Ya namanya istilah kok mau diliteralkan, yg namanya kebakaran jenggot khan
bukan benar2 berarti jenggotnya kebakaran, yg benar2 punya jenggot panjang juga
seumur hidup jenggotnya nggak kebakaran tapi bukan berarti tidak pernah
kebakaran jenggot. Saya cuman kasih contoh2 pemakaian kata kapitalis sejati
se-hari2 dan umum bukan berarti pemakaian arti dalam berita itu bagi anda, juga
nggak niru2 istilah lha waktu nulis masa mesti searching dulu kata2 apa yg mau
dipakai ngapain juga. Hanya orang2 yg hidup di-awang2 dan narsis yg sensitive
banget yg sebentar2 offended tersinggung nggak karu2an kebakaran jenggot
mempermasalahkan kata2 yg sebenarnya umum saja..
Kapitalisme dan sosialisme dewasa ini memang sudah campur baur bahkan sudah
sedemikian menyatunya sehingga orang seringkali tidak sadar atau tidak ngeh
lagi, orang2 yg teriak2 anti kiri anti progressive menyatakan diri sebagai
kapitalis sejati juga nggak ngeh kalau dirinya bisa baca tulis sekolah gratis
itu ya hasil dari sosialisme. Ngobrol2 sama teman yg menyuarakan ketidak
setujuan program college gratis yg diajukan demokrat, menurut beliau itu tidak
ada artinya karena mereka yg niat sekolah biarpun bayar ya tetap sekolah, itu
tergantung kemauan katanya sambil juga berdalih ada financial aid sambil kasih
contoh dirinya yg dapat financial aid sehingga bisa sekolah tanpa bayar. Saya
ketawa sambil bilang anda beruntung tinggal di California yg dikuasai demokrat
dgn banyak program2 progressive, California memang menyediakan financial aid
sampai tingkat college bagi mereka yg eligible, lha gimana dgn mereka yg
tinggal diluar California di state2 yg tidak progressive, program college
gratis itu khan buat semuanya seluruh US. Saya katakan saya juga dapat
financial aid jadi ngerti betapa pentingnya dan sangat bermanfaat, ketiadaan
biaya merupakan obstacle besar dan bisa jadi batu sandungan.
Sekarang ini kalau bicara ekonomi politik adalah sebagaimana keterlibatan atau
peranan negara didalamnya, orang2 progressive lebih cenderung peranan negara yg
tinggi/besar sedang orang2 kapitalis sejati lebih menyerahkan pada peran serta
masyarakat sendiri dengan meminimalkan peranan negara.
Dalam diskusi pementasan kemiskinan ini saya katakan anda kapitalis sejati
karena kecenderungan anda dalam mengandalkan peranan konglomerat atawa taipan
seperti Wang Jianling misalnya. Tentu philantropis seperti ini sangat bagus
sekali tetapi dalam hal ini biarpun sangat kaya sekali juga jangkauannya
terbatas tidak bisa menyeluruh.

Kirim email ke