From: Cysca
Sent: Monday, June 23, 2003 12:06 AM
Subject: Re: [RantauNet.Com] Informasi Nagari

Ya ampun......
Begini ya dijelaskan dengan bahasa Indonesia saja.

Sumatera Barat adalah daerah yang mempunyai potensi wisata cukup besar.  Tetapi informasi tertulis mengenai wilayah ini masih kurang. Informasi yang saya maksud adalah berupa buku.  Di Toko Buku, susah mencarinya, tetapi mengenai Bali pasti ada.  Bahkan Sumatera Utara, Kalimantan, dan Toraja  sudah mulai ada meskipun baru beberapa.

Sejak saya bergabung di Rantaunet, saya membaca berbagai pembahasan mengenai tradisi meminang, resep masakan, dan lainnya.  Ternyata banyak hal baru yang saya ketahui.
Saya pikir, kalau saja tiap Nagari (misalnya : Koto Gadang, Sulik Aie, dan lain sebagainya) menerbitkan buku yang berisi informasi tentang sejarah, adat istiadat, seni dan budaya, industri2 khas (Lawang : gula saka, Koto Gadang : Amai Setia, Pandai Sikek : Kain Tenun, Sanjai : Kerupuk Balado, dan lain sebagainya) alangkah menariknya.
Hal ini akan memperkaya khasanah kita semua baik yang memiliki darah Minang maupun yang bukan berasal dari Minang itu sendiri.

Membaca email2 Rantaunet yang berisi tulisan2 mengenai kampung, alangkah baiknya bila pengirim2 email tersebut menuangkan dan menerbitkannya ke dalam sebuah buku.  Sehingga dapat dinikmati oleh orang banyak dan tidak terbatas di palanta ini saja. sehingga akan lebih bermanfaat.

Semoga menjadi jelas, tidak ada salah paham.
Kalau masih ada yang tersinggung juga, saya mohon maaf. Berarti saya yang tolol menulis dan saya sudah tidak pantas berada di palanta ini.

Terima kasih
Wassalam,
Cysca

Kirim email ke