rofiq wrote:

C++ dan Java berada diruang yg sama yaitu OOP, jadi kalo saya
paraphrase dengan konsep zen, "antara C++ dan Java programmer manakah
yg menguasai zen ini dengan lebih menyeluruh?". Maka jawabannya "sama
saja", karena zen-nya ya itu2 juga, nggak beda.

Perbedaannya ada di waktu. Java dengan memotong banyak rintangan
menjadikan para pelajar lebih mudah meniti ke zen OOP. Dengan lebih
mudahnya jalan ini maka waktu perjalanan Java programmer lebih singkat
dibanding C++ programmer, tentu saja waktu ini relatif karena bisa di
boost dengan peralatan yg canggih termasuk otak manusia.

"sama saja"

Jadi kalo pak cik siap bayar ongkos waktu untuk adaptasi si C++
programmer untuk ngerjain Java programmer ya silahkan. Yg lebih
penting menurut saya adalah mengukur sejauh mana zen yg dimilikinya.

konzep zen ini menarik sekali pak. kira2 bagaimana mengemas
pertanyaan wawancara sehingga dapat mengukur tingkat zen ini?

saya sendiri berawal dari C++ dan sedang migrasi ke Java.
memang betul comment dari pak Rudi Har, belajar language
(syntax/semantic) sih kurang dari 3 minggu. tapi untuk menjadi
expert dengan set API dan platform rasanya masih a long way to go.

-brod

Kirim email ke