Made Wiryana wrote:

> Kita ya saya dan Anda (termasuk member lainnya), jelas kita ini bukan "situ
> ama sapi" kalo kata lenong betawi :-)) he he he he . Maksud saya jualan
> panci, jelas bukan sekedar jual panci jadi, tapi termasuk jadi produsennya.

ha ha ha lucu juga....ya silahkan monggo kalau mau jualan panci Pak :)

> Kalau "kita"-nya you dan kawan...silahkan ... monggo, no problemo
>

> Panci --> produk lainnya yg sepertinya "remeh-temeh", atau sesuatu hal yang
> sepertinya tidak ada kaitannya dengan TI, tapi nyata dibutuhkan orang
> banyak.

tergantung dari mana melihatnya :-) saya teh gak beli panci sebulan
sekali,tapi kalau langganan software yang monthly-based iya.. artinya
orang mungkin lebih butuh software dibanding panci :)

masalah panci pancian ini sebenarnya begini, mau melihat secara
"statistik" atau tidak,tapi nanti begitu angkanya dikasih lihatpun, kan
nanti komentarnya: "ah itu di china, di india , di malaysia di vietnam
di pilipinah di singapura" :-))

eh sudah semua negara asean termasuk yach.

tapi sekali lagi, GO ON with the panci's :)

> Sektor TI akan melaju, kalau ada yang pakai.  Pabrik panci, pedagang cabe
> gede-gedean, dlsb-nya inilah yang akan mendorong sektor industri TI
> melaju.   Abis itu bisa lah mau jualan router dan teman-temannya.

SALAH DRASTIS kalau dikira kita harus bikin produk canggih seperti
router.

Tidak Pak, melainkan industri service yang sebaiknya
dibangun,pelan-pelan, dari yang lowtech sampai yg benar2 hitech,yang
penting menyerap SDM dan tidak lebih besar pasak daripada tiang...Ingat
ini bisa dilakukan melalui investasi asing ,aduh Pak Budi sudah berapa
kali ya mengatakan ini.

Kedua, produk ini (tangible/intangible) harus berapa DEVISA dan EXPORT
KE LN
(jadi sektor di DN tidak usah menyumbang ke sektor IT ini), ujarnya mas
Budi itu begitu.

> Oh ya, produsen cabe gede-gedean sekarang khan juga invest  untuk riset
> bioteknologi yang peralatan server dan jaringannya tidak main-main. Itu yang
> saya maksud, bukan TI utk TI, tapi TI utk apa gitu.

Nah ini salah satunya mungkin ... ha ha ha :-)

> Soal panci, saya masih bercita-cita beli panci merk SILIT, untuk oleh-oleh
> mertua, sayang takut ndak diterima beliau, udah beli mahal-mahal, tapi
> merknya koq malu-maluin.

saya mungkin kalo kasih hadiah,saya bakal kasih GPS buatan Indonesia
bernama NUSAMAP, biar mereka bergumam "oh orang indonesia sudah bisa
bikin GPS yach"  :)