On 09/08/17 15:05, Agus Tarpindo wrote:
> IPnya adalah 103.53.198.70 dan 202.78.202.4

103.53.198.70 adalah servernya dewaweb.com, bukan di server
mail.os-selnajaya.com (beda server).
Hanya IP milik sendiri 202.78.202.4 yang bisa diset di MDaemon di domain
manager.
Lihat penjelasan yang tadi.

> Maksud saya adalah mengganti tempat hosting domain @os-selnajaya.com
> dengan tujuan efisiensi biaya (contoh : misalkan dari godaddy ke
> Dewaweb atau Masterweb, dan sebaliknya. Tergantung dari harganya,
> yang paling murah dan bagus yang akan jadi tujuan nantinya.

Ah ya benar godaddy, Masterweb adalah domain hosting (domain registrar),
tetapi dewaweb adalah web hosting dan dns hosting.
Domain registrar sekarang ini umumnya juga memberikan layanan DNS
hosting sekaligus dengan web hosting dan mail hosting.

DNS hosting hanya memberikan setting forward DNS zone saja (A record, MX
record dls), sementara PTR record hanya bisa diberikan oleh ISP
(exclusive right) karena alokasi IP memang hanya bisa diberikan oleh ISP.
IP/domain dari DNS hosting tidak ada yang perlu di set di Internet Mail
server (MDaemon), beda peruntukkan.

Yang ada setting DNS di MDaemon adalah DNS Resolver, yang umumnya pakai
IP DNS milik ISP atau free public DNS.
Jarang DNS hosting yang memberikan layanan DNS resolver (DNS
query/Recursing).

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.0.5-64 Beta A, SP 5.1-64

Education is the kindling of a flame, not the filling of a vessel.
        --- Socrates