Alaikumsalam,
Nimbrung :
Seru juga nih baca pengalaman2 pribadi.

Di milis tetangga dulunya saya sering dianggap memakai jilbab, lantaran kan
suka ngirim2 artikel
yg islami.
Kemudian ketika ketahuan enggak pakai [ waktu kopdar] mereka rada menjaga jarak.
Lantas berikutnya : ada yg terus 'menghilang' - ada yg bilang saya islib :-)
Bawaannya sinis sekali, apakah saya berdosa karena belum/gak pake jilbab?
Tapi Alhamdulillah saya juga jadi tahu, mana yg namanya teman sejati....taela!

Saya pakai kerudung cuma kalo pengajian.
Kalo menghadiri  kesripahan, justru gak pake kerudung.
Pokoknya kerudung cuma dipakai pengajian
Bagi saya kerudung adalah dress code kalo pergi keacara keagamaan.

Saya menyikapi kerudung seperti yg saya lihat sementara ini : jilbab hanya
sebatas 'cara/pilihan berpakaian'.
Kalo kata Mia manusia itu berubah :-)
Duluuu saya cuma pakai dan punya rok, sekarang justru rok sama sekali gak punya
:-)
Waktu masa sekolah dulu rambut saya panjang sampai sepinggul. Sekarang rambut
mencapai leher saja sudah
senewen. Pokoknya meski cuma dipotong 1 cm, rasanya lebih enak.
Sapa tahu mungkin besok, lusa atau kapan saya kepingin mengubah tampilan saya :
berkerudung/berjilbab.
[ Persediaan jilbab/kerudung saya lumayan banyak]

Yg saya alami [ bergaul] dengan perempuan berjilbab, banyak yg perilakunya yg
tidak sesuai dengan apa yg diinginkan jilbab.
Yg memakai jilbab ada juga yg perokok berat, ketawa ngakak, suka clubbing,
solatnya juga sering
ditunda, cepat2, suka ngomong porno. Jadi apa bedanya?
Di resto2, cafe- banyak yg berjilbab, ber-wine-ria pula.

Tapi banyak juga yg belum/tidak pake jilbab memperlihatkan kesantunan, perilaku
yg islami.

Tempo hari di acara kick Andy ada juga pernyataan seorang perempuan berjilbab
korban perkosaan massal.
Perempuan korban perampokan taksi pun demikian, mungkin karena saking PD nya,
akhirnya juga jadi korban.
Selama ini pemakaian jilbab disikapi agar tidak diganggu, tapi kalo memang
apes, kurang berhati-hati
tetap saja jadi korban kejahatan.

Jadi ya sebaiknya gak usahlah mengkultuskan jilbab/kerudung.

Sepertinya dengan berjilbab dunia menjadi lebih indah dan sejahtera, tidaklah
yaow.
Semuanya kan berbalik pada hati2 masing2 lebih dulu.
Makanya jadi ada yg bilang sebelum kepala dijilbab-in, hatinya dulu di
jilbab-in.
:-)
Hati yg ber'jilbab' - Hati yg tenang, tentram adalah selalu mengingat Allah.
Beribadah - Berdoa, dzikir, solat malam, puasa, bersedekah- derajatnya tinggi.
Kayaknya di hadith gak disebutkan tuh musti pake jilbab :-)
Wallahualam!

Salam,
l.meilany