Assalamu'alaikum Wr..Wb

Rach secara detail ronal tidak pernah tau apa yang selama ini diberikan
oleh oleh PT SP untuk ranah minang. Tapi emang suatu yang ironis kalou
perusahaan yang jadi symbol kebanggaan suatu daerah justru didominasi
oleh orang dari luar ? Ok lah rarach pasti akan bilang that's bussines
rule, Siapa yang punya dana dan sanggup mengelola maka akan lebih baik
kalou orang yang seperti itu yang mengelola. Hmm buat ronal apa yang
terjadi pada semen padang,caltex dan Freeport adalah permainan rach yang
bertitik pada penguasaan asset-aset daerah dengan cara melakukan
pembodohan masyarakat sekitar, Tapi juga ronal kurang simpati cara-cara
orang minang untuk mendapatkan kembali semen padang karena lebih
mengikuti egoisme fanatisme kedaerahan tanpa melihat visi kedepan,
karena belum kelihatan suatu system yang baik dan semua masih bersifat
kedaerahan dan juga justru timbul kekhawatiran ketika PT SP bener-bener
jadi milik orang minang sanggupkan orang minang mengelola PT SP ? atau
justru nanti akan terjadi perebutan minang sesame minang ?

Rach dulu ketika revolusi afganistan ada satu hal yang mungkin patut
dijadikan renungan, Saat itu panglima perang afgan 'Abdullah Azzam'
berkata kepada semua pimpinan militernya disana ada (Gulbudin
Hikmatiyar,Burhannuddin Rabbani, Rasul Sayyaf)apa yang beliau katakan.
'Yang saya takutkan bukan kita tak sanggup mengusir rusia dari bumi suci
afgan tapi jauh dari itu yang saya takutkan tatkala afgan diberikan
kemenangan kalian justru berperang dan saling menumpahkan darah dan
berlomba-lomba menjadi pemimpin' dan lihat yang dikhawatirkan itu
sekarang :((. So buat ronal bukan siapa dan milik siapa PT SP sekarang,
jangan ikuti emosi dan fanatisme golongan dalam melakukan tindakan tapi
ciptakan system dan susun semau strategi dan jangan rebut dulu baru baru
membuat program tapi buat program dulu baru rebut tuh PT SP.

Jadi rarach yang ronal tanyain ke rarach tu bukan siapa operationalnnya
tuh PT SP tapi kalou tuh PT SP jadi milik orang padang bagaimana menurut
rarach sanggup gak manusia minang pegang PT SP ?

Wassalam
Ronal Chandra

Ps : Kalau bisa jadi tuan rumah kampung sendiri kenapa harus suruh orang
lain jadi tuan rumah rach :)