Dik Lanang Anom,

Uraian sampeyan tentang warna dan kasta dalam agama Hindu kurang tepat.
Khususnya kasta waisha dan sudra di Bali sangat dibedakan dengan kasta ksatria
dan brahmana. Bukan saja dalam bidang fungsi dan tugas mereka di masyarakat
atau negara yang Anda sebut sebagai warna melainkan juga dalam derajat
sosialnya.

Sangat jarang terjadi atau jarang  direstui perkawinan antara orang yang
berkasta ksatria atau brahmana dengan yang berkasta waisha atau sudra.

Saya punya kenalan seorang pria bangsawan Bali yang suatu kali mengundang saya
makan siang di rumahnya. Sewaktu kami duduk melingkari meja makan siap
menyantap hidangan, saya bertanya kenapa istrinya tidak ikut duduk makan
bersama kami. Sebelum pertanyaan itu terjawab, muncullah sang istri yang cantik
yang lalu meladeni kami menyendok nasi dan menawarkan lauk pauk sambil
berkeliling meja tanpa duduk. Setelah kami semua terladeni, ia kemudian duduk
menyendiri di kejauhan sambil melihat kalau kalau kami memerlukan bantuan.
Sementara kami makan, dengan volume rendah berceriteralah kenalan saya tersebut
bahwa isterinya adalah orang Jawa, dus dari luar lingkaran puri dan kastanya
belum dianggap sederajat dengannya. Secara tersirat itulah sebabnya sang istri
tidak duduk bersama kami.

Ada lagi pengalaman sewaktu menyaksikan ngaben raja Klungkung, saya
berkesempatan berada dalam puri bersama teman Bali yang lain yang berkasta
waisha. Di situ saya melihat gadis gadis puri yang cantik cantik. Dengan
kebiasaan di Jakarta yang lebih bebas, dari kejauhan saya di depan teman itu
mengomentari seorang putri yang paling cantik. Tapi kemudian saya terkejut oleh
bentakan teman saya yang melarang komentar saya itu. Katanya tidak selayaknya
sebagai orang waisha kalau kita berani memberikan komentar pada gadis puri itu.
Dia kawatir jangan jangan nanti kedengaran baik oleh sang gadis maupun anggota
keluarga puri. Padahal dari jarak itu jelas tidak mungkin kedengaran. Dari
uraiannya saya menangkap bahwa kesadaran derajat kasta sangat kental dalam
hatinya.

Semoga dapat menjadi tambahan.

Salam,
Supriyadi