Jonathan: dokter dan doktor yg anda tulis itu untuk Indonesia yg sekolah
kedokteran hanya S1.

Saya mengatakan MD itu doctorate degree, tetapi saya tidak pernah mengatakan MD
itu PhD

Ingat! Saya mengatakan MD itu doctorate degree, tetapi saya tidak pernah
mengatakan MD itu PhD.

Memangnya kapan saya bilang "Doctor = Phd"?

Di Amerika tidak ada istilah "dokter" adanya Doctor of Medicine yang sekolahnya
merupakan jenjang doctorate

Jadi kalau mau bilang MD itu bukan PhD, itu memang benar. Tetapi bilang MD itu
bukan doctorate degree, itu salah kaprah,

Nesare: kelihatan sekali jalan pikirannya, makanya sigoblok bilang Dr/dokter
dan DR/doctor hanya ada di indonesia. Sigoblok ini bilang MD di USA itu adalah
gelar doctor. Ketika sigoblok bilang MD adalah Doctor tetapi bukan Phd itu, dia
gak sadar bilang Doctor/DR itu adalah MD. Goblok enggak? Ini kan artinya kalau
orang taruh gelar DR didepan namanya itu harus MD/dokter dan jurusan lain non
kedokteran itu adalah Phd. Ini makanya sigoblok bilang MD itu doctor tetapi
bukan Phd!! Wong ada temen yang hanya dokter/MD (plus MBA krn gak suka kerjaan
sbg nucler medicine dan cari2 kerjaan) jadi ketua jurusan di medical school di
Midwest ranking 10 besar utk primary care bilang, dia pake Dr. dengan r kecil
didepan namanya plus gak ada Phd dibelakang namanya. Dia sebetulnya gak kapabel
tetapi krn duit jurusannya gak cukup ya akhirnya dia ditunjuk jadi dean/dekan
jurusan itu. Ini sebetulnya ngibul krn Dr. itu seakan2 level S3. Dia
mendapatkan pekerjaan dean ini krn gelar dokter nya bukan doctor nya.

Sedangkan di USA itu, titel DR/Doctor itu = Phd. Ada orang yang taruh Phd
dibelakang namanya dan ada yang taruh DR didepan namanya. Ini buat semua
ilmu/jurusan termasuk ilmu social seperti anthropology, economics, language,
arts dll. Begitu juga buat ilmu pasti: engineering, science/IPA dll. Gak ada
orang yang mempersoalkan Phd dan DR sbg titel krn ini adalah gelar tertinggi
dibidang masing2. Di Indonesia disebut S3.

Sebenarnya sigoblok ini benar waktu dia bilang ada professional dan research
doctorate itu. Ini benar. Hanya saja sigoblok bingung sendiri setelah ane maen
kucing2an sama dia lalu dia bersikeras bilang MD = DR tetapi bukan Phd. Dia
kebingungan kesetaraan antara MD dan Phd ilmu yang lain. Sebetulnya ini yang
menjadi perbedaannya. MD itu walaupun disebut DR tetapi tidak setara dengan Phd
cabang ilmu lain. Syarat utama mendapatkan Phd/S3 itu adalah menulis disertasi.
MD tidak pernah menulis disertasi. Pengecualian di Yale itu adalah tradisi.

Argument yang dipakai sama sigoblok itu adalah jenjang lamanya mendapatkan Phd
dan MD.

Coba kita simak tulisan sigoblok yang memanipulasi jenjang Phd:

MD:

BS/BA (4 th) -> pendidikan MD (4 th) -> residency (3-7 th, depend on
specialty); total 11-15 th

PhD:

BS/BA (4 th) -> pendidikan PhD (4 th); total 8 th

Post Doctoral:

BS/BA (4 th) -> pendidikan PhD (4 th) -> Post Doctoral (3-5 th); total 11-13 th

Dari lamanya program pendidikan kelihatannya MD setara dgn Post Doctoral.

Lihat sigoblok bilang hanya perlu 8 tahun dari SMA/high school di USA utk
mendapatkan Phd. Ini mimpi atau pengeculian seperti anak2 genius yg langsung
diterima di universitas waktu umur muda sekali. Lazimnya orang lewat
undergraduate/S1/bachelor lalu master baru Phd. Dia hilangkan jenjang master
nya.. Dia manipulasi master ini utk klop2in dengan jenjang MD. Lucu kan?
hahahahahahaha. Walaupun seorang S1/bachelor ada yang langsung masuk program
Phd tetapi mata kuliah tambahan yang diambil lebih banyak shg waktu utk
menyelesaikan Phd nya ya sama saja. sekarang ada seorang Indonesia asal jogja
masuk Phd economics langsung dari bachelor dan sudah 6 tahun masih belum
selesai. Sedangkan program Phdnya dipatok 6 tahun. Jarang sekali bisa lulus 4
tahun utk dapat Phd. Mata kuliahnya saja sudah 2 tahun paling cepat kalau
bachelornya sudah komplit. Kalau tidak komplit ya harus ambil mata kuliah
tambahan. Setelah lulus mata kuliah ini lalu ujian prelim. Setelah lulus prelim
baru  nulis disertasi. Biasanya mhsw mandeknya di disertasi ini. Patokan
sigoblok itu 4 tahun Phd itu mimpi. Ada tapi jarang sekali. Tapi pokoknya
sigoblok ini ngibul 8 tahun sudah dapet Phd tanpa lewat master. NGIBUL GEDE!!!
AYO BUKTIKAN SEKOLAH APA? SEBUT SATU SAJA GAK USAH BANYAK2 HEHEHEHEHEHEHEHEHE.

Sigoblok ini kan gak berani ngomong ttg PharmD/doctor of pharmacy/apoteker,
doctor of ophthalmology/dokter mata, doctor of veterinery/dokter hewan, doctor
of chiropractor dll. Oh ya ngomong2 doctor of chiropractor ini jenjangnya sama
dengan MD/medical doctor loh sekolahnya. Lucunya malahan chiropractor ini tidak
dianggap sebelah mata sbg seorang dokter (diindonesia istilahnya adalah ahli
patah tulang hehehehehe yang gak pernah pergi sekolah). Hehehehehehe lucu ya
diindonesia orang gak perlu pergi kesekolah habis2in duit bisa jagonya minta
ampun ngobatin patah tulang. Oh ya bagi yang berminat ini ada master patah
tulang/chiropractor di Malaysia yang sangat terkenal master chris leong:

https://www.facebook.com/wahtohtittar/
<https://urldefense.proofpoint.com/v2/url?u=https-3A__www.facebook.com_wahtohtittar_&d=DwMFAg&c=MqzcmAKsw3j3xTQl5efyrz6ChwH9_xFQsqxq8hPjflw&r=b--3bMcsFDXZhzlPaGQHSGAP6g1dI7uvfD46Fz_tKps&m=-a-7l-QXexU2ju7fccqKFVaHHoy5ub1Z8mUkUaN6OCE&s=phTyQeOmwrVfimxobe0dkqRMhLYK_VvNDS69MRU8uYo&e=>

oh ya ngomong2 jago nyembuhin orang, hehehehehe belum tahu sigoblok ini banyak
orang dinegara nya mencari alternative medicine dinegara miskin hehehehehe. Ane
tahu sekali dan lihat gimana dukun Indonesia nyembuhin kanker hanya komat kamit
saja dan gak pernah pergi sekolah dukun ini. Coba dinegara sigoblok sudah lama
sekolah masih gak bisa juga nyembuhin kanker hehehehehe. Hutang iya numpuk
sekeluarnya dari sekolah yang mahal. Makanya habis jadi dokter pikirannya mah
duit, duit dan duit bukan ngobatin dan nolong orang. Makanya banyak yang baek
keluar kenegara miskin ikutan jadi dokter tanpa batas/doctor without border.

Apa yang ente hebat2kan jadi dokter dinegara ente?!!!!

Habis sekolah hutang numpuk. Kalau mati muda malah nombok waktu dikuburan
hehehehehe.

Terus kerjanya setengah mati. Bukan waktu saja tetapi stressnya minta ampun..
Makanya tingkat bunuh dirinya tinggi dinegara ente itu. Cari sana datanya..
Tanya sama pamanmu si google.

Kalau bilang jadi seorang fire fighter hebat itu ane betulkan. Kalau dokter mah
akh jauh!!!!!

Sebetulnya keseluruhan diskusi ini hanya menyangkut kesetaraan dan kesamaan..

MD itu tidak sama dengan Phd.

MD itu setara dengan Phd karena lama sekolahnya.

Ini saja sebetulnya. Tetapi karena sigoblok ini ngeyel plus sombong, akhirnya
dia ngalur ngidul dan ngibul.

Dasarnya dia ndak ngerti masalah akademis ini!!!!

Yang dia hebat2kan kan MD nya tetapi dia gak berani hebat2kan chiropractor,
dokter mata, dokter gigi, dokter hewan yang semua jenjangnya sama lewat
bachelor.

Sigoblok gak tahu DR/doctor dan Phd itu dipakai, disandangkan didepan dan
dibelakang nama itu artinya sama yaitu mendapatkan gelar akademis tertinggi
dibidangnya. Ambil contoh simple saja ada program Pharm dan Phd. Sedangkan
gelar lulusan pharmacy itu adalah doctor of pharmacy. Ngapain ada program
pharmacy/Phd kalau keduanya beda? Belajarnya bidangnya sama yaitu: pharmacy.

Gak tahan lihat orang sombong ini melecehkan pendidikan negara orang laen!!!

Bikin ane keluar dari kandang bentar saja hehehehehehe.

Nesare