Aku cuman pengen tanya nih, ama temen2 investor (yang namanya investor di
industri migas = KKKS atau calon KKKS, kan ?), apakah memang sebegitu buruknya
kami sehingga bila ada survey (apalagi dari luar negeri) anda selalu/sering
memberikan point negatif ?

Menjawab pertanyaan Ibu Nuning diatas: kalau pertanyaan yang ditujukan lebih ke
non technical, i.e perijinan, birokrasi (non technical), pokone yang kagak ada
hubungannya dengan geologi: YES saya akan memberikan point negatif, MENGAPA?
saya berikan beberapa contoh:
1. Waktu mau shoot seismic di South Barito untuk lewat perkebunan karet,
lamanya
ijin keluar lebih dari 6 bulan, saya ada kronologi lengkap dari kita mendatangi
GM nya, terus di pingpong Banjarmasin-Pontianak-Jakarta, surat resmi kemana
mana, akhirnya hanya dengan verbal approval silahkan lakukan  (Perlu saya garis
bawahin BPMIGAS bagian formalities sangat membantu kami dalam melakukan
pendekatan2 ke pihak terkait). Yang kepikiran di kepala saya, kalau setiap KKS
on shore punya masalah begini, seberapa banyak personel BPMIGAS yang harus
dikerahkan untuk membantu KKS untuk urusan begini? Terus fokus pencarian minyak
dan gas bumi saya yakin akan terganggu kalau KKS selalu di hadapkan dengan
persoalan diatas.
2. Waktu kita mau mulai pengeboran di West Papua, ada perintah dari pihak
imigrasi lokal bahwa orang Indonesia yang akan ke RIG harus membawa pasport,
coba bayangkan kita sudah merdeka selama 66 tahun, industri MIGAS kita sudah
lebih dari 40 tahun dan untuk berangkat ke RIG yang nota bene masih di perairan
Indonesia, nah lho gimana tuh? tentu kita perlu waktu lagi untuk koordinasi
dengan semua pihak terkait yang akhirnya setelah di ber pengertian a sampai z
baru mereka mengerti. Ini baru masalah yang sangat sederhana menyangkut orang
Indonesia, belum lagi yang menyangkut pekerja asing di RIG, pokoke bikin GA dan
HR kita keteteran ngurusin yang beginian yang kagak selese- selese, sampai
sampai saya dengernya ajah udah males.
3. dll,
4, dsb

Kalau pertanyaan yang menyangkut keteknikan: Saya kira saya akan memberikan
point positif untuk hal hal yang menurut saya memang sudah banyak perbaikan di
BPMIGAS: contoh: persetujuan G&G studies, pengalihan komitment, persetujuan
AFE,
dll
Tapi saya akan memberikan point negatif kalau ditanya sedemikian banyaknya form
form yang harus diisi karena menurut saya banya sekalai form form yang
"repetition", ditanyakan berkali kali tapi kalau diperhatikan isinya sama saja.