Klarifikasi: Agama Yahudi tidak termasuk dalam kelompok besar yang secara
longgar sering beri label "Kristen." Bahkan, ada banyak ajaran dalam agama
Yahudi yang lebih mirip dengan Islam daripada dengan Kristen.

Pada masa gereja Kristen purba, belum dikenal "aliran-aliran." Gereja Kristen
baru pecah setelah Reformasi oleh Luther. Gospel yang konon baru ditemukan itu
kabarnya ditulis oleh Judas Iskariot, dan setahu saya, tak ada aliran Kristen
manapun yang menerima "Injil" Judas ini karena pada umumnya gereja-gereja
Kristen, meski beda-beda ajaran dan liturgi, menganggap Judas sebagai
pengkhianat Yesus. Bahwa Sdr. Loekyh menyatakan ia cenderung mempercayai
"gospel" yang hilang ini, bagi saya adalah sesuatu yang sangat menggelitik.
Boleh tau dasarnya apa? Berbekal pengetahuan apa?

Jehovah Witnesses tidak menyebut dirinya "Kristen." Mereka menyebut diri ya
itu, dengan nama "Saksi Yehovah." Namun, bahkan mereka pun percaya bahwa Judas
mengkhianati Yesus.

manneke