On 10/20/05, Awang Satyana <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Data sebesar apa pun bisa dengan mudah berpindah tangan via kemajuan
> teknologi. Seolah, peraturan-peraturan yang mengatur kerahasiaan dan
> kepemilikan data tak ada artinya apa-apa. Betul. Tetapi, harus diingat : itu
> melanggar peraturan2 Pemerintah yang berlaku. Maka, terpulang ke diri masing2
> : apakah kita senang menggunakan data yang sebenarnya dilarang oleh aturan2
> Pemerintah ? Aturannya ada, memang data di kita masih closed-system, tetapi
> begitulah yang sekarang berlaku. Nanti2 ?, kan belum tentu selamanya begitu,
> siapa tahu nanti bisa open-policy.

> [...]

Bagaimana pendapat BPMigas atau pak Awang pribadi tentang open vs
closed file policy ?
Apakah peraturan saat ini memang memebratkan atau mempersulit
pencapaian "goal" dari target2 BPMigas sendiri, termasuk pemenuhan
komitment (krn penangguhan dg alasan data) impact pencapaian jumlah
discovery dll.
Kalau datanya terbuka tentunya daerah konsesi tidak harus luas2
banget. Kan pendapatan pajak lewat luas area juga akan terpengaruh
(wah blm apa2 mikir pajak deh gwe :) surri ).
Juga kalau data2 diketahui "musuh" kan bisa bahya utk dicaplok

Sebagai scientist tentunya banyak yg menginginkan openfile policy,
tetapi sisi lain tentunya ada yg harus dipertimbangkan. Termasuk
misalnya kesiapan kita seandainya terbuka jangan2 persh asing malah
lebih kuat yg mengelola data kita. Aku berharap seandainya nantinya
terbuka, maka PND dan NDC (MDM) akan menjadi usaha nasional paling
lengkap ketimbang yg lain dr LN, kan mereka sudah berjalan (start)
lebih dahulu :).