Rekan2 FPK terhormat,

Sangat lah tepat kalimat dari rekan Ridwan dibawah ini, bahwa keberhasilan
suatu kebijakan itu sangat lah tergantung dari lingkungan masyarakat dimana
kebijakan itu berlaku. Oleh karena itu, si pembuat kebijakan mutlak harus
mengetahui "mutu" dari masyarakatnya sehubungan seluruh aspek yang mempengaruhi
berfungsinya kebijakan, serta tujuan utama dari kebijakan dimaksud. Tambah
tinggi kwalitas masyarakatnya, maka tambah mudah pula untuk mengharapkan
respons yang positive terhadap suatu kebijakan yang jelas2 mengandung potensi
"bahaya" sangat besar ini. Jadi menurut saya pribadi, sangat lah mustahil bila
si pembuat kebijakan tidak menyadari akan kwalitas masyarakatnya yang tidak
tergolong tinggi, tidak hanya terlihat dari mutu pendidikan formal yang
dilaksanakan didalam gedung yang akan segera ambruk, tapi juga perkembangan
akhlak dan moral kita yang sekarang ini nyaris pada setiap lapisan, tindak laku
nya secara vulgar hanya mementingkan diri sendiri atau lingkungan sempitnya,
serta sifatnya jangka pendek dan sangat berjauhan dari sifat preventive atau
pencegahan. Sedangkan pengertian "safety" mayoritas adalah pemikiran
pencegahan. Bukan kah dinegeri ini, bila belum ada korban yang tergeletak
didepan mata, yah belum ada suatu tindakan yang dibutuhkan secara urgent? Ini
masalah yang sangat serius yang sama sekali belum ada tanda2 nya disikapi
secara serius oleh si "pengecap" uang rakyat.
Salam,
Bodo