Alhamdulillah, pertama-tama terima kasih kepada mas Adi dan mas Priyadi yang
membuka masalah ini. Terus terang saja, saya sebagai bekas pengurus KPLI
Jakarta mengalami kesulitan mengatasi masalah ini.

Mas Pri tepat, nama KPLI diusulkan oleh Boy Avianto di milis aktivis ini,
kira-kira 1 1/2 tahun yang lalu. Pada diskusi itu dibicarakan mengenai penamaan
LUG dan bentuk koordinasinya satu sama lain dan dengan linux.or.id.  Diskusi
ini, karena suatu dan lain hal, belum sampai pada suatu kesimpulan yang baku.

Perkembangan selanjutnya, ternyata berbagai LUG yang sudah ada, di Bandung,
Malang, Semarang, Surabaya, dll memberikan penamaan organisasi masing-masing
secara kreatif. Contohnya KLUB atau MALING. Hanya LUG Jakarta saja yang malas
(hehehe ...) dan mengambil nama KPLI lalu menambahkan nama Jakarta.
Perkembangan selanjutnya hingga kini menunjukkan bahwa belum ada LUG yang
memakai nama KPLI. Ini termasuk Linux Indonesia (linux.or.id).

Demikian sejarahnya, kalau saya tidak salah. Mas Priyadi dan rekan lain, mohon
koreksi.

Di KPLI Jakarta sendiri, kami mengalami kesulitan mensosialisasikan nama KPLI
Jakarta. Berbagai pihak yang berhubungan dengan kami, termasuk anggota,
cenderung berfikir sederhana. Ketimbang menyebut nama KPLI Jakarta, mereka
lebih suka menyebut KPLI, lebih sederhana dan praktis. Sudah beberapa kali kami
melakukan protes. Sebagai contoh di media cetak seperti Infokomputer dll
disebutkan KPLI, padahal maksudnya KPLI Jakarta. Sudah diprotes ... eh rupanya
protes dari kami dianggap angin lalu saja .... 8-(. Lama-lama capek juga ... .
Jadi waktu iklan itu keluar ... udah nggak ada yang perhatiin lagi.

Namun kalau anda-anda lihat homepage KPLI Jakarta, di situ jelas disebutkan
KPLI Jakarta, dan bukan cuma KPLI saja. Jadi secara resmi, LUG Jakarta ialah
KPLI Jakarta.

Di sisi lain, timbul ide dari rekan-rekan di Jakarta, kenapa tidak dipakai saja
nama KPLI ? Tokh tidak ada yang pakai. Ide yang menarik, tapi tentu saja kalau
rekan-rekan sekalian di milis ini dan para empu linux yang menyetujui usulan
yang "unik" ini.

Mengenai hubungan antar LUG, di KPLI Jakarta kami berfikir hubungan ini
haruslah bersifat koordinasi dan bukan bentuk pusat-cabang. Melihat
perkembangan LUG di luar negeri, bentuk inilah yang terjadi. Tidak ada yang
membawahi siapapun dan tidak ada yang meng-atas-i siapapun. Dengan demikian
diharapkan setiap LUG dapat bebas berkreasi tanpa harus tergantung pada pusat
atau cabangnya. Di Jakarta, kalau ada LUG Trisakti misalnya, dengan model ini,
bukanlah cabang KPLI Jakarta, melainkan suatu LUG yang berdiri sendiri.

Mas Adi sangat tepat, perkembangan Linux jangan sampai terpusat di Jakarta.
Banyak sekali sumber kekuatan Linux di berbagai kota lain yang harus diangkat
ke permukaan. Dengan membangun kerjasama yang lebih erat hal ini harus
terlaksana.

Jadi, seperti kata mas Priyadi, bagaimana ?

Zuki