> Menurut pengamatan pribadi:
> The applications. Orang kebanyakan membutuhkan aplikasi yang berjalan
> di atas sistem operasi, bukan sistem operasinya. Mari kita lihat
> aplikasi apa yang berjalan di atas Linux.
> - aplikasi perkantoran: OpenOffice, etc? Masih belum senyaman Microsoft Office
> - aplikasi grafis: GIMP, xfig, etc? Belum bisa dibandingkan dengan
> Photoshop, Freehand, dll
> - aplikasi games: apalagi yang ini.
>
> Orang yang sudah terbiasa dengan aplikasi di atas Ms Windows tentu
> saja akan produktivitasnya akan berkurang kalau memakai aplikasi di
> [...]

Dengan berat hati saya juga lebih memilih windows XP untuk di desktop.
Linux memang bagus, kalau lingkungan pekerjaan kita menggunakan linux
semua, dari depan ke belakang (marketing ... finance). Sekarang,
pengguna windows akan berpikir 2 kali karena rata-rata  lingkungannya
semua masih menggunakan windows, belum lagi learning curve yang harus
mereka lewati. Juga kemudahan penggunaan, seperti sharing printer,
sharing folder dan yang lain. Jadi, walaupun laptop linux lebih murah,
mereka prefer menggunakan laptop pakai OS windows. Atau mereka tetap
beli laptop linux, reinstall dengan windows bajakan.

--
Arie Reynaldi Zanahar
reymanx at gmail.com
http://www.reynaldi.or.id