On 09/08/17 16:36, Agus Tarpindo wrote:
> Lalu yang menghubungkan antara mail server (MD) saya dengan domain
> @os-selnajaya yang ada di server Dewaweb itu bagian mana Pak settingnya?

Untuk MDaemon tidak ada hubungannya dengan semua mail/web server
dewaweb, karena dewaweb tidak menangani email domain os-selnajaya.com.

Hanya DNS server ns1.dewaweb.com yang ada hubungannya secara tidak
langsung dengan MDaemon, y.i. menset DNS A dan MX record domain
os-selnajaya.com.

http://domestic8ingit.wpengine.com/domain-web-and-email-hosting-explained/

> Seandainya saya ingin mengganti ke godaddy atau masterweb, bagian mana saja
> yang harus saya setting Pak?

Di DNS server milik godaddy atau masterweb saja yang perlu diubah,
istilahnya dilakukan domain transfer between registrar.

https://blog.dnsimple.com/2012/01/things-to-know-about-transferring-a-domain/

Di MDaemon tidak ada yang (perlu) diganti selama server MDaemon masih
pakai ISP dtp.net.id dengan IP 202.78.202.4.

Kalau nanti ganti ISP (= ganti IP address) lapor ke DNS hoster untuk
mengupdate isian DNS Forward zone dan ke ISP (baru) untuk pembuatan PTR
record.

MDaemon-L Moderators, running MDaemon 17.0.5-64 Beta A, SP 5.1-64

Bodily exercise, when compulsory, does no harm to the body; but
knowledge which is acquired under compulsion obtains no hold on the mind.
        --- Plato, The Republic