaiful
Shof, kok SP nggak bagus lagi akuisisinya, kenapa? Kebalikan sama kamu, aku jarang main di wbm, he..he.. "Shofiyuddin Thoha"

Re: [iagi-net-l] Topographical condition of East Kalimantan mapped

2003-06-20 Terurut Topik mohammad . syaiful
Pak Argo, berita itu persis kemarin ya, hanya beda bahasanya saja? "argo"

RE: [iagi-net-l] Gunung Geger Ditemukan Kandungan Batu Bara

2003-06-19 Terurut Topik mohammad . syaiful
Setahu saya, pak Argo bukan seorang geolog. Mungkin mas Benz dan teman2 di sekretariat IAGI bisa membantu memberikan info. "Toto Santosa"

RE: [iagi-net-l] Gunung Geger Ditemukan Kandungan Batu Bara

2003-06-18 Terurut Topik mohammad . syaiful
Pak Slamet, bisa pula artinya adalah 'punggung' (boso Jawa mas). Yg dimaksud itu memang 'gunung' alias 'mountain', atau malahan 'volcano'? "Riyadi, Sla

RE: [iagi-net-l] Gunung Geger Ditemukan Kandungan Batu Bara

2003-06-18 Terurut Topik mohammad . syaiful
Pak Toto, pak Argo itu aktif di salah satu media (lupa namanya, ayo pak Argo, silakan memperkenalkan diri), dan selama ini secara tidak langsung ikut membantu kita (IAGI) dlm hal sosialisasi geologi kepada masyarakat awam. Itu kalau saya nggak keliru lho...

RE: [iagi-net-l] Benarkah "Perut" Monas Menyimpan Cadangan Minyak Bumi?

2003-06-18 Terurut Topik mohammad . syaiful
kata kang Oki, pipa bawah tanah memang perlu, yg ukurannya besuaar sekalian, jadi bisa dibagi dua (utk dua arah). tak ada minyak, subway pun jadi... SYARI

RE: [iagi-net-l] Benarkah "Perut" Monas Menyimpan Cadangan Minyak Bumi?

2003-06-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bener, Qi, wah idemu memang berlian... "Musakti, Oki" <[

RE: [iagi-net-l] Benarkah "Perut" Monas Menyimpan Cadangan Minyak Bumi?

2003-06-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Utk pak Awang, kalau mau ngebor/nguji, dahulu kala 'kan nggak perlu ada data seismik dulu. Jadi bisa langsung diuji saja (kalo berani). Terus tambahan sekalian utk mas Kun, ngebornya mungkin bisa dari Simatupang, vertikal dulu sekian ratus meter, terus bor mendatar ke arah Monas, he..he..

Re: [iagi-net-l] Benarkah "Perut" Monas Menyimpan Cadangan Minyak Bumi?

2003-06-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Terima kasih, pak Arie. Ada pula yg sudah ngasih tahu via japri. Salam, Syaiful [EMAIL PROTECTED]

Re: [iagi-net-l] Benarkah "Perut" Monas Menyimpan Cadangan Minyak Bumi?

2003-06-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Mbak Wulan yg baik, apa artinya SES? Maaf kuper nih. [EMAIL PROTECTED]

Re: [iagi-net-l] telp Dr. Ong

2003-06-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Mbak Rini dkk di IPA pasti bisa membantu, soalnya pak Ong sedang aktif jadi komandan kursus di IPA. <[EMAIL PROTECTED]

RE: [iagi-net-l] Lagi lagi ... sistim proyeksi

2003-06-15 Terurut Topik mohammad . syaiful
Pak Harahap, kalau via japri, file PDF tsb bisa dikirimkan, bukan? Saya berharap bisa membacanya. Terima kasih sebelumnya. Salam, Syaiful "Harahap,

RE: [iagi-net-l] sonic behind casing

2003-06-05 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bener Wo. "Pangarso, Boy Wibowo" <[EMAIL P

RE: [iagi-net-l] sonic behind casing

2003-06-05 Terurut Topik mohammad . syaiful
Terimakasih mas Frank atas pencerahannya. Yg sudah terjadi, sonic tool dipergunakan di interval open-hole, terus saja hingga melewati cased-hole di atasnya. Nah, ini yg saya tanyakan dari kemarin: apa yg mesti dilakukan/dikoreksi dg data yg di cased-hole tsb, apakah cukup sederhana atau perlu perl

Re: [iagi-net-l] Positioning

2003-06-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Mas Bambang, Dua kumpeni migas dg proyeksi yg beda saja sudah bisa menghasilkan perbedaan hingga: 95 m (utk titik yg sama). Tugas BPMigas tentunya utk urusan standarisasi sistem proyeksi ini. Salam, Syaiful

RE: [iagi-net-l] sonic behind casing

2003-06-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
mas Paulus, artinya kalau punya data sonic yg 'behind casing' enggak bermanfaat ya, alias dibuang saja? "Allo, Paulus T"

[iagi-net-l] sonic behind casing

2003-06-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ada yg punya pengalaman dengan 'sonic behind casing'? Yg saya maksud, dg tool yg sama utk melakukan wireline logging di open-hole, pengukuran diteruskan ke atas hingga melewati casing shoe dan terus dilakukan di dlm casing. Mohon koreksi di bawah ini: * Kalau GR, biasanya polanya sama, hanya ni

RE: [iagi-net-l] Glauconite

2003-06-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Sebelum baca posting pak Sanggam, tampaknya rekan2 di FOSI juga cukup tanggap. Mas Shofi sudah dikontak dan akan cerita dikit pada Berita Sedimentologi #18 yg akan datang (meskipun topik utamanya adalah seismik). Kita tunggu saja hasilnya, di antara kesibukan yg lua biasa (kantor) dari para pe

Re: [iagi-net-l] Glauconite

2003-06-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Shof, cerita lebih detil ttg si thorium dong. "Shofiyuddin Thoha"

Re: [iagi-net-l] deskripsi lithology dari logs?

2003-06-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Ada teman yg sudah bikin scanning dari cari 'chart'nya, cuma terlalu gede (~5Mb). Mungkin ada yg punya digital file lebih kecil ukurannya dan lebih bagus?

Re: [iagi-net-l] LT IAGI 27 Mei - sukses terlaksana

2003-06-02 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bravo, komwil kaltim! "Herry Maulana"

Re: [iagi-net-l] Dari Ultrabasa hingga granitoid : Bebatuan di kampus ITB

2003-03-31 Terurut Topik mohammad . syaiful
Wah, saya dukung tuh idenya. Sip banget! Bravo tentunya teruntuk pak Andri yg ngganteng pol. AL-AMIN Amir

Re: [iagi-net-l] Mohon penjelasan

2003-03-17 Terurut Topik mohammad . syaiful
Betul Bah, memang bukan akal2an. Kemungkinan seperti pak gubernur dsb itu 'kan sudah diprediksi sebelumnya, jadi saya hanya ingin mengemukakan bahwa itu hal yg mungkin, cuma saya tidak menyinggung AD/ART segala. Mungkin yg jadi perhatian pak Budi, adalah jumlah anggota non-geologi tsb. Kalau perse

Re: [iagi-net-l] buku baru

2003-03-17 Terurut Topik mohammad . syaiful
OK, Abah, kemarin cak Ar juga sudah memberitahu. Salam, Syaiful *Bah, berminat mengisi 'who wants to be a president' di TPI? "Yanto R.

RE: [iagi-net-l] Buku Baru

2003-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Bener cak Ar, memang sudah lama nih di dlm 'tempurung'. Tapi pikiran pak Eddy dan mbak Lindy memang harus dipertimbangkan utk soal sken2 tsb. Salam, Syaiful

RE: [iagi-net-l] Buku Baru

2003-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Terimakasih mbak Lindy dan pak Eddy. Memang itu pula yg perlu dipertimbangkan. Kalau usulan saya itu 'kan hanya melihat segi praktisnya. Salam, Syaiful Lindy

Re: [iagi-net-l] mohon penjelasan

2003-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Pakai taktik sajalah, mas Budi. Tentu saja, semua kepengurusan di IAGI baik pusat maupun cabang/daerah harus mutlak anggota IAGI. Nah, anggota IAGI itu 'kan macam2 jenisnya. Ada anggota biasa, anggota kehormatan, dll. Pak Gubernur dan orang2 non-geologi lainnya 'kan bisa masuk sbg salah satu jeni

Re: [iagi-net-l] Buku Baru

2003-03-16 Terurut Topik mohammad . syaiful
Usul. Utk jangka panjang, bagaimana kalau sekretariat membeli sebuah 'scanner' sehingga buku2/makalah2/dsb bisa didigitalkan. Yg perlu dipikirkan, bagaimana caranya agar pihak2/teman2 yg memerlukannya kemudian bisa memberikan 'kontribusi' utk hal tsb.

RE: [iagi-net-l] Help on Gas reserves sertification

2003-03-12 Terurut Topik mohammad . syaiful
Analoginya seperti membandingkan 2 rumah: yg pertama rumah tipe RSSS, sementara yg kedua mungkin rumah mewah. Tentunya D&M merasa lebih nyaman tinggal di rumah mewah.

RE: [iagi-net-l] airborne gravity workshop

2003-03-12 Terurut Topik mohammad . syaiful
Nah, kalau alamat Fugro, saya tahu. Mungkin bisa ngontak pak Agus Wiryawan (geotechnical manager/technical advisor) di imil: [EMAIL PROTECTED] (sempat kenalan pas IPA luncheon talk beberapa bulan lalu). Kantornya di bilangan Tebet. Salam, Syaiful

Re: [iagi-net-l] Help on Gas reserves sertification

2003-03-12 Terurut Topik mohammad . syaiful
Kang Syafri, setahu saya, kalau sudah mulai dikomersilkan maka sertifikasinya dilakukan oleh suatu badan sertifikasi tertentu, biasanya adalah D&M (DeGolyer & MacNaughton) yg berkantor di Dallas. Tampaknya DST adalah suatu keharusan utk sertifikasi ini. Kalau hanya RFT atau MDT saja yg dilakukan p

RE: [iagi-net-l] Disertasi : Minyak, 10,5 Tahun Lagi Habis

2003-03-04 Terurut Topik mohammad . syaiful
Tantangan (utk eksplorasi) 'kan sebenarnya adalah ditujukan bagi yg punya duit. Sementara G&G seperti kita, ya tantangannya adalah utk meyakinkan para pemilik duit itu utk mau melakukan eksplorasi. Bener enggak sih? Salam, Syaiful

[iagi-net-l] JOINT CONVENTION JAKARTA 2003, IAGI AND HAGI - apa prioritas kita?

2003-02-26 Terurut Topik mohammad . syaiful
Saya belum tahu pasti apa kemauan panitia utk pelaksanaan acara ini. Mungkin kita bisa memberikan usulan/masukan yg gampang. Beberapa hal mungkin menjadi keinginan para peserta, atau semuanya diinginkan dengan prioritas yg berbeda. Nah, bagaimana kalau kita memberikan keinginan kita. Saya akan men

<    5   6   7   8   9   10   11   >