--- In dokter_umum@yahoogroups.com, ":why:" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Miliser
>
> maaf mau tanya,
> istri saya pake kb suntik yang 1 bulanan,
> yang ingin saya tanyakan adalah setelah melakukan suntik pertama
(pertama kali menggunakan KB suntik, sebelumnya pake kondom dan
kalender) berapa waktu obat suntik KB itu bereaksi. Maksud saya
adalah, amankah jika sore hari melakukan suntik KB tersebut lalu
selang 2 jam kami melakukan hubungan suami istri. Apakah istri saya
nanti bisa hamil karena selang waktunya hanya 2 jam atau obat suntik
itu udah langsung bekerja? mohon pencerahan dokter dan teman2 milis.
> mohon maaf jika kata2nya kurang berkenan.
>
> terima kasih
>
> :wahyu:

saudara wahyu
pemakaian Kb suntik yang 1 bulan dapat bertahan selama 1 bulan dan
pada keadaan istri harus diketahui dahulu kapan penyuntikan KB
tersebut, apakah semasa ovulasi (biasanya 14 hari setelah menstruasi
pertama)? klo penyuntikan KB 1 bulan dilakukan semasa 2 hari sebelum
sampai 3 hari setelah itu dan berhubungan semasa tersebut maka
kehamilan dapat terjadi? dikarenakan kemungkinan belum bekerjanya
obat kb tersebut.untuk memastikan bapak masih harus periksa tes
urine HCG..
demikian yang bisa saya sampaikan.