Kelihatannya sih rumit banget rumusnya.  Biasalah, kalo udah lihat 'cacing'
bertumpuk2 kadang kita udah ngeri duluan hehehe :) So ngga usah ahli banget
dalam matematika, asal mau bisa deh pake rumus Black Scholes.

Btw, saya dulu sempat bikin formulanya di MS Excel dan emang ngga rumit2
amat. Apalagi banyak formula/fungsi statistik yang membantu.  Bahkan saya
sempat baca buku (judulnya saya lupa, tapi masih ada dikampus) yang membahas
hal tsb, plus ada source code (macro) nya (pake VBA).

> Options parameter ini sangat penting sekali untuk mengetahui apakah
> harga dari sebuah options mahal/murah, volatility dan dapat digunakan
> untuk memprediksi pergerakan equity melalui historical statistics.
>
> Jadi jangan heran, kalau persh. financial firm di wall street buka
> lowongan untuk Ahli Matematika, itu karena memang mereka butuh expert
> untuk decode options pricing :)

Kalau ngga salah, di Indonesia ada disiplin baru yang mengawinkan Fisika
dengan Finance. Perintisnya Johanes Surya. Sepertinya finance emang harus
banyak disupport orang2 exacta (Math, statistik, Fisika, etc).

--
Namora
http://namora.org/blog

Kirim email ke